1. Startup

Jangkauan QRIS akan Bertambah ke Vietnam

BI resmikan kerja sama dengan State Bank of Vietnam, terkait implementasi konektivitas QR dan fast payment antarnegara

Bank Indonesia (BI) secara resmi mengumumkan telah menandatangani amandemen Nota Kesepahaman dengan State Bank of Vietnam (SBV). Kerja sama ini juga merupakan inisiator Kerja Sama Konektivitas Pembayaran Kawasan.

Bergabungnya SBV dalam kerja sama tersebut merupakan upaya perluasan dari upaya konektivitas pembayaran yang sebelumnya juga sudah diinisiasi bersama Bank Negara Malaysia (Malaysia), Bangko Sentral ng Pilipinas (Filipina), Monetary Authority of Singapore (Singapura), dan Bank of Thailand (Thailand). Dengan harapan memudahkan transaksi pembayaran cross-border antarnegara di Asia Tenggara.

Perluas layanan finansial regional

Ke depannya nota kesepahaman tersebut juga akan memayungi berbagai bentuk kerja sama, termasuk konektivitas QR dan fast payment antarnegara, sehingga transaksi diharapkan dapat dilakukan dengan lebih mudah, nyaman, dan terjangkau. Kemitraan tersebut juga berpotensi membuka akses pasar bagi para pelaku usaha Indonesia ke kawasan.

Dilansir dari NikkeiAsia, Filipina dan Brunei akan turut bergabung dalam sistem pembayaran QR Code di Asia Tenggara, yang saling terhubung dan bertujuan untuk mempromosikan penggunaan mata uang lokal dan mengurangi ketergantungan terhadap dolar Amerika Serikat.

Kerja sama ini diharapkan oleh kedua pihak dapat mendukung pemulihan ekonomi pasca-pandemi dan memfasilitasi kegiatan ekonomi masyarakat ASEAN, termasuk pada sektor pariwisata dan jasa lainnya. Ke depannya, penguatan konektivitas sistem pembayaran diharapkan dapat memberikan insentif untuk meningkatkan perdagangan dan remitansi di kawasan.

Perluasan Kerja Sama Konektivitas Sistem Pembayaran Kawasan merupakan tindak lanjut dari mandat Pertemuan Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan ASEAN ke-9, serta menjadi salah satu capaian prioritas Keketuaan Indonesia dalam ASEAN tahun 2023.

Penerapan QR Code antarnegara

Pembayaran QRIS merupakan inisiatif terobosan dari pemerintah Indonesia dan sektor keuangannya untuk melakukan standarisasi dan menyederhanakan transaksi digital. Diluncurkan pada tahun 2019, QRIS bertujuan untuk menyatukan berbagai platform pembayaran ke dalam sistem tunggal yang interoperabel, dapat diakses oleh bisnis dan konsumen. Langkah ini sejalan dengan upaya Indonesia untuk menerapkan transaksi tanpa uang tunai, mendorong inklusi keuangan digital dan kenyamanan.

Thailand menjadi negara pertama untuk Bank Indonesia meresmikan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP). Sekaligus uji coba sandbox QRIS dengan Thailand (Thai QR Payment) yang disebut QRIS Antarnegara.

More Coverage:

Indonesia juga telah mengembangkan fitur QRIS dengan Singapura. QRIS antarnegara ini sendiri masuk ke dalam bagian SNAP yang ditetapkan BI menyatukan berbagai layanan transaksi di Indonesia ke dalam satu sistem. Pengimplementasian SNAP merupakan salah satu tahapan penting dalam rangka mengakselerasi open banking di area sistem pembayaran.

Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia (BNM) juga telah meresmikan kerja sama strategis untuk interkoneksi pembayaran lintas negara dengan menggunakan QR Code bulan Mei 2023 lalu. Masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Malaysia dapat memindai QR Cross Border atau DuitNow QR Code, baik di merchant offline maupun online. Saat ini, DANA menjadi platform dompet digital pertama untuk bisa bertransaksi dengan QRIS di Malaysia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again