1. Entrepreneur

Tertarik Usaha di Bidang Kuliner? Ini 10 Ide Bisnis Makanan yang Bisa Dijual Online

Kumpulan ide bisnis makanan yang mudah dan menjanjikan untuk dijual online. Penasaran?

Bisnis di bidang kuliner adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, makanan dan minuman adalah kebutuhan harian manusia. Dengan semakin canggihnya teknologi, penjualan bisnis kuliner juga semakin mudah seperti beberapa ide bisnis makanan pada artikel ini yang dapat dijual secara online.

Ide Bisnis Makanan Online

Berjualan makanan kini semakin mudah. Anda dapat menjualnya di marketplace atau daftar menjadi Mitra GrabFood Merchant, GoFood Partner, hingga Shopee Food Merchant.

Apabila Anda tertarik dengan bisnis makanan, berikut adalah beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda jual secara online.

Frozen Food

Jika berbicara tentang menjual makanan secara online, menjual frozen food adalah ide bisnis yang paling populer. Hal ini dikarenakan penyimpanan, penjualan, dan pengiriman frozen food sangat mudah.

Beberapa makanan yang biasanya dijual dalam bentuk frozen food antara lain nugget, sosis, daging, pisang coklat, bakpao mini, dan masih banyak lagi.

Aneka Cemilan Asin dan Pedas

Selain frozen food, jenis makanan ringan keripik asin dan pedas juga memiliki banyak peminat. Seperti snack lidi, makaroni, keripik pisang, dan lain-lain.

Dalam penjualannya, Anda dapat memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia dan Shopee serta media sosial.

Salad Buah

Salad buah merupakan makanan yang berisi potongan-potongan buah disajikan dingin dengan mayonaise, susu kental manis, dan keju. Jenis makanan ini dapat menjadi pilihan bisnis yang tepat karena memudahkan orang-orang dalam mengkonsumsi buah-buahan.

Berbeda dengan keripik camilan dan frozen food, salad buah dapat Anda jual melalui GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood.

Kue Kering

Selanjutnya, menjual kue kering juga merupakan ide bisnis yang dapat Anda coba. Terutama ketika mendekati hari-hari besar keagamaan, seperti idul fitri dan natal. Dalam hal pengemasan, menjual kue kering secara online memang cukup menantang. Namun, bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.

Anda dapat mempelajari proses packing ini melalui internet atau pengalaman UMKM kue kering yang lain.

Kue Tart

Penjualan kue tart secara online semakin banyak diminati belakangan ini karena beberapa konten bisnis kue tart sempat viral melalui media sosial TikTok. Dari sini mulai memicu banyak bisnis kue tart lain untuk mulai go digital.

Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat kue, Anda juga bisa mulai memasarkan kue tart Anda secara online dan membuka toko di aplikasi ojek online sebagai Merchant.

Dessert Box

Selain kue tart, peminat dessert box kini juga semakin meningkat. Dessert box adalah makanan penutup manis seperti red velvet, brownies, dan tiramisu dengan krim dan banyak toping lainnya.

Untuk membuat dessert box, Anda perlu mempelajari sedikit keahlian dari membuat kue terutama dalam hal memanggang, membuat krim, dan juga keahlian menghias kue.

Sambal

Pilihan ide bisnis makanan online berikutnya adalah sambal. Bahan-bahannya yang terjangkau serta pembuatan dan pengemasannya yang mudah menjadi alasan mengapa sambal cocok dijual secara online.

Permintaan konsumen akan sambal siap makan juga semakin meningkat, terutama untuk produk-produk sambal khas daerah.

Abon

Ide bisnis makanan online berikutnya adalah abon. Pembuatan abon memang cukup sulit. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan mencari supplier abon dan memulai bisnis sebagai reseller.

Menjual abon secara online juga bukanlah sesuatu yang sulit. Anda dapat mengemasnya dengan mudah dan menjajakannya di e-commerce seperti menjual sambal dan aneka cemilan.

Bakso Aci dan Seblak

Menjual makanan berkuah seperti bakso aci dan seblak adalah prospek bisnis yang menjanjikan karena enak dan murah. Anda juga dapat mengemasnya dalam bentuk instan dan memberikan instruksi pembuatan ketika ingin menjualnya secara online.

Jika ingin menjualnya dalam bentuk siap makan, sama seperti kue tart dan dessertbox, Anda dapat menjajakannya di aplikasi ojek online.

Aneka Roti

Apakah Anda memiliki keahlian dalam membuat roti? Jika iya, maka bisnis roti adalah ide bisnis yang cocok untuk Anda. Anda dapat menjualnya dengan sistem pre-order atau menjualnya secara langsung dengan membuat toko di GrabFood dan GoFood.

Dalam menjalankan bisnis aneka roti, Anda harus menguasai pembuatan banyak jenis roti agar dapat menjajakan berbagai varian yang bisa dipilih oleh pelanggan.

Itu dia 10 ide bisnis makanan online yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang tertarik memulai bisnis di bidang kuliner. Semua ide bisnis di atas memiliki peluang sukses yang sama. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika memulainya adalah mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Kemudian, maksimalkan promosi secara online melalui berbagai media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan WhatsApp dengan membuat poster promosi yang menarik.

Header by Pexels.

Free eBook

Panduan Facebook Marketplace untuk Pemula

Facebook Marketplace menawarkan peluang dan juga alat bagi UMKM untuk menjangkau 129,8 juta pengguna Facebook di Indonesia. Pelajari bagaimana cara memanfaatkan Facebook Marketplace untuk mendongkrak penjualan online Anda. Download panduannya sekarang, GRATIS!

Masukkan email Anda


Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again