28 August 2013

by Bambang Winarso

Juniper Research Perkirakan 36 Juta Jam Tangan Pintar Terjual di 2018, Apple dan Samsung Jadi Kunci Utama

Juniper Research baru-baru ini mempublikasikan sebuah laporan prediksi penjualan dan tren jam tangan pintar dalam 5 tahun ke depan.

Dalam laporan tersebut Juniper Research memprediksikan akan ada peningkatan penjualan dari 1 juta ke 36 juta unit jam tangan pintar di tahun 2018 di mana Apple dan Samsung akan menjadi 2 produsen yang memiliki peranan penting dalam mendorong perkembangan teknologi ini.

Masalahnya angka pertumbuhan sebesar 3600% tersebut terlalu tinggi jika dibandingkan dengan potensi pengguna yang tercatat saat ini, terlebih Juniper Research juga memprediksi akan ada tambahan 170 aksesoris smartphone baru yang menyasar kategori pengamat kesehatan seperti FitBit.

Dalam laporannya Juniper Research menyarankan dua jenis jam tangan pintar yang bakal laris di pasaran yaitu konsol dan multi fungsi, kedua tipe tersebut nantinya menjadi dua relung pasar yang paling potensial seperti halnya tablet dan smartphone, di mana Apple dan Samsung diprediksi sebagai pemegang anak kunci di industri ini karena keduanya dinilai memiliki tingkat adaptasi yang lebih baik sehingga meningkatkan kesadaran dan benefit ke produsen jam tangan pintar yang sudah ada di sisi adopsi teknologi.

Juniper Research melabeli tipe jam tangan pintar multi fungsi sebagai perangkat premium yang akan menjadi pembeda dibandingkan jam tangan pintar Pebble atau Sony Smartwatch.

Tipe multifungsi nantinya memiliki beberapa kemampuan tambahan seperti sport tracking, aktifitas olahraga dan layanan pemesanan tiket yang tidak akan ditemukan di tipe jam tangan pintar konsol. Sehingga dari sisi konsistensi harga, jam tangan multifungsi akan bertahan lebih lama sedangkan tipe konsol kemungkinan akan semakin murah seiring waktu.

Teknologi jam tangan pintar memang kian berkembang meskipun sejauh ini saya hanya melihat pola perpindahan teknologi tablet dan smartphone ke lengan kita. Coba sobat perhatikan kembali, sejak peluncuran SPOTWatch di tahun 2004 belum ada teknologi orisinil yang berbasis jam tangan murni selain pesan singkat, perkiraan cuaca, berita dan Radio FM yang notabene sudah ada di perangkat mobile.

Informasi tambahan. Samsung akan memperkenalkan jam tangan pintar - Galaxy Gear tanggal 4 September 2013.

Sumber berita PhonearenaGambar header: Georgejmclittle/Shutterstock.