19 January 2016

by Bambang Winarso

[Rumor] Empat Varian Huawei P9 Siap Gempur Pasar Mobile

Akan ada varian premium yang punya sensor kamera ganda dan sejumlah fitur unik

Kendati diberitakan tidak berencana memeriahkan ajang bergensi Mobile World Congress di Barcelona dengan sajian perangkat smartphone, bukan berarti tahun ini Huawei tak punya kejutan besar di sektor mobile. Vendor pembesut brand Honor tersebut diyakini sudah punya rencana untuk mengungkap flagship terbarunya, P9 tak lama setelah MWC berakhir.

Menurut sumber yang dekat dengan bocoran, Huawei berencana meluncurkan tak kurang dari 4 varian P9, tiga di antaranya sama dengan peluncuran tahun lalu seperti varian standar P9, kemudian P9 lite, lalu ada P9 Max dan satu lagi bakal ada varian premium yang diyakini menghuni tangga teratas di keluarga P9.

Sebagai varian teratas, ia mempunyai sejumlah kelebihan dibanding ketiga saudaranya. Seperti layar yang sedikit lebih lebar, RAM yang lebih lega dan memori internal yang lebih luas. Tak berhenti di situ, Huawei juga kabarnya membenamkan komponen kamera yang lebih baik, berupa lensa ganda dan sensor 12MP ganda generasi kedua yang sebelumnya debut di Huawei Honor 6 Plus.

Berbekal komponen canggih tersebut, perangkat bakal mempunyai kemampuan untuk melakukan tugas-tugas fotografi yang tak bisa dilakukan oleh varian lainnya. Misalnya refocus saat foto sudah dijepret, simulasi penyesuaian aperture dan juga penerapan filter. Menurut sumber, masih ada sejumlah fitur unik yang dipunyai varian tertinggi P9 ini. Semuanya akan diungkap pada waktunya nanti.

Kendati diprediksi tak akan hadir di MWC 2016 dengan smartphoneflagship, Huawei tetap bakal meramaikan ajang bergengsi tersebut tetapi dengan suguhan yang berbeda.

Sumber berita Venturebeat dan gambar header Shutterstock.