18 November 2016

by Bambang Winarso

Galaxy C5 Pro dan C7 Pro Jadi Persembahan Terakhir Samsung di 2016?

Jika benar hadir, Samsung Galaxy C5 Pro dan C7 Pro akan melengkapi Galaxy C9 Pro yang hadir bulan lalu

Setelah meluncurkan Galaxy C5 dan C7 di Tiongkok pada bulan Juni lalu, Samsung dikabarkan kembali mempersiapkan varian baru untuk duo yang sama dengan embel-embel Pro di belakangnya. Rumor kehadiran duo varian Pro tersebut dihembuskan melalui situs media sosial lokal, Weibo baru-baru ini.

Menurut sumber yang didapatkan oleh SamMobile, Samsung Galaxy C5 Pro dan Galaxy C7 Pro disebutkan bakal diresmikan pada bulan Desember, dan mungkin akan jadi smartphone terakhir Samsung di tahun 2016 ini.

Tetapi kabar kemunculan C5 Pro dan C7 Pro ini ternyata bukan kali pertama muncul ke permukaan. Mundur kembali jauh ke belakang, dua bulan sebelumnya beredar sebuah laporan yang menyinggung soal duo smartphone dengan nomor model SM-C5010 dan SM-C7010. Kedua nomor model ini disebut-sebut merupakan cikal bakal duo Galaxy C5 Pro dan C7 Pro yang memperoleh peningkatan di sisi hardware dan juga software dibanding varian standar.

Sayangnya tak banyak informasi spesifikasi keduanya yang bisa kita gali. Sejauh ini rumor baru menyinggung soal penggunaan chipset Snapdragon 625 di Galaxy C5 Pro dan Snapdragon 626 di Galaxy C7 Pro. Kedua varian dipercaya bakal menyandingkan prosesor tersebut dengan RAM sebesar 3GB.

Masih terlalu dini untuk berspekulasi soal harga dan tanggal peresmiannya. Bahkan kebenaran kabar ini masih diragukan. Tapi sederhananya begini, jika Galaxy C9 disandingkan dengan varian Pro, mengapa tidak dengan Galaxy C5 dan C7?

Gambar header ilustrasi Galaxy C5.