1. Startup

Dropezy Pivot Jadi Sekilo, Beralih dari Bisnis Quick Commerce ke Pemain Hilirisasi Unggas

Sepenuhnya bermain di segmen B2B, suplai pengadaan unggas se-Jawa, tangani hingga pengiriman untuk memenuhi beragam kebutuhan usaha

Setelah lebih dari satu tahun keluar dari bisnis quick commerce, Dropezy mengumumkan pivot sekaligus rebranding menjadi "Sekilo". Sektor bisnis yang digeluti adalah sektor hilir pengolahan dan distribusi unggas.

Dalam keterangan resmi, Co-founder Sekilo Chadni Chainani menyampaikan, pada akhir 2022 pihaknya memutuskan untuk fokus mencapai profitabilitas. Oleh karenanya mulai menggali data, ditemukan ada potensi besar dalam kategori protein. Mengawinkan kebutuhan tersebut dengan kemampuan tim yang kuat dalam operasional dan rantai pasokan, melahirkan Sekilo.

“Kami secara resmi beralih ke Sekilo pada bulan Januari 2023, [..] (Segmen) B2B menjadi misi baru kami, menjauhkan diri dari B2C,” kata Chadni.

Dari temuannya, terdapat lebih dari 270 juta masyarakat Indonesia yang mengandalkan ayam sebagai makanan pokoknya, kebutuhan akan sistem distribusi unggas yang efisien dan efisien menjadi faktor penting. Selama ini, rantai pasokan unggas sangat terfragmentasi bagi pembeli B2B, menghadapi tantangan karena disorganisasi pasar dan ketidaksesuaian antara pasokan dan permintaan.

Dalam mengatasi kesenjangan tersebut, Sekilo kepada penyedia layanan makanan B2B sebuah model revolusioner yang menggabungkan penyesuaian presisi, pemrosesan canggih, dan distribusi yang lancar.

“Analisis kami dan data yang ada selama 4 tahun di bidang B2C mengungkap tambang emas dalam kategori protein—pemborosan yang rendah, umur simpan yang tinggi, permintaan yang melonjak, dan margin keuntungan yang menjadi landasan bagi masuknya Sekilo dengan berani,” imbuhnya.

Perjalanan pivot ini diakunya tidaklah mudah, bahkan pihaknya harus merumahkan sebagian karyawannya. “Mengucapkan selamat tinggal kepada anggota tim yang kami sayangi merupakan tantangan yang menyayat hati, dan sebagai pendiri, kami menavigasi badai ini dengan ketangguhan,” kata Co-founder Sekilo Nitish Chellaram.

Model bisnis Sekilo

Nitish melanjutkan, Sekilo merupakan startup yang berakar pada keahlian logistik dan rantai pasokan, muncul sebagai mitra untuk beragam kebutuhan di sektor jasa makanan menengah-hilir di Indonesia. Sekilo hadir untuk mengubah sektor hilir unggas yang biasanya terfragmentasi dengan mendigitalkan rantai nilai dan membangun infrastruktur pemenuhan yang kuat untuk pengalaman pembeli B2B yang lancar.

Berbeda dengan startup sejenis yang main di sektor hulu, Sekilo mengambil unggas dari seluruh Jawa dan mengikuti standar global, dengan memprioritaskan sertifikasi Halal dan NKF (Nomor Kontrol Veteriner).

Diferensiasi lainnya dari Sekilo terletak pada penyesuaian, menawarkan solusi yang disesuaikan mulai dari pengadaan hingga pengiriman, memenuhi beragam kebutuhan—mulai dari pengiriman kecil seberat 25kg untuk UKM hingga pengiriman dalam jumlah besar hingga 10 ton/pesanan.

“Di Sekilo, pendekatan khas kami terletak pada keputusan yang disengaja untuk berkonsentrasi pada segmen tertentu dari rantai nilai unggas yang berada di hilir – dengan asumsi pengendalian end-to-end. Langkah strategis ini memberdayakan kami untuk menerapkan penilaian internal, mendorong multi -pendekatan B2B profil pelanggan.”

Langkah ini memungkinkan Sekilo untuk menyediakan produk yang dipersonalisasi dan disesuaikan dengan spesifikasi unik, semua didukung oleh kepatuhan ketat terhadap SOP. Perusahaan juga memperluas layanannya ke beragam entitas, termasuk UKM, jaringan HORECA, pelaku industri, startup e-grocery, dan pabrik daging olahan D2C.

“Komitmen kami terhadap inklusivitas tidak tergoyahkan. Selain itu, kami secara aktif menjajaki peluang untuk memperkenalkan opsi 'beli sekarang, bayar nanti' bagi beberapa pembeli UKM kami melalui kemitraan strategis dengan platform fintech pihak ketiga,” ujar Nitish.

Nitish melanjutkan, dengan tim yang ramping namun berdedikasi, pihaknya tidak hanya menerapkan model bisnis PC3 yang positif namun juga mendefinisikan ulang pertumbuhan tanpa memerlukan anggaran pemasaran yang besar.

Sebagai catatan, Profit Contribution (PC3) mencakup semua biaya overhead tidak langsung, seperti biaya pemasaran, administrasi dan teknologi hingga EBITDA. Rumusnya: PC3 = EBITDA = Pendapatan – Biaya operasional atau PC3 = EBITDA = PC2 – Biaya overhead.

Perusahaan menggunakan strategi word of mouth untuk menurunkan biaya akuisisi pelanggan bahkan sampai hampir nol. Di samping itu, tidak membangun loyalitas konsumen dengan diskon.

“Ini menegaskan solusi asli Sekilo sesuai dengan kebutuhan pasar. Tidak ada trik diskon di sini. Pemasok dan pembeli kami bertahan karena mereka melihat nilai yang kami berikan, dan itulah yang membedakan Sekilo,” tambah Chandni.

More Coverage:

Dua investor Sekilo turut memberikan pernyataannya. Founding Partner Kopital Ventures Fandy Cendrajaya menyampaikan, sebagai angel investor, dirinya bersemangat untuk terus mendukung Chandni dan Nitish dengan cara apa pun. “Karena mereka terus membangun bisnis arus kas positif dengan fundamental yang kuat,” katanya.

Co-founder dan Partner Forge Ventures Kaspar Hidayat menambahkan, “[..] Saya bersemangat untuk terus mendukung mereka saat mereka memulai jalur baru ini. Pergeseran ini sejalan dengan permintaan pasar dan saya yakin dengan kemampuan mereka untuk membangun bisnis yang berkembang.”

Dropezy pertama kali hadir pada saat pandemi di awal 2021 sebagai online grocery, kemudian beralih menjadi quick commerce pasca-pendanaan pra-seri A yang diperoleh pada September 2021 sebesar $2,5 juta. Dana tersebut digunakan untuk membangun belasan dark store tersebar di Jabodetabek. Hingga akhirnya dark store ditutup pada September 2022.

Startup quick commerce lainnya bernasib sama, seperti Bananas dan Radius. Satu-satunya yang masih bertahan hingga kini adalah Astro. Startup ini mengeluarkan produk D2C Astro Goods yang menjual sayuran segar, kebutuhan pokok, paket masak, perawatan rumah tangga, perawatan diri, mainan anak, variasi camilan ringan dan kopi kekinian.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again