1. Startup

GajiGesa Tawarkan Akses Pencairan Gaji Instan Melalui WhatsApp

GajiGesa telah bermitra dengan lebih dari 300 perusahaan dan membantu sekitar 750 ribu karyawan

Platform penyedia akses gaji lebih awal atau earned wage access (EWA), GajiGesa, meluncurkan inovasi terbarunya yang memungkinkan karyawan untuk mengakses pendapatan mereka secara real-time, serta mencairkan sebagian upah mereka melalui WhatsApp. Inovasi ini diklaim menjadi yang pertama, kendati solusi berbasis EWA memang tengah ramai-ramai dikembangkan oleh banyak startup di Indonesia dan dunia.

Platform GajiGesa sendiri memungkinkan perusahaan mitra mengelola data karyawan dan arus kas secara efektif dan mudah, baik untuk manfaat keuangan, kesehatan, dan pendidikan holistik kepada karyawan. Karyawan pun dapat menarik gaji yang mereka peroleh sesuai permintaan dan lebih cepat dari siklus pembayaran tradisional pada akhir bulan.

Bagi pengguna yang memiliki akses atau pemahaman terbatas dengan teknologi, fitur WhatsApp dapat memudahkan akses hanya dengan mengirim pesan ke GajiGesa menggunakan nomor yang sudah berhasil terdaftar. Setelah proses tersebut, pengguna akan mendapatkan instruksi yang mudah dilakukan dan dapat langsung melakukan transaksi.

Co-Founder GajiGesa Martyna Malinowska mengungkapkan fakta bahwa terdapat lebih dari 70% populasi orang dewasa di Asia Tenggara hidup dengan akses keuangan yang terbatas. Indonesia, dengan penduduk mencapai 270 juta jiwa, menyumbang setidaknya 6% populasi dunia yang tidak memiliki rekening bank.

Selama beberapa dekade, pasar ini disebut telah terpengaruh oleh rendahnya tingkat literasi keuangan, tidak adanya biro kredit formal sehingga menghasilkan data kredit yang buruk, bahkan tidak ada sama sekali. Semua itu belum termasuk kendala infrastruktur yang signifikan.

"Kami sangat antusias dalam mempelopori upaya untuk memastikan layanan keuangan inovatif yang didukung oleh teknologi memiliki potensi untuk mempercepat inklusi keuangan pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Penetrasi WhatsApp di pasar seperti Indonesia akan membantu GajiGesa membuat sistem EWA ini lebih terjangkau bagi jutaan orang di seluruh Asia Tenggara," tambahnya.

Sejak didirikan pada pertengahan 2020, solusi GajiGesa telah menjadi alat pemberdayaan yang sangat berharga bagi pengusaha dan karyawannya di berbagai sektor termasuk pabrik, perkebunan, manufaktur, ritel, restoran, rumah sakit, dan perusahaan teknologi. Hingga saat ini, perusahaan telah bermitra dengan lebih dari 300 perusahaan dan telah membantu sekitar 750 ribu karyawan.

Platform salary-on-demand di Indonesia

Solusi yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan finansial karyawan kian banyak bermunculan di ranah perusahaan fintech. Secara global, banyak perusahaan rintisan, penyedia layanan perbankan serta payment gateway yang berinisiatif menyediakan solusi untuk tekanan finansial yang cukup signifikan selama pandemi.

Laporan PwC yang bertajuk "Employee Financial Wellness" pada tahun 2022 menyebutkan bahwa di antara karyawan yang mengaku memiliki tekanan finansial merasakan dampak negatif yang cukup signifikan pada produktivitas, sekitar 67% berjuang untuk memenuhi pengeluaran rumah tangga mereka tepat waktu setiap bulan, 71% memiliki utang pribadi, dan 64% menggunakan kartu kredit untuk membayar untuk kebutuhan yang tidak mampu mereka beli.

More Coverage:

Angka-angka ini menunjukkan bahwa situasi pandemi yang masih berlangsung telah berdampak negatif pada keadaan ekonomi para pekerja berpenghasilan rendah dan menengah, sehingga banyak perusahaan membutuhkan solusi untuk membantu mengurangi tekanan finansial dari banyak pekerjanya.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa perusahaan yang menawarkan layanan serupa, seperti wagely, Gajiku, Kini, dan GetPaid yang berambisi menyehatkan keuangan karyawan dengan akses gaji lebih awal. Kehadiran layanan seperti ini diharapkan bisa mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap pinjaman konsumtif yang dianggap merugikan karena bunganya yang tinggi.

Di samping itu, beberapa perusahaan fintech juga mulai memperluas layanan mereka ke ranah salary-on-demand, di antaranya KoinGaji dari KoinWorks, Halogaji dari Halofina, serta pengembang layanan SaaS untuk bisnis Mekari melalui produk Mekari Flex. Pada akhirnya, semua layanan ini memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan fleksibilitas kepada pekerja untuk mengakses gajinya lebih dini.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again