Categories

Misc

Dorong Ekspansi di Pasar Amerika, LeEco Beli Vizio

Nilai akuisisi yang disepakati adalah sebesar $2 miliar dan prosesnya dijadwalkan selesai pada kuartal keempat

Bambang Winarso - 27 July 2016

Dalam gelaran konferensi pers di Los Angeles, produsen TV dan juga sound bar Vizio mengumumkan bahwa dirinya akan segera "berlabuh" ke perusahaan elektronik asal Tiongkok, LeEco. Akuisisi yang melibatkan uang sebesar $2 miliar itu dibeberkan sendiri oleh CEO Vizio, William Wang.

Di tengah-tengah pidatonya, Wang mengaku merasakan perasaan yang campur aduk. Sebagai pemilik dari Vizio, ia berat hati untuk melepasnya. Tapi sebagai CEO, ini adalah keputusan yang tepat demi para staff dan pemegang saham.

Vizio memang saat ini belum setenar LG ataupun Samsung, tapi dalam beberapa tahun terakhir mereka merupakan salah satu perusahaan yang mempunyai ratio kualitas berbanding harga yang paling baik. Tak heran bila di Amerika, mereka punya pangsa pasar yang besar lagi loyal. Banyak orang menyebut pencapaian Vizio sebagai kisah “American dreams” sejati.

Sementara itu LeEco belakangan mulai sering kita dengar namanya di headline yang berkaitan dengan smartphone. Yap, di tahun 2016 ini saja sedikitnya ada 3 perangkat smartphone yang lahir di bawah panji mereka. Dan ekspansi LeEco sudah merambah tanah Bollywood sebelum menginvasi Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Markas besar mereka di Amerika bahkan sudah diresmikan sejak April lalu.

Jika Anda belum pernah mendengar nama LeEco, harap dicatat dan diingat karena tak lama lagi kita akan lebih sering bersua dengannya. LeEco adalah perusahaan asal Tiongkok yang mempunyai rentang produk yang sangat luas, meliputi perangkat elektronik mobil, sepeda, smartphone, TV kabel dan juga televisi. Invasi ini demi satu tujuan, menghasilkan sebuah ekosistem yang unik yang menghadirkan pengalaman lebih baik.

Selama ini Vizio kerap menggaet Walmart dan Costco untuk mendistribusikan produk-produknya. Jika ekspansi LeEco ke Amerika Serikat terus digenjot, maka kemungkinan besar produk Vizio akan bersanding dengan produk berlabel LeEco di toko-toko retail tersebut. Saat ini, Vizio tetap akan bermarkas di California, sementara LeEco bertempat di Silicon Valley.

Sebagai bagian dari kesepakatan, LeEco akan memegang hak teknologi Vizio selama 10 tahun untuk dibenamkan di perangkat televisinya. LeEco juga mempertahankan kesepakatan distribusi Vizio seperti apa adanya, memberikan jangkauan yang luas secara instan kepada LeEco ke pasar Amerika Serikat.

Sumber berita Ubergizmo dan TheVerge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter