1. DScovery

Forecasting Adalah: Arti, Metode, dan Skill yang Dibutuhkan untuk Bisnis

Forecasting adalah metode perencanaan dan pengendalian produksi dalam menghadapi ketidakpastian masa depan

Forecasting merupakan konsep yang tidak terpisahkan dalam dunia bisnis. Forecasting sangat penting dalam menentukan jumlah produk yang akan diproduksi. Tanpa ini, akan sulit untuk menentukan jumlah yang tepat.

Jika kamu memproduksi terlalu banyak, kamu mungkin menderita kerugian karena permintaan rendah, sedangkan jika kamu memproduksi terlalu sedikit dan permintaan pasar tinggi, kamu kehilangan potensi keuntungan yang besar dan kemungkinan akan mengecewakan pelanggan kamu yang tidak mendapatkan produk tersebut.

Definisi Forecasting

Forecasting adalah metode perencanaan dan pengendalian produksi dalam menghadapi ketidakpastian masa depan. Lebih khusus lagi, memprediksi permintaan produk di masa depan. Forecasting sangat penting ketika ada hari-hari besar tertentu seperti Natal, Ramadhan, Idul Fitri, Tahun Baru dll.

Data yang digunakan untuk metode peramalan dapat berasal dari sumber primer atau sumber sekunder.

  • Sumber primer: Sumber primer memberikan informasi tangan pertama, dikumpulkan langsung oleh orang atau organisasi yang melakukan peramalan.

Data biasanya dikumpulkan dari berbagai kuesioner, kelompok fokus atau wawancara dan, meskipun semua informasi sulit untuk dikumpulkan dan dipusatkan, cara langsung memperoleh data menjadikan sumber utama sebagai sumber yang paling dapat dipercaya.

  • Sumber sekunder: Sumber sekunder memberikan informasi yang telah dikumpulkan dan diproses oleh organisasi pihak ketiga. Menerima data dengan cara yang terorganisir dan terkompilasi membuat proses peramalan lebih cepat.

Sebelum membuat prediksi, kamu harus melalui semua elemen berbeda dari sistem yang perlu diprediksi dan menganalisis nilai relatifnya. Bergantung pada penilaian yang diperlukan, ini dapat berarti analisis mendalam terhadap setiap elemen yang relevan dari sistem penjualan, sistem distribusi, proses pemasaran, sistem produksi, dan elemen lain yang diperiksa.

Metode Forecasting

Metode forecasting dibagi menjadi dua yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif didasarkan pada opini dan analisis deskriptif, sedangkan metode kuantitatif didasarkan pada perhitungan matematis.

Itulah mengapa penting untuk mengetahui metodenya. Karena forecasting adalah salah satu alat analisis yang paling penting dalam bisnis.

Forecasting Kuantitatif

Berikut ini adalah beberapa metode forecasting kuantitatif yang paling sering digunakan:

1. Time Series

Metode time series atau deret waktu, adalah metode forecasting berdasarkan data sebelumnya dan/atau kesalahan masa lalu suatu variabel, berturut-turut sepanjang waktu, misalnya dalam hari, minggu, bulan, dan tahun. Ada dua alat analisis untuk menggunakan metode time series ini, yaitu smoothing dan decomposition.

Smoothing atau pemulusan mendasarkan prediksinya pada prinsip rata-rata kesalahan masa lalu dengan menambahkan persentase kesalahan yang mewakili selisih antara nilai aktual dan nilai prediksi.

Decomposition atau dekomposisi mendukung prediksinya dengan membagi data deret waktu menjadi beberapa komponen, misal tren, periode, musiman, dan pengaruh random. Kemudian gabungkan prediksi dari komponen-komponen tersebut (tanpa pengaruh random).

2. Metode Kausal

Metode prediksi kausal adalah model kausal antara prediksi permintaan dengan variabel lain yang dianggap berpengaruh. Misalnya, permintaan pakaian baru mungkin terkait dengan jumlah penduduk, pendapat masyarakat, jenis kelamin, budaya daerah, dan bulan-bulan khusus (hari raya, natal, tahun baru).

Data variabel-variabel tersebut akan dikumpulkan dan dianalisis untuk menentukan validitas model prediksi yang diajukan. Metode ini biasanya digunakan ketika variabel penyebab diketahui.

Forecasting Kualitatif

Metode forecasting kualitatif adalah metode yang bersifat subyektif daripada kuantitatif. Hal ini dikarenakan metode kualitatif sangat dipengaruhi oleh latar belakang seseorang seperti emosi, pendidikan, intuisi, dll. Oleh karena itu, hasil setiap orang cenderung berbeda.

Beberapa teknik ini adalah yang umum digunakan dalam metode forecasting kualitatif misalnya:

1. Survei Pasar

Teknik ini dilakukan dengan cara meminta pendapat dari konsumen potensial tentang rencana pembelian pada saat periode pengamatan berlangsung. Survei dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti kuesioner, wawancara langsung, atau panggilan telepon.

2. Opini dari Eksekutif

Teknik ini dilakukan dengan cara meminta pendapat dari kelompok kecil yang terdiri atas manajer pemasaran, manajer produksi, manajer teknik, manajer keuangan, dan manajer logistik. Hasilnya kemudian digabungkan dengan model statistik.

3. Gabungan Tenaga Penjualan

Teknik ini menggabungkan prediksi dari tenaga penjualan di daerah masing-masing, yang kemudian digabungkan di tingkat provinsi dan nasional. Teknik ini perlu kamu pertimbangkan karena prediksi tersebut berasal dari orang yang sudah mengenal wilayahnya secara langsung.

Skill yang Dibutuhkan Forecasting

Forecasting adalah bagian utama dari investasi apa pun, mulai dari pasar saham dan perbankan investasi hingga investasi real estat, modal venture, pemasaran jaringan, kepemilikan bisnis, dan sebagainya.

Keterampilan terpenting yang dibutuhkan oleh investor untuk membuat perkiraan yang akurat adalah:

Kemampuan bisnis

Pemahaman yang tepat tentang lingkungan bisnis dan pasar adalah aset berharga untuk semua jenis investasi.

Terlepas dari jenis dan tujuan investasi, keakuratan teknik prediksi investor bergantung pada pemahaman mereka tentang keseluruhan, yang membantu mereka menentukan metode dan teknik peramalan yang paling berguna untuk setiap situasi.

Keterampilan teknis

More Coverage:

Sebelum investor dapat membuat prediksi yang akurat dan relevan, mereka harus memiliki pengetahuan teknis yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan mengkategorikan data yang relevan serta menarik kesimpulan yang bermanfaat.

Keterampilan manajemen data

Data adalah dasar dari semua forecasting , sehingga investor harus mampu mengidentifikasi, menyortir, dan mengelola semua data yang relevan sebelum mendapatkan wawasan tentang potensi perkembangan di masa depan.

Ini menyiratkan peningkatan kualitas data yang diperoleh dengan menemukan dan mengendalikan anomali apa pun, tetapi juga menggunakan data untuk membuat model realistis untuk peristiwa di masa depan.

Kemampuan berkomunikasi

Keterampilan komunikasi dan interpersonal yang tepat adalah aset berharga bagi investor mana pun. Komunikasi diperlukan pada setiap langkah prakiraan, mulai dari pengumpulan data hingga menjelaskan hasil prakiraan kepada pihak ketiga.

Seorang investor akan menggunakan keterampilan komunikasi mereka untuk berinteraksi dengan unit bisnis yang relevan, mengamankan pendanaan untuk investasi dan mengkomunikasikan hasil ramalan kepada orang-orang yang relevan, seperti mitra dan CEO perusahaan.

Demikian pembahasan mengenai apa itu forecasting dan beberapa metode yang sering digunakan. Ketika kamu memahami bahwa forecasting adalah penting untuk bisnis, kamu siap berbisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again