Ingin Saingi YouTube, Emtek Group Hadirkan Konten Terintegrasi di Vidio

Ingin Saingi YouTube, Emtek Group Hadirkan Konten Terintegrasi di Vidio

Bisa dimanfaatkan untuk menampilkan iklan dengan konten original dan live streaming acara televisi lokal
Vidio dan peranannya sebagai platform video dan live streaming konten eksklusif Emtek Group / Pixabay
Vidio dan peranannya sebagai platform video dan live streaming konten eksklusif Emtek Group / Pixabay

Keseriusan PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), melalui anak perusahaannya PT Kreatif Media Karya (KMK), mengembangkan platform video yang terintegrasi, ditunjukkan dengan Vidio. Untuk menyatukan semua konten yang dimiliki Emtek Group, baru-baru ini konten video hingga live streaming dimigrasi langsung ke Vidio.

“Secara resmi semua konten video yang berasal dari Emtek Group tidak lagi kami upload di Youtube namun semua bisa dilihat langsung di Vidio.com. Youtube hanya kami gunakan untuk distribusi saja yang kemudian men-direct pengguna untuk mengunjungi langsung Vidio.com,” kata ‎Senior Vice President Emtek Digital Laode Hartanto kepada DailySocial.

Bukan hanya konten yang dimiliki oleh Emtek Group, semua televisi swasta yang ada di Indonesia bisa menggunakan Vidio untuk menampilkan live streaming dan konten lainnya. Kehadiran Vidio diharapkan bisa menggantikan posisi YouTube yang saat ini masih menjadi platform utama untuk konten dan live streaming.

“Diharapkan nantinya Vidio.com bukan hanya diposisikan sebagai platform milik Emtek Group tapi juga milik Indonesia,” kata Laode.

Terkait dengan pemain OTT lokal lainnya yang menawarkan layanan yang sama seperti Mivo, Laode mengklaim Vidio memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

“Perbedaannya adalah ekslusivitas konten. Vidio.com akan memberikan layanan non-subscription base hingga akhir tahun, sementara pemain lainnya harus bayar dan harus registrasi untuk menonton konten dan live streaming yang ada,” kata Laode.

BlackBerry Messenger dan strategi digital Emtek Group

Vidio merupakan platform utama yang nantinya bisa menjadi sumber untuk strategi digital lainnya. Salah satu yang saat ini tengah dikembangkan adalah platform BlackBerry Messenger (BBM) yang baru-baru ini lisensinya dimiliki Emtek Group. Melaui BBM nantinya semua konten live streaming acara televisi di Indonesia bisa dinikmati di channel video BBM.

“Saat ini BBM sudah bertransformasi menjadi platform yang bukan hanya untuk chatting namun channel menarik lainnya, di antaranya adalah channel video yang memanfaatkan platform Vidio.com,” kata Laode.

Strategi lain yang rencananya akan dikembangkan Emtek Group untuk mengoptimalkan BBM adalah dengan memindahkan server yang saat ini berada di Kanada ke Indonesia. Diharapkan pemindahan server ini bisa mempercepat koneksi BBM yang selama ini masih dikeluhkan pengguna.

Kerja sama dengan Spotx

Baru-baru ini Emtek Group melalui KMK juga mengumumkan kerja samanya dengan Spotx, yang merupakan platform video inventory management. Kerja sama ini nantinya akan mengadopsi strategi programmatic video.

“Kerja sama dengan Spotx bukan bagian dari keluarga Emtek. Semuanya murni untuk kepentingan komersial sebagai vendor kerja sama untuk menjual inventory programmatic video,” kata Laode.

Dalam hal ini Spotx berfungsi sebagai re-seller untuk pengelolaan programmatic atau direct video. Programmatic sendiri adalah penjualan dengan metode automation. Diharapkan kerja sama ini bisa memberikan pemahaman dan edukasi kepada pengiklan untuk kemudian memanfaatkan platform Vidio untuk menampilkan iklannya kedalam konten eksklusif milik Emtek Group.

“Vidio.com adalah platform yang digunakan oleh Bintang, Bola, Liputan6 dan konten original Vidio.com. Semua sudah terintegrasi dalam satu platform,” kata Laode.

Dengan menargetkan kalangan millennial, diharapkan Vidio.com bisa menjadi platform pilihan untuk melihat konten original dan live streaming acara televisi dengan menampilkan ragam iklan yang berkualitas.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…