1. DScovery

Contoh Personal Letter Bahasa Inggris, dengan Arti dan Struktur Penulisannya

Meskipun personal letter termasuk jenis surat pribadi yang bebas, tapi dalam penulisannya harus tetap memperhatikan strukturnya.

Personal letter biasa disebut juga sebagai surat pribadi. Sesuai namanya, personal letter merupakan surat yang berisi hal-hal yang sifatnya personal dan biasanya ditujukan untuk teman, pasangan, maupun keluarga.

Umumnya, personal letter juga bersifat lebih santai, karena hanya berisi topik seputar kabar dan cerita pribadi. Meski begitu, personal letter tetap terdiri atas beberapa struktur yang perlu diperhatikan.

kamu bisa menulis Personal letter untuk teman dan juga untuk guru. contoh Personal letter untuk teman bisa kamu dapatkan dibawah ini. sedangkan contoh Personal letter untuk guru pada prinspinya sama, kamu bisa lihat contoh dibawah dan memodifikasinya sesuai situasi dan kondisi.

Beberapa struktur dan contoh personal letter dalam Bahasa Inggris akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Struktur Personal Letter

1. Date and Address (Tanggal Surat dan Alamat)

Sama seperti surat lain, hal pertama yang perlu ditulis dalam personal letter adalah tanggal pembuatan surat dan alamat di mana surat dibuat.

2. Greetings (Salam Pembuka)

Umumnya, salam pembuka surat berisi kata-kata, seperti “Dear…”, “Dearest…”, “Sweetheart…”.

3. Introduction (Pendahuluan)

Pendahuluan biasanya berisi kata-kata pembuka seperti menayakan kabar maupun tanggapan terhadap surat sebelumnya.

4. Body (Isi)

Sama seperti surat pada umumnya, body personal letter berisi inti atau tujuan surat tersebut dibuat.

5. Closure (Penutup)

Bagian penutup biasanya berisi kata-kata penutup untuk mengakhiri surat.

6. Complimentary Close (Salam Penutup)

Jika greetings berisi salam pembuka, maka complimentary close adalah kebalikannya, yakni salam penutup. Kamu bisa menggunakan “with love”, “regards”, “sincerely yours” dan lain sebagainya sebagai salam penutup.

7. Signature (Tanda Tangan)

Tanda tangan sifatnya opsional. Kamu bisa memberikan tanda tanganmu atau cukup dengan inisial namamu saja.

Contoh Personal Letter

Apabila kamu sudah memahami struktur penulisan personal letter, maka saatnya kamu memperhatikan contoh personal letter sebelum membuatnya. Berikut adalah beberapa contoh personal letter beserta artinya yang bisa kamu tiru.

  1. ContohPersonal Letter untuk Mengucapkan Selamat Kepada Teman

Orlando, Florida

September 10, 2022

Dear Dave,

My happiness knew no bounds when I got to know that you have topped your school and achieved your dream. I felt so pleased that I wish I were there to congratulate you personally.

The result has proved that hard work, determination, and perseverance bring good results. You were so laborious and passionate about it. I know you were very nervous too, but I was always very confident that you would come out with flying colors. I apologize that I couldn’t even attend the celebration party despite my wishes.

Hope to see you soon. Please be encouraged and continue your hard work. Your future is very bright. My parents and elder sister have sent lots of love and heartiest congratulations.

With lots of love and best wishes.

With love,

Alexa

Arti dalam Bahasa Indonesia:

Orlando, Florida

10 September 2022

Untuk Dave,

Kebahagiaanku tidak mengenal batas ketika aku mengetahui bahwa kamu telah meraih peringkat terbaik dan mencapai impianmu. Aku merasa sangat senang dan berharap aku ada di sana untuk memberi selamat kepadamu secara pribadi.

Hasilnya telah membuktikan bahwa kerja keras, tekad, dan ketekunan membuahkan hasil yang baik. Kamu begitu lelah dan bersemangat tentang hal itu. Aku tahu kamu juga sangat gugup, tetapi aku selalu sangat yakin bahwa kamu akan tampil cemerlang. Aku minta maaf bahwa aku bahkan tidak bisa menghadiri pesta perayaan terlepas dari keinginanku sendiri.

Aku berharap dapat segera bertemu denganmu. Lanjutkan kerja kerasmu. Masa depanmu sangat cerah. Orang tua dan kakak perempuanku juga telah mengirimkan banyak cinta dan ucapan selamat yang paling tulus.

Dengan banyak cinta dan harapan terbaik.

Dengan cinta,

Alexa

2. ContohPersonal Letter untuk Menyatakan Kerinduan kepada Teman Lama

Hartford, Connecticut

August 8, 2022

Dear Harry,

How have you been? I hope my letter finds you in the best of health and spirits. It has been almost a month since I transferred to the boarding school. I am very happy in my new school. The classes and dormitories are very spacious. There are well-equipped science laboratories and a library with a great collection of books. The school has amazing sports facilities such as a swimming pool, horse riding track and archery range.

I believe my life here will be interesting and enjoyable. Although I have made many new friends, I still miss you and the other friends. Please, pay my regards to your parents.

Best regards,

Marianne

Arti dalam Bahasa Indonesia:

Hartford, Connecticut

8 Agustus 2022

Untuk Harry,

Bagaimana kabarmu? Aku harap suratku sampai padamu dalam kesehatan dan semangat yang terbaik. Sudah hampir sebulan aku pindah ke asrama. Aku sangat senang di sekolah baruku. Kelas dan asrama sangat luas. Ada laboratorium sains yang lengkap dan perpustakaan dengan banyak koleksi buku. Sekolah ini memiliki fasilitas olahraga yang luar biasa seperti kolam renang, jalur berkuda, dan arena panahan.

Aku percaya hidup saya di sini akan menarik dan menyenangkan. Meskipun aku telah mendapat banyak teman baru, aku masih merindukanmu dan teman-teman yang lain. Tolong, sampaikan salamku kepada orang tuamu.

Dengan hormat,

Marianne

3. Contoh Personal Letter untuk Menyemangati Teman yang Sedang Sakit

Northbrook, Illinois

October 21, 2022

Dear Johnny,

I hope this letter finds you in the best of spirits. When I visited last week, you seemed a little bit depressed.

Come on boy, you should thank God for giving you a fresh lease of life. Everything is going to be fine very soon. I even talked to your doctor this morning and he told me that you are out of danger now.

You will have to remain in the hospital for a few more days but that is not something you should be concerned about. Your family and friends are there for you.

Don’t forget that life is a mixture of joys and sorrows. By the way, all of us have decided to celebrate your recovery as soon as you come home you will be throwing a party the day you come back home from the hospital. Hope to see you soon. My parents and younger sister have sent you lots of love and wishes.

Wish you a speedy recovery!

Yours lovingly,

Summer

Arti dalam Bahasa Indonesia:

Northbrook, Illinois

21 Oktober 2022

Johnny sayang,

Aku harap surat ini sampai padamu dalam semangat terbaik. Ketika Ku berkunjung minggu lalu, kamu tampak sedikit tertekan.

Ayolah, kamu harus berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberimu kesempatan hidup yang baru. Semuanya akan baik-baik saja segera. Aku bahkan berbicara dengan doktermu pagi ini dan dia memberi tahuku bahwa kamu sudah tidak kritis sekarang.

Kamu harus tinggal di rumah sakit selama beberapa hari lagi tetapi itu bukan sesuatu yang harus kamu khawatirkan. Keluarga dan temanmu ada untukmu.

Jangan lupa bahwa hidup adalah campuran suka dan duka. Ngomong-ngomong, kita semua telah memutuskan untuk merayakan kesembuhanmu segera setelah kamu pulang, kamu akan mengadakan pesta pada hari kamu pulang dari rumah sakit. Aku tidak sabar ingin segera bertemu denganm. Orang tua dan adik perempuanku telah mengirimkan banyak cinta dan harapan kepadamu.

Semoga cepat sembuh!

Milikmu dengan penuh kasih,

Summer

Nah, itulah beberapa contoh personal letter beserta struktur penulisannya yang dapat kamu tiru. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk memuatnya?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again