1. DScovery

6 Contoh Kop Surat yang Baik dan Benar 2023

Kop surat merupakan salah satu bagian yang penting dalam membuat surat resmi.

Kop surat biasa disebut juga sebagai kepala surat. Kop surat merupakan salah satu bagian yang penting dalam membuat surat resmi. Umumnya, kop surat terletak di bagian atas surat.

Kop surat berfungsi sebagai identitas pengirim surat, karena berisi beberapa informasi mengenai perusahaan atau instansi. Fungsi lain kop surat untuk meningkatkan formalitas dan juga menunjukkan derajat kepentingan surat yang dikirim.

Nah, berikut adalah beberapa contoh kop surat yang baik dan benar.

Jenis-Jenis Kop Surat

Kop surat terdiri dari dua macam jenis, yakni kop surat resmi dan kop surat tidak resmi.

Kop Surat Resmi

Kop surat resmi umumnya digunakan untuk mengirim surat atas nama perusahaan, instansi, universitas, maupun lembaga-lembaga lainnya. Kop surat resmi biasanya disertai dengan logo perusahaan atau instansi, alamat, nomor telepon, website resmi serta email.

Kop Surat Tidak Resmi

Kop surat tidak resmi biasanya tidak menyertakan logo perusahaan atau instansi. Kop surat jenis ini biasanya hanya mencantumkan nama dan informasi singkat, seperti nomor telepon dan email.

Kegunaan Kop Surat

Pada dasarnya, kop surat digunakan untuk memudahkan penerima surat dalam memastikan keaslian surat. Berikut adalah beberapa kegunaan lain dari kop surat.

Sebagai Identitas Perusahaan

Dalam kop surat tercantum nama dan logo perusahaan. Hal ini bertujuan agar penerima kop surat mengetahui dan mengenali dari mana surat tersebut berasal. Biasanya, penerima surat dapat langsung mengenali identitas perusahaan hanya dari logonya saja.

Sebagai Informasi Kontak

Kop surat juga berisi informasi kontak perusahaan, baik nama, alamat, nomor telepon, nomor fax, email hingga website resmi. Tentunya hal ini akan sangat memudahkan penerima surat jika ingin menghubungi lebih lanjut maupun mengirim surat balasan.

Sebagai Simbol Authenticity

Salah satu kegunaan utama kop surat adalah untuk menunjukkan kepada penerima surat bahwa surat tersebut asli dan bersifat resmi. Surat yang ditulis dengan kop surat profesional juga dapat memberikan kesan yang jauh lebih positif bagi calon klien.

Contoh Kop Surat

Contoh Kop Surat Kementerian

Contoh Kop Surat Koperasi

Contoh Kop Surat Sekolah

Contoh Kop Surat Lembaga Pelatihan

Contoh Kop Surat Perusahaan

Contoh Kop Surat Instansi Pemeritah

Nah, itula beberapa contoh kop surat dari berbagai instansi, lembaga maupun perusahaan. Dari beberapa contoh di atas dapat disimpulkan bahwa setiap kop surat memiliki karakteristik, yakni adanya logo, nama instansi atau perusahaan, alamat, serta nomor telepon dan email.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again