Categories

Gadget

Garmin Rilis Tiga Smartwatch Baru di CES 2015

Oki Rosgani - 6 January 2015

Garmin, perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai vendor perangkat GPS (global positioning system) ini baru-baru ini telah masuk ke ranah wearable dengan merilis perangkat jam tangan pintar atau smartwatch.

Pada ajang CES 2015 yang hari ini berlangsung di Las Vegas, AS. Garmin telah memperkenalkan tiga buah smartwatch yang baru saja dirilisnya, ketiga produk tersebut adalah Fenix 3, Epix dan Vivoactive.

Garmin Fenix 3

Garmin Fenix 3 Fenix 3 merupakan perangkat smartwatch yang memiliki beberapa fungsi, selain memiliki fitur GPS dengan basis system GLONASS, jam tangan pintar ini memiliki sensor detak jantung dan juga penghitung langkah penggunanya.

 

Info menarik: Montblanc Hadirkan Tali Jam Sekaligus Gelang Pintar

 

Fenix 3 ditujukan bagi para pengguna yang ingin terus menjaga kebugaran dan staminanya agar endurance tubuhnya tetap terjaga, melalui fitur reminder atau pengingat jadwal latihan, perangkat jam tangan pintar ini akan memberitahukan kapan penggunanya harus mulai berlatih dengan capaian tertentu yang telah diatur sebelumnya.

Dengan platform baru yang dimiliki Garmin bernama Connect IQ, perangkat ini telah memiliki beberapa aplikasi yang bisa dikembangkan oleh para developer aplikasi pihak ketiga.

Jam tangan yang bisa digunakan untuk mereka yang suka berolah raga seperti; berenang, bersepeda, lari, ski dan snowboarding ini akan mampu memberikan informasi mulai dari rute, jarak tempuh, denyut jantung dan informasi lainnya yang dibutuhkan selama penggunanya melakukan aktivitas olah raga, termasuk menghitung derajat vertical drop serta kecepatan saat penggunanya melakukan aktivitas snowboarding.

Melalui fitur Garmin Connect, pengguna jam tangan Fenix 3 dapat mengunggah data LiveTrack dan membaginya kepada teman atau tim lain melalui jaringan WiFi dan mengunakan akses Bluetooth ke perangkat smartphone. Menariknya, jam tangan ini juga memiliki fitur kompas, altimeter dan barometer yang bermanfaat bagi para pecinta hiking atau aktivitas luar ruang lainya.

Garmin Epix

Garmin Epix Garmin Epix merupakan perangkat jam tangan yang juga sekaligus merupakan perangkat navigasi pribadi di pergelangan tangan penggunanya, karena itu pihak Garmin menyebut jam tangan Epix ini sebagai “first-of-its-kind handsfree navigation device”.

Layar sentuh jam tangan yang memiliki ukuran 1.4 inci tersebut dapat menampilkan peta secara live lengkap dengan panduan navigasi untuk penggunanya.

Jam tangan pintar ini dikemas dengan balutan casing yang memiliki paduan warna silver dan hitam dengan tombol besar dibagian samping yang menambah kesan bahwa jam tangan Garmin Epix ini terlihat kokoh dan gagah.

 

Info menarik: Hyundai Akan Gunakan Android Wear Sebagai Kunci Mobil

 

Untuk bisa menggunakan fitur peta yang lebih lengkap, penggunanya diharuskan untuk berlangganan layanan peta melalui BirdsEye Satellite Imagery.

Selain menawarkan fitur peta, jam tangan Garmin Epix yang dijejali dengan memory 8GB ini juga memiliki  fitur lain seperti kompas, altimeter dan barometer, serta fitur tali jam yang dapat mendeteksi detak jantung penggunanya.

Melalui fitur Bluetooth, penggunanya dapat memasangkan jam tangan ini dengan perangkat smartphone agar jam tangan ini dapat memberikan notifikasi dan informasi yang diterima oleh smartphone untuk ditampilkan pada layar jam tangan ini.

Garmin Vivoactive

Garmin Vivoactive Dari ketiga smartwatch yang ditawarkan Garmin, model Vivoactive ini memiliki disain yang lebih simple, modis dan sederhana, namun begitu, jam tangan pintar ini mampu memberikan informasi secara maksimal bagi penggunanya untuk beberapa kegiatan olah raga seperti bersepeda, berlari, berenang, bermain golf, berjalan, atau yang lainnya.

Aplikasi pada jam tangan Garmin Vivoactive ini juga dapat ditambahkan melalui fitur Connect IQ. Perbedaan utama dari kedua jenis smartwatch di atas, adalah tali jam Garmin Vivoactive dapat diganti atau ditukar-tukar dengan model dan warna yang diinginkan penggunanya.

 

Info menarik: Sony Diyakini Siap Melepas Walkman Terbaru di CES 2015

 

Ketiga buah jam tangan pintar besutan Garmin ini akan segera tersedia di pasaran pada kuartal pertama tahun ini, dimana harga termurah dimiliki oleh jam tangan Vivoactive yang ditawarkan dengan harga mulai dari $US250, sedangkan Garmin Fenix 3 ditawarkan dengan harga mulai dari US$500, namun dengan tambahan aksesoris sensor pendeteksi detak jantung nirkabel jam tangan ini ditawarkan dengan harga US$550, versi lain dari model ini yang dibalut dengan kaca berbahan safir ditawarkan dengan harga US$600.

Sedangkan model Garmin Epix ditawarkan dengan harga mulai dari US$550, dan dengan tambahan data peta lengkap, smartwatch ini ditawarkan dengan harga US$600.

Sumber: TNW dan Garmin Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter