Prospek Kerja Desainer Grafis Indonesia Tahun 2022

Prospek kerja desainer grafis Indonesia itu sangat luas. Bahkan saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan desainer grafis. Apa saja prospek kerja desainer grafis Indonesia?

Siapa bilang prospek kerja desainer grafis itu nggak luas? Buat kamu yang cita-citanya jadi desainer grafis Indonesia atau sedang berkuliah di jurusan desain grafis, jangan khawatir saat ini desainer grafis di Indonesia sangat dibutuhkan, loh!

Kamu bisa cek di portal lowongan kerja, recruitment untuk desainer grafis itu ramai, akibat bermunculan startup dan industri bidang kreatif. Sehingga, hal ini bisa menjadi jalan bagi kamu yang ingin menjadi seorang desainer grafis.

Penasaran prospek kerjanya apa saja? Yuk, simak artikelnya!

Prospek kerja desainer grafis Indonesia

Menjadi lulusan desain grafis tentunya terbuka lebar untuk kamu yang ingin bekerja di industri kreatif Indonesia. Berikut prospek kerja desainer grafis Indonesia.

1. Desainer grafis penerbitan

Saat ini cukup banyak penerbitan buku di Indonesia, bagi kamu yang tertarik dengan dunia grafis bisa mencoba untuk menjadi desainer grafis di penerbitan, untuk job desk-nya akan membuat cover buku setiap penulis, atau kamu juga bisa membuat cover majalah dan membuat layout majalah jika bekerja di sebuah penerbitan majalah. 

Walaupun, saat ini penerbitan majalah sudah berbasis online, keahlian desainer grafis tetap diperlukan, loh! Bekerja di sebuah penerbitan juga bisa membuat kreativitas kamu terasah karena kamu akan membuat cover untuk judul yang berbeda.

2. Tim creative content

Tidak hanya penerbitan saja yang membutuhkan desainer grafis. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan konten kreatif sebagai branding produk atau perusahaan. Konten kreatif yang kamu desain nantinya akan diposting di sosial media.

Sehingga, sebagai seorang desainer grafis juga kamu harus tahu tentang platform sosial media yang digunakan oleh perusahaanmu.

3. Website Designer

Sebuah perusahaan tentunya perlu menggunakan website untuk menampilkan produknya, apalagi untuk sebuah startup, website sangatlah penting. Nah, untuk membuat sebuah website kamu harus memiliki keahlian seperti tipografi, CSS, HTML, layout, dan beberapa metode desain lainnya.

Membuat tampilan website juga tidak sembarangan, kamu harus membuat tampilan yang bisa membuat pengguna nyaman saat mengunjungi web tersebut dan biasanya disebut sebagai user experience atau UX design. Kamu bisa menggunakan software desain seperti Photoshop untuk membuat tampilan website.

4. Jurnalis Visual

Siapa bilang seorang lulusan desain grafis tidak bisa bekerja di sebuah perusahaan pemberitaan? Kamu masih punya kesempatan untuk menjadi seorang jurnalis visual. 

Pekerjaan jurnalis visual dalam memproduksi karya jurnalistik berbentuk visual seperti infografis, video, animasi, atau kamu juga bisa membuat konten interaktif pemberitaan seperti Visual Interaktif Kompas.

5. Freelance desain grafis

Salah satu keuntungan memiliki skill desain grafis adalah kamu bisa menjadi seorang freelance desain grafisbased on project. Menjadi seorang freelance bisa kamu lakukan saat waktu senggang atau saat memiliki pekerjaan utama di sebuah perusahaan.

Pekerjaan ini bisa kamu tentukan sendiri seperti berapa banyak project yang nantinya akan kamu ambil, berapa harga setiap konten yang kamu ciptakan, dan kamu juga bisa mengerjakannya di mana saja, karena freelance sifatnya WFA atau work from anywhere.

Masih banyak lagi pekerjaan yang bisa dilakukan oleh desainer grafis Indonesia, karena desain konten di era teknologi ini sangat penting belum lagi sudah banyak masyarakat yang memiliki media sosial. Sehingga, kesempatan kamu menjadi desainer grafis Indonesia terbuka lebar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again