Categories

Misc

Google Dirikan Perusahaan Baru untuk Atasi Permasalahan di Kawasan Urban

Glenn Kaonang - 12 June 2015

Google, seperti yang kita ketahui, memiliki misi untuk mengumpulkan informasi dari seluruh dunia, lalu memberikan akses secara universal. Sejauh ini, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi digital, Google bisa dibilang berhasil menjalani – meski belum sepenuhnya menyelesaikan – misi tersebut.

Namun Google rupanya punya visi yang lebih besar dari sekedar merevolusi cara kita mencari dan mengolah informasi. Perusahaan pimpinan Larry Page tersebut juga ingin menyempurnakan planet Bumi dari segi fisik, bukan cuma dari segi digital saja.

Info menarik: Google StreetView Perluas Foto Bawah Laut Nusantara

Guna merealisasikan visi tersebut, Google mendirikan sebuah perusahaan baru bernama Sidewalk Labs. Memimpin Sidewalk Labs adalah Dan Doctoroff, mantan CEO Bloomberg LP sekaligus mantan wakil walikota New York City bagian pembangunan ekonomi. Beliau dipilih karena pengalaman dan reputasinya dalam memajukan pembangunan di tingkat perkotaan.

Misi yang diemban Sidewalk Labs adalah menjadikan kota-kota di dunia, khususnya kawasan urban, lebih baik dari sekarang. Kalau Google bertugas menyediakan informasi lalu lintas, maka Sidewalk Labs bertujuan memperbaiki apa yang salah dari kondisi di lapangan, seperti salah satunya, membuat sistem transportasi umum lebih efisien ketimbang sekarang.

Dari sudut pandang yang lebih luas, Sidewalk Labs juga bermisi untuk menekan biaya hidup di kawasan urban, mengurangi konsumsi energi dan membantu sistem pemerintahan dalam beroperasi secara lebih efisien. Ke depannya, Sidewalk Labs akan mengembangkan beragam produk dan platform, serta mengadakan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan progress dalam area-area yang disebutkan di atas.

Info menarik: Google Dongkrak Kecepatan Jaringan Ponsel 2G di Indonesia Hingga Empat Kali Lipat

Tentu saja, menjalani misi ambisius ini tidaklah mudah. Melalui akun Google+ resminya, Larry Page memaparkan bahwa tantangan-tantangan dalam memperbaiki kawasan urban selalu berkaitan satu sama lain.

Beliau mencontohkan bahwa ketersediaan transportasi umum merupakan salah satu pertimbangan utama bagi penduduk dalam memilih tempat tinggal. Di saat yang sama, hal ini akan mempengaruhi harga rumah dan apartemen, yang secara langsung membawa dampak pada kualitas hidup.

Pada akhirnya, diharapkan inovasi-inovasi teknologi yang dikembangkan Sidewalk Labs nantinya bisa diimplementasikan dalam skala besar di kota-kota di dunia. Dari kacamata yang lebih sederhana, Sidewalk Labs akan berupaya untuk mengubah kota-kota di dunia menjadi smart city, namun tidak terbatas pada aspek digitalnya saja.

Lalu yang menjadi pertanyaan, “Apa peran Google di sini?” Well, satu hal yang bisa dipastikan, Google akan menyokong Sidewalk Labs dari sisi finansial, serta kemungkinan besar menyediakan akses terhadap portofolio properti intelektualnya.

Via: New York Times.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter