2 December 2014

by Oki Rosgani

Inilah Smartphone 'Murah' Yang Ramaikan Pasar Tanah Air

Kemunculan berbagai macam model dan tipe smartphone saat ini terkadang menggoda kita untuk membeli smartphone baru, selain fitur yang ditawarkan, harga yang murah juga menjadi salah satu pemicunya.

Saat ini, ada banyak tawaran smartphone murah di pasaran, namun berbagai smartphone tersebut memiliki fitur dan bentuk yang sama sekali tidak murahan.

Beberapa produsen senior maupun produsen baru yang memasuki pasar smartphone tanah air saling berlomba untuk menggaet konsumen. Bahkan dengan sangat berani mereka menawarkan seabreg fitur serta spesifikasi tinggi namun membaderol smartphone tersebut dengan harga cukup murah.

Berikut adalah smartphone-smartphone merek global yang menurut kami memiliki harga yang cukup bersaing dipasaran. Daftar smartphone di bawah ini tidak diurutkan berdasarkan kriteria tertentu:

Motorola Moto G Dual SIM (8GB) Rp. 1,999,000 - (16GB) Rp. 2,245,000 Motorola bukanlah pemain baru, produsen asal AS ini bisa dibilang merupakan pelopor kehadiran telepon genggam di dunia, sehingga reputasi Motorola tidaklah diragukan lagi.

Dengan menawarkan smartphone Motorola Moto G, sepertinya perusahaan yang kini diakuisisi oleh Lenovo itu ingin menyasar pasar entry-level yang memang merupakan pangsa pasar terbesar di ranah smartphone. Fitur Dual SIM card yang banyak diminati pengguna di kawasan Asia tidak luput dari perhatian Motorola sehingga pihaknya membenamkan fitur ini pada smartphone Moto G.

Smartphone yang diotaki dengan prosesor Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 Quad-core ini berjalan dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat dan siap untuk di-upgrade ke Android 5.0 Lollipop, didukung dengan RAM 1GB, ROM 8GB, ukuran layar 4.5 inci dengan balutan Corning Gorilla Glass 3 serta dilengkapi kamera 5 megapiksel dan baterai berkapasitas 2070 mAh.

Sama seperti smartphone Android lain pada umumnya, Motorola Moto G juga dilengkapi dengan fitur WiFi, Bluetooth, 3G, HSPA, Geotagging, FM Radio, accelerometer, proximity dan compass.

Xiaomi Redmi 1S (8GB) - Rp. 1,499,000 Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone asal Tiongkok yang baru saja memasuki pasar tanah air, namun begitu perusahaan ini merupakan vendor smartphone populer di negara asalnya.

Kehadiran smartphone Xiaomi Redmi 1S yang ditawarkan dengan harga relatif murah telah mencuri perhatian pengguna dan sedikit 'menggoyang' pasar smartphone tanah air, bagaimana tidak, dalam penjualan perdananya di salah satu situs toko online, sebanyak 5000 unit smartphone ini ludes dalam waktu kurang dari 1 menit.

Smartphone Xiaomi Redmi 1S memiliki bentang layar 4.6 inci dan didukung dengan RAM sebesar 1GB dan kamera utama 8MP. Perangkat ini menggunakan prosesor Qualcomm MSM8228 Snapdragon.

Walaupun berjalan dengan platform Android, namun Xiaomi telah menjejalkan MIUI sebagai antarmuka yang membuat smartphone tersebut memiliki beberapa fitur serta kemampuan unik di dalamnya, salah satunya adalah fitur untuk mem-block SMS dan panggilan telepon serta pembersih cache memory yang membuat pengguna tidak lagi harus menginstall aplikasi tambahan untuk kebutuhan tersebut dari pihak ketiga.

Smartphone ini hadir dengan fitur dual SIM yang bisa berjalan secara bersamaan. Spesifikasi lengkap dari Xiaomi Redmi 1S bisa dilihat pada tautan berikut ini.

 

Info menarik: 5 Kesalahan Dalam SEO Yang Harus Dihindari Oleh Blogger

 

Motorola Moto E Dual SIM - Rp. 1,299,000Motorola Moto E adalah salah satu smartphone entry-level yang disiapkan oleh Motorola, smartphone ini hadir dengan bentang layar 4.3 inci 540 x 960 qHD – 256ppi yang dibalut dengan Corning Gorilla Glass 3.

Diotaki dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 200 1.2GHz dual-core A7 dan didukung dengan modul grafis Adreno 302 400MHz single-core, smartphone ini juga hadir dengan RAM 1GB dan memori internal 4GB, serta slot kartu memory yang dapat menampung hingga 32GB. Ditenagai dengan baterai berkapasitas 1980mAh, smartphone ini juga siap di-upgrade dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

BlackBerry Z3 - Rp. 2,199,000BlackBerry Z3 adalah salah satu varian smartphone BlackBerry 10 yang hadir dengan harga cukup bersaing, untuk saat ini BlackBerry Z3 mungkin merupakan smartphone BlackBery 10 termurah yang ada dipasaran saat ini, karena itu kami memasukan smartphone ini walaupun harga yang diatwarkan sedikit lebih mahal dari harga smartphone yang ada dalam daftar

Kemampuan dan kehandalan smartphone ini tidaklah diragukan lagi. Dengan platform BlackBerry OS 10.2 (yang kini dapat di-upgrade ke OS 10.3) smartphone BlackBerry Z3 memiliki kemampuan untuk menjalankan beberapa aplikasi dan game Android.

Dijejali dengan layar berukuran 5 inci, kamera belakang 5 megapiksel, kamera depan 1.1 megapiksel, RAM 1.5GB dan media penyimpanan internal 8GB, smartphone ini sangat stabil untuk digunakan baik sebagai smartphone bisnis (karena kemampuanya dalam menangani push e-mail dan BlackBerry Messaging) serta dapat juga digunakan sebagai perangkat hiburan (karena memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi dan game-game Android serta menjalankan file-file multimedia).

Edisi spesial menghadirkan teks Jakarta pada bagian belakang kiri atas smartphone ini. Diotaki dengan prosesor dual core 1.2 GHz dari Qualcomm MSM8230 smartphone ini juga memiliki baterai dengan kapasitas 2500 mAh yang sanggup menemani penggunanya aktif seharian penuh.

Xiaomi Redmi Note (8GB) - Rp. 1,999,000 Xiaomi kembali 'berulah' dengan menghadirkan smartphone berspesifikasi tinggi namun ditawarkan dengan harga sangat menggiurkan.

Setelah sukses menjual Redmi 1S perusahaan smartphone asal Tiongkok ini telah merilis jagoan barunya di pasar tanah air, yakni Xiaomi Redmi Note. Pada kehadiran perdananya, perangkat ini dijual dengan metode online. Situs Lazada yang menjadi partner untuk penjualan Redmi Note ini pun kebanjiran pengunjung yang ingin memesan smartphone ini.

Smartphone Xiaomi Redmi Note memiliki body yang lebih bongsor, dengan layar berukuran 5,5 inci (resolusi 1280×720-pixel) serta prosesor octa-core Cortex A7 berkecepatan 1,7GHz dan GPU Mali-450MP4 via system-on-chip Mediatek MT6592 serta dukungan RAM 2GB menjadikan kombinasi yang pas bagi para penikmat game.

Didukung dengan baterai berkapasitas 3200 mAh membuat smartphone yang juga memiliki dua buah slot SIM card ini sanggup digeber seharian penuh baik untuk main game, akses internet ataupun menonton film. Review lengkap mengenai performa dan fitur smartphone Xiaomi Redmi Note telah kami ulas pada tautan berikut ini.

Info menarik: Drone Ini Bisa Bantu Korban Serangan Jantung

 

Microsoft Lumia 535 Dual SIM - Rp. 1,499,000 Microsoft baru saja merilis smartphone Lumia pertama tanpa embel-embel Nokia. Melalui Lumia 535, Microsoft ingin menyasar pengguna entry-level sehingga harga yang ditawarkan pada smartphone yang berjalan dengan paltform Windows Phone 8.1 ini sangat menggiurkan, dari harga resmi Rp. 1,7 juta kini Microsoft melepasnya hanya dengan harga Rp. 1,5 juta saja.

Saat tulisan ini kami buat, beberapa situs online masih membukapre-order untuk smartphone Microsoft Lumia 535 karena sejatinya perangkat ini baru tersedia dipasaran pada tanggal 12 Desember 2014 mendatang.

Smartphone Lumia 535 memiliki dua buah slot SIM card yang keduanya bisa digunakan untuk mengakses internet dijaringan 3G, berbeda dengan smartphone dual SIM lain yang ada dipasaran saat ini yang biasanya hanya asalah stau slot saja yang dapat digunakan untuk mengakses internet pada jaringan 3G.

Selain itu, Lumia 535 juga hadir dengan platform terbaru yakni Windows Phone 8.1 sehingga telah memiliki beberapa fitur menarik. Beberapa fitur lainnya adalah kemampuan kamera depan yang bisa mengambil gambar secara 'wide' untuk melakukan foto selfie.

Selain aplikasi Microsoft Office Mobile terintegrasi yang diunggulkan Microsoft, smartphone ini juga hadir dengan layar berukuran 5 inci, dengan ukuran layar seperti itu peragkat ini sangat pas digunakan baik untuk browsing, main game dan menampilkan dokumen saat dalam perjalan. Khusus untuk pengguna di Indonesia, Microsoft memberikan ruang penyimpanan virtual pada layanan cloud OneDrive sebesar 30GB.

Samsung Galaxy Core 2 (16GB) - Rp. 1,999,000 Samsung merupakan salah satu brand populer tidak hanya di Indonesia, namun juga dipasaran dunia. Pantas saja jika vendor smartphone yang berbasis di Korea ini menduduki peringkat kedua dunia untuk penjualan perangkat Android mereka. Hal ini bisa dimaklumi juga karena samsung menyasar semua segmen pasar smartphone yang ada.

Samsung Galaxy Core 2 adalah salah satu produk Samsung yang menyasar pasar entry-level, dengan harga kurang dari Rp. 2 juta pengguna bisa memiliki smartphone dari brand terkemuka.

Galaxy Core 2 hadir dengan bentang layar 4,5 inci, serta dukungan dua buah SIM card, ukuran RAM yang ditawarkan Galaxy Core 2 saat ini terbilang kecil, dimana ketika kebanyakan produsen menawarkan RAM 1GB, Samsung hanya memberikan ruang 768MB saja, penyimpanan internal juga hanya memiliki kapasitas 4GB saja.

Namun smartphone ini dibekali dengan kamera 5 megapiksel sebagai kamera utama dan kamera depan VGA, diotaki dengan prosesor quad-core 1.2 GHz dan baterai 2,000 mAh. Smartphone Galaxy Core 2 lebih dari cukup untuk pengguna yang ingin selalu eksis di situs jejaring media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Smartphone mana yang paling baik? Tentu jawabanya sangatlah relatif, yang paling penting sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda jangan sampai membeli smartphone yang kebanyakan fiturnya malah tidak dipakai.

Dari semua smartphone yang kami ulas di halaman ini, rasa-rasanya harga yang ditawarkan memang cukup menarik  untuk dimiliki, tanpa Anda harus memecah celengan ayam atau menguras tabungan di bank. :)