10 February 2015

by Aditya Daniel

iOS 8.2 dan 8.3 Versi Beta Hadir untuk Para Pengembang, iOS 8.4 Siap Menyusul

Salah satu keuntungan dalam menggunakan perangkat iOS adalah Apple selalu menghadirkan update yang konsisten untuk sistem operasi mobile-nya. Kini mereka tengah menguji coba iOS 8.2 versi beta kelima pada para pengembang.

iOS 8.2 sendiri menurut rumor akan dirilis pada bulan Maret mendatang menjelang peluncuran Apple Watch kepada publik.

iOS 8.2 versi beta kelima yang diujicoba kepada para pengembang ini nantinya akan menjadi versi iOS untuk mendukung varian produk terbaru dari Apple, Apple Watch yang menurut Tim Cook akan mulai dikirimkan pada bulan April meski tanpa menyebutkan tanggal pasti peluncurannya.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Restart iPhone Tanpa Menggunakan Tombol Power

 

iOS 8.2 tak sendirian, di saat yang bersamaan, Apple juga tengah merilis iOS 8.3 dan Xcode 6.3 dengan Swift 1.2 kepada para pengembang terdaftar. Menurut kabar, iOS 8.3 membawa fitur wireless Carplay, dukungan Apple Pay untuk Tiongkok serta perbaikan login ke sebuah akun Google. Sejalan dengan OS X Yosemite 10.10.3 versi beta, iOS 8.3 beta juga menghadirkan perbaikan dalam pemilihan emoji serta penambahan beberapa ikon.

Tak berhenti sampai di situ, ternyata Apple juga sudah mulai menggarap iOS 8.4. Menurut pantauan statistik dari MacRumors, terdapat beberapa pengunjung yang mengakses situs tersebut dengan menggunakan sistem operasi iOS 8.4. Meski jumlah pengakses yang didapat relatif sedikit baik itu dari alamat IP milik Apple atau non-Apple, ini menunjukkan bahwa Apple sudah mulai dalam tahap awal menggarap iOS 8.4.

iOS 8.4 dipercaya akan dibekali dengan layanan streaming musik dari Apple. Menurut rumor, Apple akan melakukan rebranding dari layanan musik Beats yang telah diakuisisi tahun lalu. Rebranding yang dilakukan Apple akan menghadirkan harga layanan yang lebih murah atau setidaknya mampu bersaing dengan layanan sejenis serta terintegrasi dengan aplikasi musik pada iOS dan OS X.

 

Info Menarik: Tips Menonaktifkan Update Otomatis Pada OS X Dan iOS

 

iOS 8.4 dengan codename Copper diperkirakan akan rilis setelah peluncuran Apple Watch atau bisa saja mendekati World Wide Developer Conference di kisaran bulan Juni, mengingat iOS 8.2 dan 8.3 kini sedang diujicobak kepada para pengembang.

Semua engineer yang berada dalam Apple nampaknya sedang bekerja keras untuk menghadirkan fitur-fitur terbaru serta dukungan terhadap Carplay ataupun Apple Watch pada iOS, sebelum mereka akan beralih mengerjakan iOS 9.

Sumber: MacRumors | 9To5Mac.