1. DScovery

Intrpretasi Adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Interpretasi adalah cara menjelaskan sesuatu. Tetapi interpretasi lebih dari sekedar menjelaskan karena memiliki tafsiran, gambaran, dan pemahaman tertentu.

Istilah interpretasi barangkali tidak asing di telingamu atau mungkin Kamu pernah mempraktikkan interpretasi itu sendiri. Bahkan salah satu pekerjaan yang biasanya melibatkan interpretasi adalah menjadi penerjemah. Ketika Kamu ingin menerjemahkan sebuah karya, Kamu akan menafsirkannya dan kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa tertentu.

Proses penerjemahan dilakukan agar suatu bahasa asing dapat dijelaskan dengan baik dalam bahasa lain. Tujuannya agar maksud kalimat aslinya tetap sama.
Perhatikan bahwa proses interpretasi tidak hanya berlaku untuk dunia penulisan, tetapi juga untuk bidang lain. Jadi apa arti dari interpretasi itu sendiri? Untuk menghindari kebingungan, harap perhatikan penjelasan berikut

Pengertian Interpretasi

Interpretasi adalah pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu; tafsiran. Sementara interpretasi menurut para ahli mengutip dari buku Teori Interpretasi Paul Ricoeur karya Masykur Wahida, Sumaryono menjelaskan interpretasi merupakan usaha untuk membongkar makna-makna yang masih terselubung atau sebuah usaha untuk membuka lipatan dari tingkat-tingkat makna yang terkandung di dalam kesustraan.

Secara umum interpretasi berarti suatu teori atau filsafat yang menjelaskan penafsiran tentang sesuatu. Interpretasi disebut juga hermeneutika. Kata itu berasal dari kata kerja Yunani hermeneuein, yang berarti menafsirkan, menafsirkan, atau menerjemahkan. 

Pada dasarnya, interpretasi terkandung dalam struktur teks eksplanasi. Struktur teks eksplanasi terdiri dari beberapa pernyataan umum tentang topik yang menggambarkan proses.

Interpretasi biasanya digunakan untuk menerjemahkan informasi tertentu dari bentuk tidak tertulis atau secara lisan sebagai informasi. Misalnya, ketika peneliti menemukan catatan kuno di media batu yang diukir dan biasanya terdapat simbol-simbol untuk ditafsirkan oleh para peneliti agar orang-orang dapat memahami makna dan maksudnya.

Kesimpulannya bahwa interpretasi disebut dengan proses seseorang menerjemahkan sesuatu sehingga mampu meningkatkan pemahaman. Berfungsi agar meminimalisir ketidaksesuaian suatu arti atau makna. 

Tujuan Interpretasi

Kita sudah mengenal apa itu interpretasi. Tentu kita perlu mengetahui apa tujuan dari interpretasi itu sendiri. Sehingga memudahkan kita dalam melakukan interpretasi pada penelitian atau menjelaskan sesuatu ke depannya.

Berikut kami rangkum beberapa tujuan dari interpretasi, diantaranya:

  1. Meningkatkan pemahaman dan kesadaran
  2. Meminimalisir salah tafsir
  3. Mengkomunikasikan pesan yang dimaksud
  4. Memberikan dampak terhadap perilaku orang
  5. Mendorong penggunaan sebuah data

Jenis Interpretasi

Interpretasi adalah transfer informasi dari bahasa sumber ke bahasa target. Proses penyampaian informasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan tergantung pada kebutuhan pembicara dan pendengar. Berikut jenis-jenis interpretasi secara umum.

Interpretasi Cerpen

Jenis interpretasi yang pertama adalah interpretasi cerita pendek. Yaitu, proses menafsirkan atau menjelaskan sekumpulan makna dari cerpen (cerita pendek). Cerita pendek yang dapat menggambarkan situasi kehidupan nyata yang diciptakan oleh seseorang.

Misalnya membangun karakter kaya, maka perlu menjelaskan kebiasaan karakter sesuai dengan kondisi masyarakat ekonomi atas.

Interpretasi Citra

Jenis kedua adalah interpretasi citra. Artinya, kegiatan menganalisis gambar atau foto yang dihasilkan oleh perangkat tertentu  untuk identifikasi objek dan perannya.

Dalam prakteknya, interpretasi citra dilakukan dengan penginderaan jauh dengan menggunakan alat khusus. Memungkinkan untuk mendapatkan rentang warna, bentuk, dan sebagainya dari hasil pengamatan oleh alat citra khusus tadi.

Interpretasi Sejarah

Interpretasi sejarah dapat didefinisikan sebagai kegiatan penafsiran yang menggabungkan data sejarah dengan cara yang mengarah pada subjektivitas. Secara umum, analisis peninggalan sejarah menghasilkan banyak bentuk, citra, simbol, dan bentuk berbagai media.

Misalnya, ketika para arkeolog menemukan gua, mereka menemukan beberapa gambar dan simbol di area dinding gua. Tentu saja, lukisan itu dibuat untuk maksud atau tujuan tertentu. Misalnya untuk menggambarkan adat istiadat yang dimiliki masyarakat pada masa itu.

Interpretasi itu dilakukan untuk menafsirkan rangkaian gambar dan simbol tersebut agar dapat dikomunikasikan dalam bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat luas. Hasil dari interpretasi sejarah adalah ditemukannya bukti sejarah yang lengkap yang mengandung informasi yang dimiliki oleh bukti sejarah tersebut.

Interpretasi Alam

Interpretasi keempat adalah interpretasi alam, yang melibatkan penafsiran dan gambaran situasi langsung atau pemandangan alam. Misalnya, jika seseorang melihat langit, orang tersebut dapat menafsirkan apa yang dilihatnya di langit.

Misalnya dengan menentukan bentuk awan, bisa diartikan menyerupai bentuk tertentu yang cukup familiar.

Interpretasi Data

Kelima, interpretasi data yang merupakan bentuk kegiatan yang melibatkan penggabungan hasil analisis dengan jenis pertanyaan yang berbeda dengan kriteria yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Sehingga dalam suatu aktivitas atau kegiatan tertentu seseorang mendapatkan datanya. 

Misalnya, jika seorang peneliti melakukan penelitian yang menimbulkan pertanyaan tentang apa yang menyebabkan kemiskinan di suatu daerah tertentu, orang tersebut akan melakukan investigasi penyebab.

Ketika para peneliti sudah mendapatkan data tersebut lalu diinterpretasikan maka akan diketahui akar sebab kemiskinan di daerah yang diteliti.

Interpretasi Musik

Interpretasi juga bisa dilakukan pada musik, jadi menginterpretasikan musik adalah proses mencari tahu apa yang dimaksud oleh penciptanya. Bagi yang suka musik, interpretasi digunakan untuk mengetahui perasaan yang dirasakan pencipta musik saat membuat musik.

Interpretasi Peta

Interpretasi peta adalah jenis interpretasi yang terakhir. Interpretasi peta dapat diartikan sebagai proses membaca peta dengan menafsirkan atau menginterpretasikan isi peta dengan menggunakan simbol-simbol yang tertulis.

Sehingga ketika seseorang melihat peta seperti Google Maps, maka mereka dapat melihat beberapa simbol. Simbol pada peta memiliki arti yang berbeda, seperti supermarket, pompa bensin, dan lain-lain.

Contoh Interpretasi

Contoh Interpretasi Lukisan 

Lukisan adalah objek interpretasi agar masyarakat umum dapat memahami maksud dan tujuan pelukisnya.

Pelukis yang mampu mengekspresikan emosinya melalui lukisannya tidak selalu menggambarkan secara detail apa yang ingin dilukisnya. Di sisi lain, sebagian orang lebih menyukai gambar abstrak yang maknanya tidak mudah dipahami oleh semua orang.

Oleh karena itu, lukisan digunakan sebagai objek interpretasi, agar publik dapat memahami maksud dan tujuan penciptanya.

Contoh Interpretasi Cerpen 

Interpretasi cerpen membantu seseorang memahami cerita secara lebih detail.

Pengarang atau penulis cerpen membuat interpretasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk menggambarkan tokoh-tokoh dalam cerita tersebut. Misalnya, kami akan menjelaskan karakteristik karakter melalui hubungan antar karakter untuk setiap adegan.

Interpretasi demikian memberikan gambaran tentang apa yang mereka baca tentang karakter tokoh tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman melalui interpretasi.

Contoh Interpretasi Menggunakan Isyarat

Ini terjadi ketika Rachel Shenton memenangkan Oscar untuk film Silent Child. Film ini bercerita tentang seorang gadis tuli yang menggunakan bahasa isyarat untuk memperjuangkan kelangsungan hidupnya.

Menurut alur cerita film tersebut, Shenton memberikan pidato penghargaannya secara lisan dan menerjemahkan pidato tersebut ke dalam bahasa isyarat untuk penyandang tunarungu.

Begitulah penjelasan tentang interpretasi yakni deskripsi makna sesuatu. Maka tidak heran jika interpretasi juga terdapat pada salah satu struktur teks eksplanasi (deskripsi). Demikian penjelasan tentang makna interpretasi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again