1. DScovery

Apa Itu Infografis: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contoh

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah infografis. Memangnya, infografis itu apa sih?

Kamu pernah melihat data yang disajikan dengan gambar menarik yang mudah dipahami? Bisa jadi yang kamu lihat itu adalah infografis. Kehadiran infografis membuat penyajian data menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami.

Tentu saja pasti kamu akan bosan dan malas melihat data yang disajikan dalam bentuk teks. Nah, infografis ini mengemas data tadi dengan visual yang menarik. Sehingga, mudah dipahami oleh pembacanya. Berikut artikel mengenai infografis.

Pengertian Infografis

Infografis merupakan bentuk visualisasi gabungan yang meliputi teks dan grafik berisi data berupa angka. Seiring berkembangnya waktu, infografis dikemas semakin unik dan menarik. Kehadiran infografis ini memudahkan pembaca untuk memahami informasi di dalamnya.

Manfaat Infografis

Tentu saja infografis memiliki banyak manfaat, terutama dalam penyampaian informasi berupa data yang menjadi mudah dipahami oleh pembacanya. Sudah pasti, informasi yang dibaca menjadi mudah dipahami dengan visual menarik dibandingkan hanya teks saja. Berikut manfaat infografis.

1. Informasi Lebih Menarik

Infografis mengemas informasi berisi data menjadi lebih menarik. Pada penerapannya, infografis menerapkan elemen desain pembuatannya. Mulai dari penggunaan bagan, bentuk, background, kombinasi warna, hingga penggunaan typografi yang membuat infografis menjadi terlihat menarik.

Tentu saja informasi yang tadinya monoton hanya berupa teks saja, menjadi lebih menarik untuk dilihat.

2. Menjadi Efisien dan Efektif

Adanya kombinasi visual dalam infografis membuat pembaca menjadi lebih efisien dalam mencerna informasi. Sehingga, informasi yang disampaikan bisa dipahami dengan mudah hanya dalam waktu singkat.

3. Meningkatkan Minat Baca

Tanpa disangka, infografis mampu meningkatkan minat baca, lho. Bagaimana tidak, kamu hanya perlu membaca info berupa visual yang disajikan dengan menarik. Pasti kamu akan penasaran kalau melewatinya.

Jenis dan Contoh Infografis

Infografis bisa dikemas dalam berbagai jenis konten. Berikut jenis dan contoh infografis.

1. Statis

Sumber: dKampus.com

Pertama ada infografis berjenis statis. Sesuai dengan nama jenisnya, infografis ini disajikan hanya menggunakan komponen visual saja tanpa diikuti audio ataupun animasi yang bergerak. Infografis jenis ini umumnya ditampilkan pada kegiatan formal, seperti pemaparan presentasi kegiatan resmi. infografis jenis statis ini bisa memudahkan penyajian data menjadi lebih mudah.

2. List

Sumber: Litbangkes

Kedua, ada infografis berjenis list atau biasa dikenal dengan daftar. Infografis jenis ini umumnya berisikan data dalam bentuk daftar. Biasanya infografis daftar ini digunakan untuk menyampaikan informasi berupa langkah-langkah atau cara melakukan hal tertentu.

3. Linimasa

Sumber: Kitalulus.com

More Coverage:

Ketiga ada infografis jenis linimasa. Infografis ini biasanya digunakan untuk memberikan informasi terkait data kronologi atau urutan dan waktu terjadinya kejadian tertentu.

Berikut artikel mengenai infografis. Hadirnya infografis membuat pembaca menjadi lebih mudah memahami informasi yang disajikan. Kamu lebih menyukai infografis jenis apa?

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again