1. DScovery

Insentif : Pengertian, Tujuan, dan Jenis-jenisnya

Sepintas, insentif mirip dengan bonus karena merupakan dana kompensasi, tetapi ada beberapa perbedaan utama antara insentif dan bonus

Istilah insentif tentu sudah tidak asing lagi bagi karyawan. Insentif adalah istilah yang sering disamakan dengan bonus. Hal ini benar karena menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), insentif adalah penghasilan tambahan berupa barang, uang, dll yang diberikan kepada seseorang untuk meningkatkan semangat kerja.

Insentif seringkali diberikan kepada karyawan sebagai bentuk apresiasi dari perusahaan. Oleh karena itu, penawaran insentif biasanya dikaitkan dengan kinerja karyawan yang dinilai oleh perusahaan. Jika kamu memiliki karyawan yang baik, kamu mendapatkan beberapa bentuk insentif.

Berikut DailySocial.id jelaskan lebih rinci.

Pengertian Insentif

Menurut KBBI, pengertian insentif adalah penghasilan di samping gaji yang diterima pegawai karena melakukan suatu tugas.

Jadi yang dimaksud dengan insentif adalah suatu bentuk kompensasi dari perusahaan kepada tenaga kerja sebagai tambahan penghasilan atas gaji atau gaji bulanan sebagai imbalan atas kerja keras mereka dalam bekerja.

Perbedaan Insentif dan Bonus

Sepintas, insentif mirip dengan bonus karena merupakan dana kompensasi, tetapi ada beberapa perbedaan utama antara insentif dan bonus. Tujuan pemberian insentif adalah untuk memotivasi karyawan dan memungkinkan mereka mencapai tujuan yang sesuai dengan keinginan perusahaan. Bonus adalah bagian dari keuntungan.

Perbedaan berikutnya antara insentif dan bonus terletak pada cara perusahaan menawarkannya kepada karyawannya. Insentif dan bonus diberikan untuk kinerja, tetapi tujuan pemberian kontrak dan uang insentif berbeda.

Tujuan Insentif Diberikan

Kemudian melihat apa itu insentif dan bagaimana perbedaannya dengan bonus, mari  lihat beberapa tujuan dari insentif yang ditawarkan. Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki alasan tersendiri untuk membayarkan bonus kinerja kepada karyawannya. Tujuan dari insentif  ditawarkan adalah berikut ini.

Apresiasi Terhadap Karyawan di Luar Tugasnya

Alasan pertama perusahaan menawarkan insentif adalah untuk membuat karyawan mereka melakukan hal-hal di luar pekerjaannya. Karyawan dengan prestasi yang melebihi tujuan perusahaan biasanya menerima bonus kinerja. Inilah yang dilakukan sebagai pengakuan atas kinerja bisnis.

Karyawan Mengikuti Kegiatan Pelatihan

Dalam rangka meningkatkan kapasitasa karyawannya, perusahaan biasanya mengirimkan ebberapa delegasi karyawan untuk mengikuti kursus-kursus pelatihan.

Karyawan Menjadi Perwakilan Bisnis dalam Suatu Kegiatan

Tujuan lain dari pemberian dana insentif perusahaan adalah untuk kompensasi, karena karyawan menjadi perwakilan perusahaan dalam sebuah kegiatan. Karyawan mendapatkan insentif agar karyawan perusahaan dengan lebih semangat dan menumbuhkan citra perusahaan pada suatu acara.

Karyawan Telah Melakukan Hal Penting Bagi Keselamatan Bisnis

Karyawan yang telah melakukan hal-hal penting untuk menjaga keamanan perusahaan juga diberikan insentif untuk berterima kasih kepada perusahaan atas upayanya membawa bisnis perusahaan ke posisi yang stabil.

Manfaat Insentif bagi Karyawan dan Perusahaaan

Manfaat Insentif bagi Karyawan

Dari sudut pandang karyawan, adapun manfaat insentif adalah berikut ini.

Motivasi Kerja Meningkat

Pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan sangat signifikan dengan adanya motivasi dan semangat kerja karyawan yang menerima dana insentif akan mencapai semangat kerja yang lebih tinggi dan akan melakukan yang terbaik untuk perusahaan.

Menerima Pendapatan Selain Gaji

Keuntungan lain dari insentif adalah bahwa karyawan menerima penghasilan tambahan di atas gaji mereka. Hal ini tentunya dapat meningkatkan pendapatan dan dimanfaatkan oleh karyawan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Menumbuhkan Rasa Dihargai

Prestasi karyawan berdasarkan hasil jerih payah dan kerja kerasnya untuk memajukan perusahaan lebih dihargai melalui pemberian insentif. Insentif merupakan tanda terima kasih perusahaan atas kinerja karyawannya. Karena komitmen karyawan diukur secara kualitatif dan kuantitatif dengan insentif.

Manfaat Insentif bagi Perusahaan

Bagi perusahaan, adapun beberapa manfaat insentif diberikan kepada karyawan yaitu:

Meningkatkan Kinerja Karyawan

Insentif adalah peningkatan motivasi yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Pemberian insentif diharapkan dapat mendorong kinerja karyawan yang lebih baik sehingga mempengaruhi kemajuan perusahaan.

Karyawan Lebih Menghormati Pemimpin

Manfaat lain bagi perusahaan yang menawarkan insentif adalah karyawan akan lebih menghormati pemimpinan. Uang insentif membantu karyawan merasa dihargai dan meningkatkan rasa hormat mereka terhadap manajemen.

Rasa memiliki karyawan terhadap perusahaan meningkat

Mengevaluasi prestasi dan upaya karyawan dengan insentif berarti karyawan memiliki rasa memiliki yang kuat.

Turnover Karyawan Rendah

Adanya dana insentif membuat karyawan merasa lebih aman di perusahaan, yang pada akhirnya menurunkan turnover dan mempertahankan lebih banyak karyawan di perusahaan.

Karyawan yang Bersedia Bekerja di Luar Tugasnya

Selain itu, insentif bagi perusahaan mendapat manfaat dari karyawan yang bersedia melakukan pekerjaan di luar tugasnya mereka. Ketika karyawan menerima insentif, itu menambah apresiasi dan dorongan untuk bekerja keras bagi perusahaan.

Jenis-Jenis Insentif Karyawan

Perusahaan yang berbeda menawarkan insentif secara berbeda. Jenis insentif meliputi:

Insentif Finansial

Insentif finansial adalah jenis insentif yang ditawarkan perusahaan dalam bentuk digital dan tunai. Bonus kinerja dibayarkan di samping gaji. Karyawan biasanya menerimanya bersama dengan slip gaji mereka.

Insentif Non-finansial

Insentif non-finansial adalah jenis insentif bisnis nonmoneter, biasanya perumahan, mobil, pendidikan, asuransi kesehatan, dana pensiun, dll.

Insentif Sosial

Insentif sosial adalah bentuk insentif yang jarang disadari oleh karyawan. Contoh dari jenis insentif ini termasuk membangun hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja, pemimpin perusahaan, dan pelanggan.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again