Categories

Business

Cyanogen Selangkah Lagi Dapatkan Dana Ratusan Juta Dollar, Tapi Bukan dari Microsoft

Bambang Winarso - 16 March 2015

Perusahaan pengembang custom ROM Android, Cyanogen Inc dikabarkan selangkah lagi mendapatkan suntikan dana segar senilai $110 juta dari sejumlah investor sebagai modal untuk melancarkan rencananya membuat sistem operasi Android versi mereka.

Menariknya, nama Microsoft justru tidak tercantum dalam daftar investor yang digandeng Cyanogen Inc. Padahal sejak Januari lalu, raksasa piranti lunak tersebut disebut-sebut getol melakukan “pedekate” untuk menjadi penyokong dana bagi pengembang ROM yang telah menjalin kerjasama dengan sejumlah vendor perangkat besar tersebut.

Dikatakan oleh sumber yang dikutip oleh PhoneArena, Minggu (15/3/2015) nama PremjiInvest menjadi salah satu investor yang mengucurkan dananya untuk Cyanogen.

Info Menarik:Gowes Sepeda di Udara dalam Game Pedal Copter

Kendati tidak bergabung dalam pendanaan baru Cyanogen, namun menurut sebuah sumber yang dirilis oleh Bloomberg Microsoft masih memiliki ketertarikan terhadap piranti lunak yang dikembangkan oleh Cyanogen walau pihak resmi Microsoft menolak memberikan komentar. Sang raksasa pembesut OS Windows 10 sendiri dikabarkan sudah siap menggelontorkan sedikitnya $70 juta untuk Cyanogen, namun entah dengan sebab apa nama Microsoft justu absen dari bursa.

Padahal, bersama dengan Cyanogen, Microsoft mempunyai kans apik untuk menjegal Android buatan Google dan mengubah peta persaingan khususnya di ranah mobile.

Seperti yang sudah dikabarkan bahwa Cyanogen mempunyai misi ambisius untuk menculik Android dari Google. Misi berat ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak khususnya dalam hal finansial guna membangun infrastruktur yang dibutuhkan.

Di awal 2015 lalu Kirt McMaster membuat pernyataan kontroversial kala memberikan sambutan di sebuah acara simposium di San Fransisco, “Saya CEO Cyanogen, kami sedang berusaha untuk mengambil Android dari Google.”

Info Menarik:Mulai Hari Ini, Pengguna di Bandung Sudah Bisa Menikmati Layanan Telkomsel 4G LTE

Kemudian ia menjelaskan bahwa saat ini Cyanogen sedang berupaya keras untuk menghadirkan versi lain dari Android yang sepenuhnya terbuka sampai ke bagian inti sehingga pengembang ataupun vendor perangkat dapat melakukan integrasi lebih mendalam untuk aplikasi mereka. Sebuah keuntungan yang saat ini sangat tidak mungkin dilakukan karena kendali yang ketat oleh Google.

Dengan sistem operasi Android versi mereka, Cyanogen ingin memberikan solusi itu kepada pengembang pihak ketiga. Dimana dengan sistem operasi tersebut pengembang dapat memperoleh akses yang sama dengan apa yang didapat oleh Google Now kembangan Google sendiri.

Sumber berita PhoneArena dan gambar headerTheverge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter