1. DScovery

Company Profile: Pengertian, Fungsi, dan Isinya

Company profile biasanya berisi berbagai informasi mengenai suatu perusahaan.

Pernahkah kamu mendengar tentang company profile? Company profile atau profil perusahaan biasanya digunakan sebagai suatu hal yang dapat mencerminkan berbagai value yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Company profile berfungsi sebagai sumber informasi yang mengenai kapan perusahaan dibangun, apa produk yang ditawarkan dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui pengertian, fungsi, dan isi susunan dari company profile, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Apa Itu Company Profile?

Secara umum, company profile merupakan suatu dokumen yang berisi berbagai informasi mengenai perusahaan, mulai dari sejarah, visi misi, nilai, tujuan bisnis, produk, serta berbagai informasi lainnya mengenai perusahaan. Berbagai informasi tersebut bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan sebagai cerminan dari nilai-nilai yang dimilikinya.

Umumnya, company profile dibuat dengan tujuan utama, yakni untuk menarik minat investor dalam hal pendanaan dan untuk terhubung dengan konsumen. Dalam hal ini, company profile dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan awareness dan menarik perhatian calon konsumen.

Fungsi Company Profile

Memperkuat Branding

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, company profile biasanya memuat mengenai berbagai informasi mengenai perusahaan, termasuk kelebihan dan keunggulannya dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk memperkuat branding, terlebih jika dikemas dengan baik.

Mempromosikan Brand

Selain memperkuat branding, company profile juga dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam mempromosikan brand-nya. Dalam hal ini, company profile akan dapat digunakan untuk menarik calon konsumen untuk dapat mengenal brand perusahaan sehingga mereka akan tertarik untuk memilih dan menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Menunjukkan Keunikan Karakter Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki keunggulan dan keunikannya tersendiri. Kedua hal tersebut tentu telah tercantum dalam company profile yang dimiliki oleh perusahaan. Keunikan perusahaan ini dapat dijadikan sebagai daya tarik untuk menarik investor maupun klien yang memilik nilai yang sama dengan perusahaan.

Isi Company Profile

Secara umum, company profile dapat berisi berbagi informasi mengenai perusahaan yang dapat menunjukkan nilai-nilai yang dimiliki dan dijunjungnya.

Adapun beberapa isi company profile antara lain:

Identitas Perusahaan

Hal pertama yang selalu ada dalam company profile adalah identitas perusahaan. Umumya, identitas perusahaan berisi berbagai informasi mengenai perusahaan, seperti nama perusahaan, tanggal didirikan, alamat perusahaan, nomor telepon dan email, serta situs resminya.

Informasi Dasar Perusahaan

Informasi dasar perusahaan biasanya memuat beberapa hal mendasar yang perlu diketahui mengenai perusahaan, mulai dari visi dan misi, deskripsi produk atau layanan, sejarah, hingga detail tim intinya.

Pencapaian Perusahaan

Company profile bertujuan untuk menarik investor dan klien yang ingin bekerja sama dengan perusahaan. Untuk itu, pencapaian perusahaan penting dimuat di dalamnya. Pencapaian perusahaan dapat berupa penghargaan, sertifikasi, program dan proyek khusus, testimoni, hingga pengakuan dari media atau berita.

Informasi Tambahan Mengenai Perusahaan

Selain itu, company profile juga dapat memuat beberapa informasi tambahan, seperti penjualan tahunan, target keuangan, jumlah karyawan, hingga partnership dan berbagai dokumentasi.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai company profile. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa company profile penting dimiliki oleh perusahaan, karena memiliki fungsi yang cukup krusial dalam operasional perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again