1. DScovery

INFJ adalah Kepribadian Langka, Mengenal Kelebihan dan Kekurangan, Serta Jenjang Karirnya

INFJ adalah salah satu tipe kepribadian langka dengan hanya sekitar 1-3% dari populasi dunia. INFJ itu tenang, penyayang, intuitif, tidak dapat diprediksi, dan terlalu sensitif.

Setiap orang memiliki tipe kepribadian masing-masing, seperti tipe kepribadian introvert atau ekstrovert. Ada beberapa tes kepribadian, salah satunya adalah tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Tes ini dirancang untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang. Selain itu, tes ini sangat populer dan sering digunakan untuk mengidentifikasi tren di bidang atau profesi tertentu. Kepribadian INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih dalam kami akan menjelaskan apa itu INFJ, kelebihan dan kekurangannya, serta jenis karir apa yang cocok untuk tipe kepribadian ini.

Apa Itu Kepribadian INFJ

Secara umum tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini terdiri dari empat skala: Extraversion (E) - Introversion (I), Sensing (S) - Intuition (N), Thinking (T) - Feeling (F), dan Judging (J) - Perceiving (P).

INFJ adalah singkatan dari Introversion, Intuition, Feeling, dan Judgment. Introversion berarti orang ini memiliki kepribadian tertutup atau senang menghabiskan waktu sendirian. Intuition (Intuisi) berarti bahwa orang ini terfokus pada suatu ide atau konsep (Intuisi).

Ataupun Feeling berarti orang yang membuat keputusan berdasarkan emosi dan nilai, sedangkan judging berarti mereka lebih menyukai hal-hal yang direncanakan dan disiapkan.

Orang dengan kepribadian ini memiliki kemampuan untuk membaca dan memahami emosi orang lain. Karena itulah, orang ini sering disebut The Advocate.

Ini karena advokat sering kali lebih baik dalam memahami perasaan orang lain daripada perasaan mereka sendiri. Kemampuan ini bisa membuatnya tampak ekstrovert. Dia tampaknya pandai berinteraksi dengan orang lain, terutama mereka yang dekat dan terhubung secara emosional. Namun, dia cenderung sangat merahasiakan berbagi "identitas" dengan orang lain. Dia ingin terbuka hanya untuk beberapa orang tertentu.

Dan juga kepribadian ini selalu menangani hal-hal sesuai dengan perasaan mereka sendiri, sehingga mereka sering baik hati dan perhatian. Namun, pada kenyataannya, ia menganggap dirinya sebagai individu yang sangat intuitif dan rumit.

Tak hanya itu, ia juga dikenal sebagai sosok yang kreatif dengan kemampuan komunikasi yang kuat, baik secara lisan maupun tulisan. Dia cenderung pendiam dan sensitif, namun kemampuan ini sering membuatnya menjadi pemimpin yang sangat baik.

Namun, INFJ adalah tipe kepribadian yang sangat langka. Ball State University melaporkan bahwa hanya sekitar 1,5% orang yang memiliki tipe kepribadian ini. Dari jumlah tersebut, 56% adalah perempuan dan sisanya 44% adalah laki-laki.

Adapun tanda-tanda kepribadian INFJ:

  1. Merasa berbeda dari orang lain
  2. Memiliki rasa ingin tahu terhadap kehidupan orang lain
  3. Memiliki perencanaan longgar dan batasan sosial
  4. Ahli menangani masalah
  5. Memiliki batasan dalam introversi

Kelebihan dan Kekurangan INFJ

Seperti orang pada umumnya, mereka yang berkepribadian INFJ memiliki sifat unik, baik positif maupun negatif. Di bawah ini adalah sifat atau kekuatan positif dari kepribadian INFJ:

  • Dapat menginspirasi. INFJ memiliki gaya bahasa dan komunikasi yang menarik yang dapat memengaruhi orang lain, terutama pada topik yang mereka kuasai.
  • Sangat membantu(altruistik). Dia cenderung memanfaatkan perasaannya sendiri dan mampu memahami emosi orang lain, jadi dia sering membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Dia juga percaya dalam membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk semua orang.
  • Bersemangat. Dia bersemangat dan bertekad untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk membuat perubahan nyata.
  • Wawasan yang baik. Dia memiliki wawasan yang luas tentang orang dan situasi, dan pandai membuat hubungan di antara mereka.
  • Kreatif. Dia menggunakan imajinasinya untuk meningkatkan kehidupannya dan kehidupan orang-orang di sekitarnya, termasuk memecahkan masalah.

Di sisi lain, sifat buruk atau kelemahan negatif yang dimiliki oleh kepribadian INFJ adalah:

  • Sensitif. Ia cenderung menjadi hipersensitif saat menghadapi kritik terhadap dirinya sendiri dan tidak mampu menangani konflik dengan baik.
  • Mudah lelah. Sifatnya yang humoris dan baik hati sering membuatnya lupa untuk menjaga kesehatan fisiknya dan sering membuatnya lelah.
  • Tertutup. Introvert ini sulit terbuka dan lebih memilih untuk menjaga kehidupan pribadinya pribadi.
  • Perfeksionis. Ia termotivasi oleh cita-cita dan tujuan hidup. Dia mungkin sulit menerima ketika cita-cita dan tujuan ini tidak tercapai.
  • Benci ketidaksesuaian. Dia cenderung mengatur tujuan hidupnya dan sering tidak menyukai apa pun yang tidak sejalan dengan tujuan tersebut.

Pekerjaan yang Cocok untuk INFJ

Dalam hal karir, INFJ dapat berkembang di bidang yang membutuhkan kreativitas. Mempertimbangkan berbagai pro dan kontra di atas, berikut adalah beberapa pekerjaan yang cocok untuk INFJ:

  • Konselor
  • Psikolog
  • Ilmuwan
  • Desain grafis
  • Penulis
  • Manajer sumber daya manusia
  • Pustakawan
  • Profesor
  • Pekerja nirlaba atau advokasi.

Selain itu, ada beberapa pekerjaan yang mungkin tidak cocok untuk mereka yang berkepribadian INFJ:

  • Insinyur
  • Manajer restoran
  • Akuntan
  • Perwira militer
  • Responden garis depan (pemadam kebakaran, polisi, teknisi darurat).

Pada dasarnya setiap tipe kepribadian baik kepribadian INFJ maupun kepribadian lainnya memiliki keunikan dan potensi tersendiri. Demikianlah penjelasan mengenai INFJ. Semoga artikel ini bermanfaat bagimu yang ingin lebih mengenal lebih dalam lagi tentang kepribadian ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again