1. Startup

GOTO Memilih Hengkang dari Vietnam, Sementara Sejumlah Startup Lokal Terus Perkuat Kehadiran di Sana

Ruangguru dan NusaTrip perkuat ekspansi dengan akuisisi startup di Vietnam, sementara Kredivo ambil jalan joint venture

Tepat sepekan yang lalu, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ("GoTo") resmi mengumumkan penutupan operasional di Vietnam, efektif 16 September 2024. Langkah ini diambil sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk fokus pada pasar yang memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan jangka panjang.

Vietnam hanya menyumbang kurang dari 0,5% terhadap Gross Transaction Value (GTV) grup dan 2% dari GTV layanan on-demand. Karena itu, penutupan ini dinilai tidak akan berdampak material pada operasional atau kondisi keuangan perusahaan. GoTo memastikan proses penutupan akan mengikuti peraturan lokal, dan tetap berkomitmen pada target EBITDA impas di tahun 2024.

Kendati decacorn lokal ini menyerah di pasar Vietnam, saat ini masih ada sejumlah startup lokal yang memiliki basis di sana, berikut di antaranya:

Ruangguru

Ruangguru memulai ekspansi ke Vietnam dengan nama Kien Guru pada 2019. Vietnam menjadi negara pertama tujuan ekspansi Ruangguru karena dinilai memiliki masalah yang sama seperti yang dihadapi Indonesia dan beberapa negara berkembang lainnya di bidang pendidikan.

Kegiatan bisnis di Vietnam makin diperkuat setelah pada Mei 2023 mereka mengumumkan akuisisi atas Mclass, sebuah platform live teaching asal Vietnam. Hal ini disebut sebagai langkah strategis perusahaan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kapabilitasnya di wilayah tersebut.

Green Rebel

Startup produsen pangan nabati Green Rebel Foods resmi meluncurkan produknya di Vietnam, yang juga sekaligus menandakan aksi ekspansi terbarunya di regional.

Disebutkan dalam debut awalnya Green Rebel telah berkolaborasi dengan tujuh mitra di Ho Chi Minh City dan Hanoi untuk memasarkan produknya, antara lain Annam Group, eMart, Genshai, Laang Saigo, L's Place, MM Mega Market Vietnam, dan Organic Convenience Stores.

PasarPolis

Setelah bukukan pendanaan seri A pada tahun 2018, satu tahun setelahnya startup insurtech PasarPolis menggalakkan ekspansi regional dengan memasuki pasar Vietnam. Salah satu strateginya dengan menggalang kerja sama strategis dengan mitra lokal, di antaranya Atadi, Sendo dan Go-Viet (Gojek adalah salah satu investor PasarPolis). Mereka juga menunjuk Country Manager untuk memimpin bisnis di sana.

"Dengan menghubungkan PasarPolis dengan platform yang dimiliki mitra, kami dapat menawarkan berbagai produk asuransi dari banyak perusahaan kepada konsumen mereka. Verifikasi dokumen yang dilakukan secara digital menawarkan proses klaim yang cepat untuk konsumen, prosesnya dapat diselesaikan dalam tiga menit," ujar Founder & CEO PasarPolis Cleosent Randing dalam keterangan resminya kala itu.

Modalku (Funding Societies)

Setelah hadir di 4 negara di Asia Tenggara, Modalku mulai masuk pasar Vietnam sejak tahun 2022. Dengan ekspansi ini,  Modalku melayani UMKM di berbagai sektor, seperti pendidikan, ritel, teknologi, dan FMCG, dengan menawarkan produk pembiayaan perdagangan, pembiayaan inventaris, pembiayaan piutang dan utang di Ho Chi Minh, Hanoi, dan sekitarnya.

Sejak pandemi Covid-19, akses terhadap permodalan menghambat pertumbuhan UMKM di Vietnam. Berdasarkan data Kementerian Perencanaan dan Investasi Vietnam, UMKM mengambil porsi sebanyak 98% dari total bisnis di 2020. Namun, hanya 54% UMKM terdaftar yang aktif beroperasi di 2019. Padahal, UMKM telah memberikan lapangan pekerjaan terhadap 5,6 juta orang dan menyumbang lebih dari $241 miliar atau 40% dari PDB di Vietnam.

NusaTrip

Platform OTA NusaTrip mengumumkan pembukaan kantor regional di Ho Chi Minh City, Vietnam pada Maret 2023 lalu. Kantor regional ini akan berfokus untuk menciptakan berbagai inisiatif strategi penjualan dan bekerja sama dengan ekosistem pariwisata di negara tersebut.

Setelah pandemi Covid-19 menunjukkan pemulihan, Vietnam kembali membuka pintu untuk para wisatawan internasional pada Maret 2022. Semenjak itu, industri pariwisata domestik Vietnam mengalami pertumbuhan yang kuat dan berhasil mendatangkan lebih dari empat juta wisatawan mancanegara.

Ekspansi ini lalu dikuatkan dengan akuisisi NusaTrip terhadap startup akomodasi perjalanan B2B bernama VLeisure. Diharapkan solusi VLeisure yang melayani hotel ukuran kecil hingga menengah dapat memperluas cakupan layanan dan jangkauan NusaTrip di sana.

Fuse

Startup insurtech Fuse mulai hadir di Vietnam pada tahun 2021 dengan fokus awal menjual produk asuransi mikro. Terkait dengan pertumbuhan bisnisnya di negara lain seperti Vietnam, tercatat bahwa saat ini Fuse telah menerbitkan lebih dari 5 juta polis di negeri naga biru tersebut per akhir 2022.

Di sana Fuse menawarkan produk asuransi mikro melalui kanal e-commerce dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan. Lantas baru- baru ini, Fuse mereplikasi model Business to Agent/Broker to Customer–yang terbukti sukses dikembangkan di pasar Indonesia–ke negara Vietnam.

Menurut data laporan e-Conomy SEA 2022 yang dipublikasikan oleh Google, Temasek dan Bain & Company. Pertumbuhan ekonomi digital Vietnam diproyeksikan akan cemerlang pada tahun 2025. Vietnam diprediksi mencapai GMV sebesar $ 23 miliar di akhir tahun 2022 dan  US$ 49 miliar di tahun 2025.

Industri asuransi umum di Vietnam juga diprediksi akan tumbuh 2 karena didukung oleh pemulihan ekonomi yang kuat, peningkatan frekuensi bencana alam, dan pertumbuhan asuransi wajib.

Kredivo

Kredivo Group secara resmi mengumumkan perluasan ke Vietnam pada Agustus 2021. Produk diluncurkan secara bertahap, dimulai dengan pembayaran tagihan dan pinjaman pribadi, dilanjutkan dengan paylater pada Q4 2021.

Perluasan layanan ini dilakukan melalui joint venture dengan Phoenix Holding, perusahaan investasi (family office) setempat. "Kredivo Vietnam Joint Stock Company", nama entitas barunya, juga bermitra dengan VietCredit Joint Stock Company, perusahaan pembiayaan di Vietnam untuk mengoperasikan bisnis paylater.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again