MSME Tutorial

30+ Fitur iSeller yang Memanjakan UMKM

Manuver transformasi digital yang agresif dan relevan menjadi salah satu sinyal yang menandakan bahwa ekosistem digital di Indonesia terus bertumbuh. Proyeksi besar itu tidak hanya datang dari segelintir pengamat tapi juga sejumlah perusahaan riset.

Maka tak heran jika kemudian bermunculan solusi di sektor digital untuk para pelaku usaha yang mempunyai visi yang selaras dengan perkembangan zaman. Salah satunya datang dari iSeller, penyedia aplikasi end-to-end bagi pelaku usaha yang siap merangkul gaung go-digital yang terkoneksi.

Tetapi apa saja fitur yang ditawarkan oleh iSeller dan seberapa baik fitur tersebut menjawab kebutuhan pasar? Dalam artikel mendalam ini, kami mencoba menyuguhkan informasinya secara lengkap, agar Anda yang tengah mencari platform untuk berlabuh, mendapatkan informasi yang menyeluruh.

Secara umum ada tiga kategori layanan yang ditawarkan oleh iSeller berdasarkan aktivitas secara gambaran besarnya, yaitu Menjual di Toko, Menjual Online dan Menjual di Platform. Mari, kita mulai dari yang pertama.

Penjual Toko Offline

Aplikasi Software Kasir POS (Point of Sale)

Sederhana, intuitif, modern dan indah. Ini adalah empat kata yang diberikan oleh iSeller untuk mewakili layanan pertama dalam pembahasan ini. Tidak hanya mengandalkan interface yang elok, di sisi keamanan dan integrasi ke sejumlah layanan pun perlu jadi pertimbangan lain untuk memilih iSeller POS.

Kemampuan lain yang ditawarkan mencakup dukungan cloud, bekerja secara online dan offline, data terpusat, mendukung sejumlah pembayaran digital dan tentu fleksibilitas dari sisi kustomisasi guna memperoleh tampilan yang menarik berdasarkan preferensi pengguna.

Pencatatan dan Kelola Pelanggan

Dengan perpaduan yang sempurna dari fitur-fitur ritel yang terbaik dengan desain yang modern, penyelesaian belanja menjadi lebih mudah. Tambahkan pelanggan, catatan, terapkan diskon, ubah jumlah dan lain sebagainya – semua hanya dengan beberapa ketukan saja.

Mendukung Pembayaran Kartu Kredit dan eWallet

iSeller terintegrasi dengan card reader yang mampu membaca EMV secara nirkabel sehingga pengguna dapat melejitkan penjualan dengan menerima semua pembayaran kartu. Terlebih lagi, iSeller tidak membebankan biaya instalasi ataupun biaya apapun.

Pengelolaan Produk yang Mudah

Kombinasi dari perpaduan warna dan gambar produk memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mencari produk dengan cepat. Bahkan tanpa gambar produk, tetap bisa mencari produk dengan cepat dari warna kategori yang bisa disetel.

Pengguna juga bisa melihat produk dalam stok rendah dan perlu di stok ulang dengan mudah, semuanya tertata rapi di tampilan produk. Ada pilihan grid atau list yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Serta fitur koleksi untuk pengelolaan produk terbaik dan terfavorit.

Pemilih Varian Produk yang Pintar

Memiliki produk dengan banyak varian memberikan tantangan tersendiri, terutama jika tidak memiliki sebuah platform yang tepat. iSeller mendukung pengelolaan inventori yang pintar, termasuk produk varian, produk paketan, dan lainnya. iSeller memberi konsep baru mengenai cara pengguna bekerja dengan berbagai pemilih varian.

Tidak perlu menelusuri daftar varian yang banyak, iSeller memungkinkan Anda memilih kelompok varian dengan mudah dan cepat, sementara kelompok selanjutnya akan muncul beruturan dengan prioritas yang sudah ditetapkan.

Cara ini tidak hanya memudahkan pengaturan varian tapi juga memangkas waktu ketika Anda harus mengunggah produk dengan varian yang panjang.

Pengelolaan kerja kasir yang fleksibel

Tidak terpaku pada produk dan interface, iSeller POS juga menyediakan panel yang fleksibel dan lengkap untuk mengelola alur kerja kasir dengan membuka dan menutup shift kasir. iSeller dapat melacak semua transaksi selama shift itu berjalan, sehingga pengguna dapat menghitung pemasukan yang didapat selama shift berjalan.

Digital Kiosk

Digital Kiosk merupakan layanan kombinasi antara perangkat keras dan perangkat lunak, memudahkan Anda dalam mengatur alur pemesanan barang di outlet. Beberapa fitur yang disediakan oleh Digital KiosK antara lain:

Self Service

Cara baru yang sudah jadi trend di banyak negara maju dapat Anda hadirkan di outlet Anda. Sistem self-service disebut mampu mengurangi kesalahan pesanan di mana pelanggan juga dapat langsung merasakan kemudahan memilih variasi pesanan sesuai selera.

Sistem Pembayaran yang Luwes

Aplikasi yang satu ini tidak hanya menyediakan produk yang sangat banyak jenisnya, tetapi juga memberikan pilihan sistem pembayaran yang lebih luwes. Nantinya konsumen dapat memilih melakukan pembayaran melalui transfer bank maupun kartu kredit, serta berbagai dompet digital lainnya.

Dompet digital yang dimaksud, seperti OVO, LinkAja, DANA, ShopeePay, GoPay, dan juga UltraVoucher. Bahkan iSeller juga menawarkan pembayaran melalui poin royalti. Poin royalti dapat digunakan untuk melakukan transaksi. Sistem pembayaran yang ditawarkan tidak hanya berhenti cukup sampai di situ karena iSeller juga menyediakan Digital Voucher.

Digital Voucher merupakan kode voucher unik yang bisa dipakai untuk bertransaksi ketika melakukan check out pembayaran. Dengan kata lain cara penggunaan dari sistem pembayaran digital voucher akan sama dengan voucher yang sering diberikan marketplace.

Integrasi dengan Kitchen Display dan Printer

iSeller Digital Kiosk sudah terintegrasi penuh dengan alur kerja restoran profesional. Pesanan akan langsung masuk ke kitchen display untuk diproses.

iSeller Pay

Para penjual juga bisa meningkatkan pendapatan dengan menggunakan metode pembayaran yang komprehensif via iSeller Pay. Fitur iSeller Pay sendiri sudah mendapatkan kepercayaan dari brand premium, seperti Simas Insurtech, IXOBOX, dna lain-lain. Penjual bisa menggunakan fitur ini untuk mengadakan sistem pembayaran digital untuk semua jenis bisnis.

Tampilan Interface dan Struk yang Fleksibel

Atur tampilan digital kiosk Anda dengan brand Anda sendiri. Mulai dari warna, background image, logo, foto produk, sampai pilihan topping, kustomisasikan sesuai brand bisnis Anda.

Pilihan Kelompok Produk yang Intuitif

Semua produk dapat ditampilkan dalam koleksi yang memudahkan pelanggan Anda untuk mencari produk yang diinginkan.

Atur Pilihan Produk Varian & Modifier Add-ons

Berikan pilihan variasi produk dan asosiasikan produk dengan pilihan modifier yang fleksibel seperti topping.

Cetak Nomor Antrian untuk Pemesanan

Kelola pesanan pelanggan dengan menggunakan nomor antrian. iSeller juga kompatibel dengan printer label untuk memudahkan pencocokan.

Shop Hardware

Di layanan ini Anda akan menemukan berbagai macam produk perangkat keras yang mendukung aktivitas bisnis, seperti mesin kasir, printer, dan berbagai aksesoris penopang.

Online Seller

Sebagai sebuah ecommerce enabler, tentu layanan di ranah digital menjadi kekuatan iSeller dibandingkan layanan lainnya. Ada beberapa produk yang dapat Anda temukan, antara lain:

Pembuatan Website Toko Online

Penjual bisa membuat website berdesain trendi sehingga nantinya bisa memikat konsumen segera menyelesaikan proses pembayaran yang sekaligus tersedia dengan pilihan yang beragam.

Tahapan pembuatan website diklaim dirancang untuk memberikan kemudahan optimal, cukup dengan drag and drop untuk mendapatkan sebuah tampilan toko online yang profesional. Kumpulan tema siap pakai juga tersedia, memangkas waktu pembuatan toko online.

Perubahan Real-time

Dengan konsep pembuatan toko generasi terdepan, iSeller menawarkan tema yang berdampingan dengan setelannya, lalu secara otomatis menyoroti elemen saat Anda melakukan pilihan, dan Anda bisa melihat perubahan desain dalam sekejap.

Fitur Lainnya

Tingkatkan konversi penjualan dengan SEO yang sudah tersedia

Semua produk, koleksi, dan halaman dioptimalkan untuk optimasi mesin pencari (SEO) yang mendukung penyesuaian fleksibel dan deskripsi dua bahasa. Hal ini membuat toko online Anda lebih mudah ditemukan dan meningkatkan jumlah pengunjung ke toko online.

Promosikan aplikasi iOS dan Android

Fitur ini dikhususkan untuk penjual yang sudah punya aplikasi iOS/Android. Di pengaturan toko telah disediakan menu khusus sehinga Anda dapat mempromosikan aplikasi di toko iSeller Anda dan meningkatkan tingkat pemasangan aplikasi secara instan. Saat pengguna mengunjungi toko iSeller Anda, informasi aplikasi Anda akan muncul secara otomatis di notifikasi browser.

Aplikasi dengan User Interface Ramah

Perancangan suatu aplikasi tidak boleh dilakukan asal-asalan sehingga perlu riset mendalam, termasuk dalam hal user interface. User interface yang baik adalah yang mudah dipahami dan digunakan oleh orang awam sekalipun. Dalam hal iSeller, aplikasinya selalu mengutamakan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

Kemudahan user interface diharapkan mampu mempermudah penjual dalam menyelesaikan kebutuhan mereka. Tidak hanya mengutamakan desain yang mudah dipakai, tetapi iSeller juga menawarkan fungsionalitas yang baik.

Menawarkan Analisa Penjualan, Produk, dan Lain-Lain

Fakta sudah membuktikan jika seller yang membuka akun di apps tidak selalu kebanjiran orderan. Seller yang mengalami pengalaman buruk tersebut harus cepat menganalisa. Apakah produk yang dijual memiliki demand cukup tinggi atau tidak? Bagaimana dengan kualitas dan harga produk kompetitor? Semua pertanyaan tersebut harus dianalisa dan dicari jawabannya.

Aplikasi iSeller mempermudah para penjual dalam melakukan analisa karena memiliki fitur analisa di bagian dashboardnya. Penjual akan bisa mengetahui produk apa yang terbesar penjualannya dan juga informasi analisa menarik lainnya.

Punya Desain Menarik dan Fungsional

Tidak bisa dipungkiri bahwa desain yang menarik dari suatu aplikasi bisa membuat konsumen ketagihan menggunakan aplikasi tersebut. Bisa coba mulai Anda renungi dari marketplace yang digunakan. Dari sekian banyak marketplace mengapa Anda memilih apa yang sering digunakan sekarang. Sudah pasti karena Anda merasa nyaman terhadap desainnya.

iSeller juga didesain dengan sangat teliti dan hati-hati untuk bisa memberikan tampilan menarik tanpa harus meninggalkan sisi fungsionalitasnya sebagai aplikasi jual suatu produk atau layanan.

Aplikasi Perdagangan yang Memungkinkan Personalisasi

Aplikasi jual produk yang beredar sekarang banyak yang memberikan fitur menarik. Namun masih jarang yang menyediakan fitur personalisasi untuk toko. Berkat fitur personalisasi ini memungkinkan para seller untuk memasukkan logo maupun latar belakang dari toko penjual. Hal ini bisa ditujukan sebagai laman selamat datang kepada para pembeli di toko Anda.

iSeller sendiri juga sudah memberikan klaim memberikan pilihan tema latar belakang yang sangat banyak. Tema yang disediakan juga sesuai trend desain grafis modern. Banyak dari detail lain yang berkaitan personalisasi toko ini di iSeller.

Aplikasi Canggih yang Fleksibel

Penjual yang tergabung dalam aplikasi iSeller dapat membuat jenis toko yang fleksibel. Hampir semua jenis produk bisa penjual pajang secara online. Pemajangan produk juga didukung dengan banyak fitur lain yang canggih dan memungkinkan peningkatan penjualan.

Bahkan para penjual juga bisa melakukan integrasi terhadap sistem akunting, e-commerce lain, dan juga pemasaran email. Masih banyak lagi jenis integrasi yang dapat Anda lakukan melalui iSeller.

Portal Admin Toko 

Para pemilik toko bisa saja memperkerjakan banyak admin toko. Untuk memudahkan kinerja para admin tersebut umumnya memerlukan portal admin toko khusus. Portal tersebut nantinya akan dibangun dengan teknologi web yang paling baru sehingga admin mampu bekerja lebih efisien.

Alhasil admin jadi bisa mengakses 24 jam mengenai toko yang dipercayakan kepadanya dan proses akses bisa dilakukan melalui berbagai gadget.

Kemudahan Bergabung

Siapapun dan dari negara mana saja bisa mencoba bergabung bersama iSeller. Cara bergabung menjadi mitra sangat mudah yang mana Anda hanya perlu membuka websitenya. Kemudian Anda bisa mulai klik pada bagian buat Toko. Pilih Coba gratis terlebih dahulu jika Anda belum yakin terhadap performa dari aplikasinya.

Sisanya Anda hanya perlu mengikuti seluruh instruksi yang diberikan dan proses memasukkan beberapa data sangatlah mudah.

Anda nantinya perlu memasukkan sejumlah informasi seperti alamat email, kata sandi, dan juga nama toko. Ingat bahwa nama toko yang dimasukkan sebaiknya yang bisa menarik minat pembeli sehingga Anda tidak boleh sembarangan buat nama toko.

Jika proses pembuatan akun sudah selesai maka Anda akan bisa mulai berjualan hanya dalam 5 menit saja. Cukup menarik bukan fitur iSeller yang satu ini?

Integrasi Food Delivery

Di era serba canggih banyak masyarakat yang memesan makanan melalui aplikasi. Anda juga bisa mengintegrasikan dengan aplikasi pesan antar makanan karena iSeller sendiri juga sudah berkolaborasi dengan GrabFood.

Anda akan bisa melakukan pemesanan atau mendapatkan pesanan. Fitur iSeller yang satu ini termasuk baru sehingga masih menawarkan banyak promo yang bisa sampai 40%.

Namun sebelum memulai penggunaan sistem ini, Anda perlu melakukan aktivasi dahulu. Proses aktivasinya hanya 5 menit dan sudah bisa terima pesanan sehingga penjualan makanan dari outlet Anda bisa segera meningkat.

Integrasi dengan Bermacam-Macam Marketplace

Fitur baru lainya yang disediakan oleh iSeller adalah proses integrasi dengan bermacam-macam marketplace dan social media. Penjual akan bisa melakukan proses integrasi ke Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, JD.ID, Zalora, dan marketplace lainnya. Fitur ini tentu saja akan sangat berguna bagi seller yang sudah memiliki akun di berbagai marketplace tersebut.

Pembeli jadi bisa mengakses produk yang penjual pajang di toko mereka di berbagai marketplace yang sudah eksis tersebut. Benar-benar solusi mencari barang yang menakjubkan bukan untuk berjualan. Terlebih lagi penjual bisa melakukan integrasi terhadap media sosial, seperti Instagram, Metaverse, dan lain-lain. Proses integrase bisa disesuaikan terhadap kebutuhan para penjual melalui iSeller.

Memungkinkan Proses Integrasi Sistem Akuntansi

Setiap penjual perlu melakukan pembukuan terhadap produk yang sudah terjual. Pembukuan ditujukan sebagai proses pengelolaan terhadap toko sehingga dapat mengetahui produk mana yang laris dalam waktu tertentu dan mana yang laris sepanjang waktu.

Proses pembukuan tersebut jadi bisa dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan Jurnal. Sistem akunting yang satu ini bisa merekam penggudangan, asset management, produk, dan lain-lain.

Memberikan Masa Percobaan untuk Calon Pelanggan

Para penjual yang belum familiar terhadap iSeller dapat mencoba pembuatan akun toko online secara gratis. Masa percobaan akan diberikan selama 14 hari dan bagi yang ingin melanjutkan perlu membayar melalui beberapa paket, seperti Basic, Premium, dan Platinum. Harga paling terjangkau adalah paket Basic yang ditawarkan Rp 500.000 per bulan dan paket termahal adalah Platinum.

Meskipun harganya sangat mahal, tetapi paket Platinum menawarkan fasilitas yang terbanyak. Bahkan pada paket tersebut, penjual tidak lagi perlu membayar biaya pemasaran secara full. Hanya perlu membayar biaya marketing sebanyak 10% saja dari biaya total.

Referensi Teman atau Keluarga Dapat Komisi

Fitur menarik yang ditawarkan oleh iSeller lainnya berupa komisi dari referensi kepada keluarga maupun teman. Proses komisi tersebut akan sebesar $25 ketika ada teman atau keluarga yang mendaftar dan juga mengaktifkan iSeller. Anda dan referensi Anda akan memperoleh kredit sebanyak sekali.

Menyediakan Jasa Digital Marketing iSeller

Berjualan saja tanpa menawarkan atau berpromosi ke konsumen bisa berakhir pada penjualan yang kurang banyak. Anda bisa meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan fitur jasa digital marketing di iSeller.

Proses marketing yang dilakukan akan meliputi beberapa jenis, seperti sosial media, campaign marketing, content marketing, SEO, dan juga email marketing. Bahkan para pakar marketing di iSeller akan bekerja dengan menggunakan analytics dan tracking juga via Google Analytics.

Multiple Sales Channels

Aplikasi ini bisa diakses melalui smartphone, tablet, dan komputer. Para admin toko jadi bisa mengakses dimanapun dan kapan saja sehingga dapat berkomunikasi atau menangani order dengan lebih optimal.

Selain kemudahan akses, para admin juga bisa segera menjual produk melalui beberapa channel sekaligus setelah melakukan integrasi dengan bermacam-macam marketplace dan media sosial.

Menyediakan Jasa Pembuatan Fotografi Produk

Aplikasi unik satu ini juga menyediakan fitur pembuatan fotografi produk. Para penjual jadi bisa memajang foto produk dengan kualitas tinggi menggunakan bantuan dari fotografer profesional. Beberapa proses yang harus dilalui sampai foto bisa sampai ke tangan penjual adalah penjual menentukan tanggal pengambilan foto mereka.

Berikan produk yang ingin difoto secara profesional di studio, karena iSeller sendiri diketahui sudah memiliki studio yang berada di kawasan Jakarta.

Proses selanjutnya adalah menerima ringkasan produk yang akan difoto. Selanjutnya para fotografer iSeller akan langsung mengambil foto secara profesional.

Kemudian mereka akan melakukan proses editing terhadap produk yang sudah difoto. Pada proses editing ini, foto akan dibuat semakin berkualitas tinggi. Sisanya hasil foto akan segera diserahkan kepada penjual yang memesannya.

Informasi mengenai paket berlangganan dan harga layanan, silahkan langsung ke situsnya: isellercommerce.com

https://www.youtube.com/watch?v=EA6zQ9A1HEY

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again