Berita

Coinbase dan Crypto.com Siapkan Kehadiran di Indonesia

Keduanya tengah merekrut direktur eksekutif yang akan memimpin ekspansi dan operasional bisnisnya di pasar Indonesia

Platform aset kripto Coinbase dan Crypto.com tengah menyiapkan rencananya untuk hadir di pasar Indonesia. Kedua perusahaan tengah mencari direktur eksekutif untuk memimpin ekspansi dan operasional bisnisnya di sini. Seperti tertuang di laman LinkedIn masing-masing, Crypto.com tengah mencari Country Director dan Coinbase mencari General Manager di Indonesia.

Crypto.com sudah berdiri sejak 2016, saat ini melayani sekitar 10 juta pengguna global. Sementara Coinbase sudah didirikan sejak 2012 dan telah melantai di NASDAQ, saat ini layanan mereka memiliki 89 juta pengguna dari 100 negara di dunia.

Salah satu yang menjadi tugas dari eksekutif tersebut adalah untuk memastikan platform mendapat pertumbuhan dari pengguna dan transaksi yang dibubukan. Selain itu, dalam ketentuan yang disyaratkan, mereka juga akan bertanggungjawab memastikan operasional bisnis perusahaan mendapatkan perizinan dari regulator terkait -- dalam hal ini dari Bappebti.

Kendati belum resmi di Indonesia, diketahui kedua platform telah memiliki pengguna di sini. Karena pada dasarnya layanan mereka memungkinkan transaksi aset kripto yang dilakukan pengguna global.

More Coverage:

DSX Airdrop Event 2022: Let’s Go To The Moon 🚀🌑

Sejatinya Coinbase sendiri juga sudah punya relasi bisnis di Indonesia. Pada Mei 2021 lalu, perusahaan turut berpartisipasi dalam pendanaan seri A platform kripto lokal Pintu bersama sejumlah investor lainnya.

Selain menyajikan platform jual-beli aset kripto, baik Coinbase ataupun Crypto.com juga memiliki layanan lain termasuk untuk segmen bisnis. Misalnya terkait dengan DeFi, platform crypto wallet, dan lain-lain.

Peminat aset kripto terus meningkat

Peminat aset kripto terus meningkat di Indonesia. Menurut data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan per Februari 2022, ada sekitar 12,4 juta investor kripto di tanah air. Hal ini tak lain dikarenakan ekosistem wealthtech yang banyak mengakomodasi dan memudahkan kebutuhan para investor.

More Coverage:

Luno Kenalkan Unit Ventura yang Fokus Mendanai Proyek Kripto dan Web3

Sejauh ini Bappebti juga telah merilis daftar 11 platform kripto yang ada dalam pengawasannya, sebagai berikut:

Entitas PerusahaanPlatformKunjungan Web*Peringkat App**
PT Indodax Nasional IndonesiaIndodax9 juta - 12,7 juta82
PT Crypto Indonesia BerkatTokocrypto1,8 juta - 2,6 juta100
PT Zipmex Exchange IndonesiaZipmex2,9 juta - 5 juta137
PT Indonesia Digital ExchangeIdexn/an/a (early access)
PT Pintu Kemana SajaPintu810 ribu - 1 juta60
PT Luno Indonesia LTDLuno1,2 juta – 1,7 juta163
PT Cipta Koin DigitalKoinkun/an/a
PT Tiga Inti UtamaTriv241 ribu - 432 ribun/a
PT Upbit Exchange IndonesiaUpbit ID52 ribu - 90 ribun/a
PT Rekeningku Dotcom IndonesiaRekeningku102 ribu - 362 ribun/a
PT Triniti Investama BerkatBitocto17,9 ribu - 22,7 ribun/a

data statistik kunjungan di Similar Web Desember 2021 – Februari 2022; * data statistik peringkat Playstore Indonesia di Appbrain per 6 April 2022

Kehadiran Coinbase dan Crypto.com tentu akan membuat persaingan antarplatform menjadi lebih menarik diperhatikan.

Hal lain yang perlu menjadi catatan, regulator di Indonesia akan segera mengenakan Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dengan tarif final masing-masing sebesar 0,1 persen untuk setiap transaksi pembelian aset kripto. Aturan tersebut akan efektif berlaku pada 1 Mei 2022. Kebijakan ini dilandasi aset kripto di Indonesia diakui sebagai komoditas, bukan alat pembayaran.


More Coverage:

Indogen, Finch Capital, dan Tokocrypto Kolaborasi Bentuk "Cydonia Fund" untuk Ekosistem Web3

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter