Infokost memperluas layanannya dari sekedar informasi menjadi layanan perantara pemesanan. Dengan fitur Booking yang baru saja dibuka, Infokost kini memiliki sekitar 17.500 properti yang bisa dipesan di Jabodetabek, Pulau Bali, dan beberapa kota lain yang menjadi kota tujuan wisata. Infokost berharap layanan tambahan ini bisa memantapkan posisinya sebagai pemimpin pasar di segmen informasi tempat kos di Indonesia.

Kepada DailySocial, CEO Infokost Frandy Wirajaya mengemukakan latar belakang hadirnya layanan pemesanan ini adalah banyak permintaan konsumen untuk fitur ini. Mereka juga melihat potensi hunian sewa lainnya, di luar kos, seperti vila di daerah wisata. Dengan fokus Jabodetabek, Pulau Bali, dan sejumlah properti di kota tujuan wisata, Frandy menyebutkan 50% basisdata properti Infokost sudah menggunakan fitur Booking untuk kemudahan pemesanan. Saat ini mereka secara total memiliki 35 ribu properti yang terdaftar.

Sejauh ini Frandy memastikan pihaknya belum akan mengenakan biaya untuk layanan pemesanan ini. Ia mengatakan, “Saat ini Infokost belum memungut biaya atau fee untuk proses booking ini, baik untuk pemilik hunian atau pencari hunian sewa. Namun jika di kemudian hari akan mengenakan fee, maka fee yang dikenakan sangat kompetitif, karena ini merupakan service tambahan kami untuk para pemilik kost/hunian sewa.”

Terhadap persaingan secara head-to-head dengan layanan global Airbnb yang juga memiliki pasar di segmen ini, Frandy memastikan pihaknya yakin mampu bersaing karena mengklaim memiliki basisdata terbesar di Indonesia untuk jenis hunian sewa. Indokost disebutkan memiliki jaringan yang luas di kota-kota target sasaran.

Dibandingkan situs informasi penjualan atau penyewaan properti yang memiliki cukup banyak pemain, termasuk yang didukung oleh mereka yang bermodal besar, segmen penyewaan kamar kos memang memiliki target pasar tersendiri dan biasanya pengumpulan informasinya tidak mudah karena tidak menggandeng agen properti dalam pemasarannya.

Tanpa menyebutkan angka, Frandy menginginkan kehadiran fitur Booking bakal memantapkan posisi Infokost di segmen layanan hunian sewa di Indonesia. Selain mengandalkan situsnya, Infokost memiliki kelompok komunitas Kosmoklub dan kanal khusus di Kaskus untuk memperkuat positioning-nya.


Disclosure: DailySocial dan Infokost berada di bawah naungan induk perusahaan yang sama

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.