1. Startup

Jual Beli Musik Indie di PasarMusik

Salah satu keunggulan negara kita dibandingkan negara-negara tetangga adalah generasi kreatif terutama di bidang musik. Sampai-sampai negara tetangga harus membuat peraturan agar musik Indonesia tidak merajalela di negara mereka, sebegitu hebatnya musisi kita! Musisi yang besar-pun banyak yang berasal dari musisi indie, underground, yang tidak didukung oleh label besar.

Hal inilah yang dilihat oleh PasarMusik.com sebagai target audience yang sangat potensial dan harus diberi eksposure lebih. PasarMusik yang berbasis di Surabaya ini juga me-review dan membantu mempromosikan band-band indie yang bergabung.

Lebih dari sekadar wadah bagi musisi, PasarMusik adalah tempat bertemunya peminat, penikmat, dan pelaku musik. Berpijak pada perspektif tersebut, pasarmusik mencoba mengaplikasikan ide ini dalam bentuk media paling simple dan efektif, yaitu web. Di mana aktivitas berbagi dan interaksi informasi terjadi dengan tujuan mendongkrak kembali semangat musisi kita agar menciptakan karya berkualitas. pasarmusik juga menyajikan berita terbaru dan peristiwa menarik seputar musisi dalam maupun luar negeri.

Band-band indie yang bergabung juga bisa menghasilkan uang lewat PasarMusik dengan menjual lagu mereka untuk dibeli oleh penikmat musik. Lagu-lagu dan RBT yang dijual rata-rata dibandroll seharga Rp.6000,-, namun entah kenapa saya agak kesulitan melakukan pembelian lagu. Sepertinya masalah teknis.

Satu hal yang saya sukai dari situs ini selain designnya yang keren, konsep yang diusung juga sepertinya cukup solid dan business plan yang cukup jelas. Dengan produk yang kurang lebih sudah mapan, tinggal bagaimana effort untuk pemasaran saja yang akan menentukan lepas landasnya PasarMusik.com.

Kalau saja PasarMusik.com bisa berpartner dengan media yang lebih besar tentu akan menjadi keuntungan tersendiri terutama bagi para musisi indie. Selain itu sistem pembayaran yang masih konvensional agaknya menyulitkan, terutama jika saya harus men-transfer uang sebesar Rp. 6600,-via ATM. Kalau saja ada jalur distribusi yang lebih sederhana, mungkin bekerjasama dengan provider telco untuk membantu pembayaran menggunakan pulsa, tentu akan sangat nikmat jadinya.

Coba anda mampir ke PasarMusik.com lalu sampaikan pendapat dan analisa anda di kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again