1. DScovery

CV Tulis Tangan: Contoh, Penjelasan, dan Tips

Era digitalisasi tak membatasi perusahaan untuk meminta pelamarnya membuat CV tulis tangan, hal ini memberi kelebihan yang tak dimiliki CV digital

Curriculum vitae (CV) adalah salah satu dokumen penting saat melamar pekerjaan. Bahkan, beberapa perusahaan memerlukan CV tulisan tangan. Jika kamu membutuhkan contoh CV tulisan tangan, artikel ini cocok untukmu.

Tujuan meminta pelamar untuk menulis CV mereka adalah bahwa HRD ingin mengenali karakteristik pelamar berdasarkan gaya tulisan tangan mereka. Selain itu, HRD juga dapat menilai kesediaan pelamar untuk mendaftar berdasarkan CV yang dikirimkan.

Untuk memahami cara menulis CV tulisan tangan, baca artikel ini secara detail. Kamu juga dapat belajar cara menulis dan cara membuat. Jadi yang penting bukan hanya seberapa bagus tulisan tanganmu, tetapi juga bagaimana kamu meletakkannya sehingga terlihat bersih dan nyaman.

Apa itu CV?

Apa itu CV? Ini adalah pertanyaan pertama yang harus kamu pahami sebelum kamu mulai membuat sesuatu.

Menurut definisi, CV adalah dokumen yang berisi detail pribadi mulai dari pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan kekuatan lainnya. Secara umum, kamu dapat menulis CV dengan maksimal 2 halaman, sebaiknya 1 halaman.

Ada dua jenis CV: tulisan tangan dan diketik. Versi soft file yang melibatkan pengetikan komputer biasanya segera diperiksa untuk kompatibilitas ATS. Untuk versi tulisan tangan, perusahaan juga dapat meminta kandidat untuk mengirimkannya melalui POS, atau memindai dan mengirimkannya melalui email.

Jika tulisan tangan, tanda tangan tulisan tangan diperlukan. Membuat manual memungkinkan HRD untuk mengenali integritas kamu dalam melamar posisi tersebut. Jadi pastikan kamu menulis dengan baik agar HRD dapat memahami ketelitian kamu.

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Untuk penulisan daftar riwayat hidup tulis tangan, kamu tidak perlu takut jika merasa tulisan tanganmu tidak begitu bagus. Sebab, inti dari penulisan tangan ini adalah untuk melihat kesanggupan, ketelitian, dan kerapian kamu dalam mengerjakan sesuatu.

Berikut tips menulis CV tulis tangan, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini!

Pilih referensi CV yang disukai

Cari contoh CV tulis tangan yang kamu sukai tataletaknya. Jika sudah menemukan, gunakan contoh tersebut sebagai patokan.

Siapkan kertas kosong

Kertas yang dipilih kamu sesuaikan dengan ketentuan dari perusahaan. Apakah harus kertas HVS polos atau boleh kertas folio bergaris. Pastikan kertasnya bersih dan tidak ada noda ya.

Gunakan ballpoint hitam

Ballpint yang digunakan adalah yang bertinta hitam. Hal ini karena mudah dilihat mata dan profesional. jangan gunakan ballpoint merah ya karena terkesan tidak sopan dan kurang nyaman ketika dilihat mata.

Gunakan penggaris sebagai panduan margin

Baik menggunakan kertas HVS polos maupun folio bergaris, kertas tidak memiliki margin samping kanan-kiri. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan garis bayangan terlebih dahulu. Gunakan penggaris untuk menentukan garis bayangan. Garis dengan pensil ya agar nantinya bisa dihapus dan tetap rapi.

Tulis dengan baik

Tulis dengan baik, jangan sampai ada data yang terlewat atau bahkan tidak sesuai fakta.

Periksa dengan teliti

Setelah selesai ditulis, periksa kembali CV yang ditulis. Pastikan semua data tepat dan tidak ada kesalahan penulisan.

Struktur CV

Berikut hal yang harus dicantumkan dalam membuat CV:

  1. Data diri, mencakup: nama, alamat tinggal, kontak yang dapat dihubungi.
  2. Riwayat pendidikan terakhir.
  3. Kemampuan yang dikuasai, seperti hardskill dan
  4. Pengalaman organisasi atau kepanitiaan.
  5. Pengalaman kerja, mencakup: nama perusahaan sebelumnya, penjabaran singkat jobdesc, dan tahun mulai dan berakhir pekerjaan.

Contoh CV Tulis Tangan

Selain tulisan yang terlihat begitu rapi dan jelas, apa yang disampaikan di dalamnya juga demikian. Namun pengalaman kerja yang dipaparkan dapat dilihat menjadi poin penting yang dapat ditonjolkan dalam cv pelamar tersebut.

More Coverage:

Jika sebelumnya adalah CV seorang yang sudah berpengalaman, CV di atas menunjukkan bahwa sang pelamar adalah seorang fresh graduate. Sebagaimana CV pada umumnya, kamu juga bisa memasukkan pengalaman organisasi khusus yang memiliki relevansi dengan bidang yang kamu tuju.

Kamu juga dapat menutup CV yang kamu buat dengan kalimat yang meyakinkan sebagaimana di atas. Bahwa apa yang kamu tuliskan bersifat jujur apa adanya.


Itulah penjelasna sederhana mengenai CV tulis tangan. Meskipun saat ini mungkin sudah jarang ditemui dalam banyak lowongan kerja, hal ini bukan berarti tidak berlaku lagi.

Terlebih dalam tulisan tangan tersebut, HRD dengan keahlian khusus bisa membaca karakter pelamar termasuk melihat ketelitiannya. Buatlah CV tulis tanganmu sekreatif dan serapih mungkin agar dapat menarik perhatian rekruter.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again