DScovery

Mengenal Kuliah Desain Grafis dan Prospek Kerjanya

Jurusan desain grafis saat ini sangat disukai oleh anak muda. Sebab prospek kerja desain grafis sangat lah luas dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Desain grafis adalah profesi yang sudah tidak asing lagi. Bahkan saat ini banyak orang yang membagikan ilmu desainnya di berbagai platform. Namun, bagi kamu yang ingin mendalami desain grafis secara mendetail bisa memilih kuliah desain grafis.

Tidak ada salahnya untuk belajar di desain grafis di universitas, karena kuliah desain grafis di Indonesia juga sudah memenuhi standar nasional hingga internasional.

Yuk, cari tahu mata kuliah yang bisa membantu kamu menjadi seorang desain grafis dan apa saja, sih, prospek kerjanya? Simak pembahasan berikut!

Kuliah Desain Grafis

Sebelum menentukan untuk mengambil jurusan ini, kamu perlu tahu apa itu desainer grafis. Desainer grafis adalah sebuah profesi yang memiliki tanggung jawab untuk membuat konten visual dengan teks tertulis yang mengandung unsur estetika.

Mempelajari desain grafis sebenarnya bisa dilakukan secara otodidak karena sudah banyak platform yang menyediakan ruang tersebut. Akan tetapi, belajar desain di sebuah kampus tentunya akan menambah skill kamu karena kamu akan diajarkan oleh dosen yang sudah berpengalaman ditambah fasilitas kampus yang mendukung passion kamu.

Di Indonesia ada banyak kampus yang membuka jurusan untuk kamu yang ingin menjadi seorang desainer grafis. Nah, untuk kamu yang memilih untuk menjadi seorang desainer grafis jangan sampai memilih jurusan.

Sebab, desainer grafis berhubungan dengan konten visual yang mengandalkan software. Sehingga, kamu harus memilih jurusan desain komunikasi visual atau biasa disingkat DKV.

Jurusan desain komunikasi visual bisa kamu temukan di lima universitas berikut:

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Sekolah Tinggi Multimedia Trisakti
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  5. Institut Kesenian Jakarta
  6. Binus University.

Yang dipelajari jurusan desain komunikasi visual (DKV)

Di jurusan desain komunikasi visual kamu tidak hanya dituntut untuk bisa membuat desain tetapi juga membuat konten komunikasi visual dari sebuah teks menjadi gambar visual dan menguasai software desain.

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Sepuluh Nopember antara lain pengantar desain komunikasi visual, tipografi, fotografi, teknologi grafika, desain komunikasi visual branding, aplikasi desain, marketing desain, animasi, dan masih banyak lagi.

Dilihat dari mata kuliah di atas, nantinya kamu akan lebih banyak membuat tugas yang menggunakan software desain. Sehingga, kamu bisa belajar menggunakan aplikasi desain dari sekarang. Tentu kamu harus bisa menggunakan aplikasi desain berbasis mobile dan PC.

Prospek kerja desain grafis

Prospek kerja dari lulusan desain grafis atau desain komunikasi visual (DKV) tentunya sangatlah terbuka, karena perusahaan apapun itu memerlukan seorang desainer grafis untuk membuat konten visual perusahaan sebagai branding dan strategi pemasaran.

Mengutip dari CareerExplorer ada prospek kerja yang cocok bagi kamu yang tertarik ke dalam dunia grafis.

1. Direktur Kreatif : Mengelola tim kreatif untuk membuat visual branding produk, kampanye iklan, dan lain lain.

2. Jurnalis Visual : Membuat produk jurnalistik berbentuk visual seperti infografis.

3. Broadcast Designer: Membuat desain visual media elektronik untuk digunakan dalam produk televisi.

4. Brand Identity Developer : Mengembangkan identitas merek untuk berbagai perusahaan atau organisasi

5. Visual Image Developer: Membuat gambar atau desain dengan pemodelan 3D, fotografi, dan pengeditan gambar.

6. User Interface Designer : Mengembangkan tampilan antarmuka pengguna untuk perusahaan. pengembangan website.

7. Web Designer: Membuat grafik, tata letak, dan halaman untuk situs website.

8. Multimedia Developer: Mengembangkan keterampilan desain grafis khususnya suara atau motion.

9. Content Developer : Membuat konten visual seperti video, gambar, atau multimedia sebuah perusahaan dan organisasi.

Selain sembilan prospek kerja di atas, masih banyak lagi prospek kerja dari lulusan kuliah desain grafis yang bisa kamu ambil. Jangan lupa untuk mengeceknya di portal lowongan pekerjaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter