7 December 2016

by Bambang Winarso

Fitur Video Streaming Kini Bisa Dipakai Semua Pengguna WhatsApp Android

Setelah sebelumnya diuji hanya di India, kini fitur video streaming online bisa digunakan oleh semua pengguna Android

WhatsApp memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menonton video yang dikirimkan teman atau keluarga. Kini, pengguna dapat menonton video secara streaming tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah diuji beberapa minggu lalu di India, fitur itu kini sudah bisa dicicipi oleh semua pengguna WhatsApp berbasis Android.

Fitur pengiriman video sudah sejak lama tersedia di WhatsApp. Tapi isu utamanya, pengguna kerap harus menghabiskan waktu, kuota dan memori karena harus mengunduh berkas sebelum dapat menontonnya. Hal ini dianggap sebagai salah satu kelemahan yang harus segera diperbaiki.

Dengan rilisnya fitur streaming ini, maka terjawablah sudah keinginan banyak pengguna WhatsApp. Bahkan WhatsApp tidak hanya menghadirkan dukungan saja, tapi melengkapinya dengan skenario penggunaan.

Fitur streaming ini dirancang untuk bekerja dalam beberapa cara. Jika pengguna mengatur agar seluruh media diunduh secara otomatis, pesan akan langsung mengunduhnya ke dalam memori perangkat dan status unduhan akan terlihat di bawah layar seperti sebelumnya. Dengan sentuhan baru, kini video yang belum diunduh dapat secara instan ditonton kendati berkas belum diunduh.

Dan jika pengguna mengatur agar media tidak diunduh secara otomatis, pengguna tetap dapat menonton video dengan menekan tombol β€œputar” tanpa mengunduh berkasnya ke memori. Tetapi jika diinginkan, pengguna tetap bisa mengunduh video melalui tombol yang sudah disediakan.

Berlabel sebagai aplikasi pesan instan paling populer, WhatsApp terbilang lambat dalam menghadirkan fitur-fitur baru. Tetapi, dalam beberapa bulan terakhir kebiasaan itu sepertinya mulai ditinggalkan. WhatsApp mulai rajin melakukan pengujian untuk menjajaki fitur mana yang paling mungkin menjawab kebutuhan penggunanya. Beberapa di antaranya, fitur mention, mencoret gambar dan video, fitur status ala Snapchat dan keamanan dua langkah.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header Pixabay.