1. Startup

Menilik Alasan Quick Commerce Kurang Berkembang di Indonesia

Menurut Redseer pemain quick commerce Indonesia dihadapkan pada tantangan tipisnya margin, komisi rendah, dan biaya operasional tinggi

Indonesia adalah pasar e-commerce terbesar dengan kontribusi GMV 52% di Asia Tenggara. Pesatnya pertumbuhan e-commerce di wilayah ini memunculkan permintaan terhadap pembelian barang online secara kilat dengan opsi pengiriman instan atau same day.

Quick commerce umumnya sering diasosiasikan dengan layanan e-grocery yang menawarkan jasa pembelian bahan pangan dan segar. Namun, platfrom penyedia quick commerce juga menawarkan produk kebutuhan sehari-hari dan kategori produk lainnya sehingga Average Order Value (AOV) bisa lebih unggul dari layanan grocery.

Terlepas dengan potensi pasarnya, quick commerce di Indonesia kenyataannya masih belum menemukan formula yang tepat untuk memenangkan pasar. Dalam analisis yang diungkap oleh firma konsultan Redseer, penyedia quick commerce di Indonesia dihadapkan pada tipisnya margin, komisi produk rendah, serta biaya pengelolaan dark store dan pengiriman barang mahal.

Untuk menaikkan margin, produk-produk habis pakai (FMCG) juga sulit itu dijual dengan biaya premium. Produk yang tersedia kurang variatif, belum lagi pengguna umumnya hanya mengincar diskon.

Kebanyakan pemain quick commerce bermain di mass market saja alih-alih fokus di segmen kelas atas, pekerja profesional, atau segmen GenZ dan milenial yang cenderung mengincar kenyamanan dan kecepatan transaksi. Namun, Redseer juga menggarisbawahi bahwa pandemi justru menjadi reality check bagi pemain mengingat orang-orang mulai kembali belanja di toko fisik.

"Para pemain quick commerce di dunia gagal karena berbagai alasan, yakni terlalu berfokus pada pengiriman bahan makanan. Biaya rantai pasokan yang tinggi menyebabkan margin yang sangat tipis, dan kurangnya target pasar pelanggan yang tepat," tulis Partner Redseer Roshan Behera dilansir dari Redseer.com.

Sayurbox tak hanya bermain di e-grocery, tetapi juga masuk ke quick commerce

Sebagai gambaran, saat ini ekosistem quick commerce dan e-grocery di Indonesia hanya menyisakan sedikit pemain yang masih bertahan antara lain Astro, AlloFresh, Titipku, Segari, dan Sayurbox. Beberapa platform lainnya, seperti Bananas telah menghentikan bisnisnya dikarenakan sulitnya bersaing di ranah B2C.

Namun, ada juga yang pivot ke vertikal bisnis lain, seperti Dropezy (sekarang Sekilo) yang beralih ke hilirisasi unggas dan Brambang (sekarang Brambang Elektronik) yang menjadi marketplace smartphone.

Resep sukses quick commerce di India

Sebaliknya, ungkap Roshan, quick commerce justru banyak diminati dan terbukti sukses di India. Membangun supply-side yang tepat adalah kunci untuk memenangkan pasar quick commerce di India. Hal ini mencakup tiga strategi utama.

Pertama, operasional dark store harus berjalan cepat untuk dapat menghasilkan keuntungan. Dark store harus memproses setidaknya 1000+ pesanan setiap hari, atau setara dengan jumlah transaksi yang diperoleh warung tradisional. Agar bisa berhasil, pemain quick e-commerce perlu memiliki turnaround times (TAT) selama 1-2 bulan untuk mengevaluasi penyimpanan di dark store.

Kedua, manajemen inventori perlu diperhatikan untuk memastikan ada siklus pengisian ulang stok barang setiap hari demi mengurangi modal kerja. Ketiga, pengambilan barang langsung dari pemasok/produsen/prinsipal untuk menghindari potensi berkurangnya keuntungan dan memungkinkan pemilik merek untuk bernegosiasi langsung harga produknya.

Lebih lanjut, Roshan juga menyoroti strategi yang dilakukan TikTok untuk mendominasi e-commerce di India, itu juga yang dilakukan oleh Zepto dan Blinkit; dua platform yang menguasai pasar quick commerce di sana. Antarmuka yang didukung AI prediktif menjadi strategi mereka untuk menarik engagement pengguna, terutama transaksi pembelian yang bersifat impulsif.

More Coverage:

Berkat itu dan portofolio produk yang lebih banyak--terutama yang punya Average Selling Price (ASP) tinggi seperti ponsel--keduanya mampu mengantongi pertumbuhan GMV yang signifikan. Strategi ini disebut dapat mendorong margin mereka. Blinkit saat ini tercatat menguasai quick commerce di India dengan 38% pangsa pasar, sedangkan Zepto mengambil 30% pangsa.

Rekomendasi playbook quick commerce / Sumber: Redseer

"Dengan melihat contoh kasus di India, salah satu pasar yang justru quick commerce-nya berkembang pesat, kita dapat menarik hipotesis bahwa mengoperasikan quick commerce secara terpisah akan sulit berhasil, apalagi jika cuma fokus pada bahan makanan dan produk FMCG," tambahnya.

Redseer menambahkan beberapa rekomendasi strategi untuk dapat memenangkan pasar quick commerce, di antaranya adalah (1) memperluas kategori produk, serupa dengan horizontal e-commerce serta (2) menargetkan segmen mass market dan premium yang bersedia membayar demi kenyamanan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again