1. DScovery

Kalimat Utama adalah: Definisi, Ciri, Struktur dan Contohnya

Jika suatu paragraf tidak memiliki kalimat utama, maka dapat dikatakan paragraf tersebut tidak baik dan menimbulkan kebingungan

Pernahkah kamu membaca artikel panjang yang berisi informasi yang penulis sampaikan dengan tujuan tertentu?

Sebuah artikel biasanya terdiri dari beberapa kalimat yang dikelompokkan menjadi beberapa paragraf yang masing-masing berisi informasi penting untuk diperhatikan oleh pembaca. Ada beberapa poin penting dalam  yang harus dipelajari kamu dengan cermat.

Hal-hal tersebut merujuk pada adanya sebuah kalimat yang berisi gagasan utama dan beberapa kalimat yang menggambarkan kelanjutan dari soal tersebut. Sebagai gagasan utama, kalimat utama merupakan inti dari tulisan.

Definisi Kalimat Utama

Dilihat dari asal kata, kalimat utama adalah kalimat yang berisi penggalan cerita atau intisari paragraf yang memuat keseluruhan isi. Isinya adalah gagasan utama, gagasan utama, gagasan utama, gagasan utama atau gagasan utama.

Kalimat utama sebuah paragraf biasanya hanya terdiri dari satu kalimat. Karena berisi seluruh isi cerita, itu bersifat umum. Jika seseorang tahu di mana kalimat utamanya, mereka tahu persis apa yang ingin disampaikan dalam tulisan tersebut.

Jika suatu paragraf tidak memiliki kalimat utama, maka dapat dikatakan paragraf tersebut tidak baik dan menimbulkan kebingungan. Dalam kalimat utama memicu kalimat lain yang memberikan penjelasan lebih rinci tentang informasi tertentu.

Keberadaannya menjadi penting karena dapat dijadikan dasar untuk mengembangkan kalimat berikutnya, yaitu kalimat penjelas atau kalimat khusus.

Materi ini biasanya terdapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan cukup penting karena juga biasanya diujikan untuk tes tertentu. Beberapa tes yang disebutkan adalah ujian nasional atau tes kemampuan dasar untuk seleksi CASN (Calon Aparatur Sipil Negara).

Ciri-ciri Kalimat Utama

Berikut ini beberapa ciri dari kalimat utama yang harus kamu pahami agar dengan mudah mengidentifikasinya.

Harus Berdiri Sendiri

Sebuah kalimat dapat disebut kalimat utama jika ada hubungannya dengan kalimat yang mendahului atau mengikutinya. Dengan kata lain, tidak ada konjungsi seperti ini, itu, itu, dll. Konjungsi antar kalimat juga tidak khas seperti sebaliknya, kecuali antara dan seterusnya.

Namun pada beberapa konjungsi antar kalimat berikut ini ditempatkan pada induk kalimat untuk menunjukkan sebuah kesimpulan yaitu; oleh karena itu, dan dengan demikian.

Jadi, tidak selalu konjungsi antar kalimat bukan sebagai ciri-ciri kalimat utama.

Didalamnya juga terdapat pokok pikiran atau inti permasalahan yang jelas tanpa memerlukan kalimat lanjutan. Justru kalimat utama merupakan jembatan untuk mengembangkan kalimat penjelasan yang lebih rinci untuk dijabarkan.

Sehingga keberadaan kalimat penjelas yang letaknya di belakang. Kalimat penjelas sebenarnya melengkapi kalimat utama, meskipun tanpa kalimat penjelas tidak ada masalah. Namun, kalimat penjelas tidak dapat berdiri sendiri, karena harus terhubung dengan kalimat lain.

Bersifat Umum

Isi yang disampaikan dari kalimat utama berisi informasi umum. Ini juga berisi masalah atau ide yang dapat dijelaskan secara lebih rinci atau mendalam pada bagian berikut. Karena ini adalah hal-hal umum, contoh, fakta, informasi, deskripsi, atau pendapat bukanlah poin-poin dalam kalimat utama.

Memuat Permasalahan atau Ide Tertentu

Kalimat utama adalah pengantar cerita, yang berisi masalah atau ide yang disampaikan oleh penulis. Dengan adanya permasalahan yang muncul, ada pengembangan lebih lanjut yang menjelaskan permasalahan tersebut dalam kalimat penjelas. Letaknya ada di bagian lain dalam paragraf yang dimaksud.

Cara Mencari Kalimat Utama

Kemudian bagaimana cara agar kita dapat menentukan mana kalimat utama dengan jelas pada sebuah tulisan yang kita baca. Simak penjelasannya berikut ini.

Temukan Kunci Utama

Kunci yang harus kamu temukan ketika mencari sebuah kalimat utama ada dalam kalimat itu sendiri. Apabila menemukan frasa yang berisi petunjuk, maka dapat dipastikan bahwa kalimat tersebut bukan berposisi sebagai kalimat utama.

Frasa itu merupakan penjelasan dari inti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya. Teknik terpenting yang bisa kamu gunakan adalah cermat dalam membaca setiap bagian agar lebih mudah dalam mencarinya.

Cari Kalimat Penjelasan

Seperti namanya, kalimat utama mengandung ide utama atau gagasan utama yang artinya dapat berdiri sendiri. Perhatikan keberadaannya setelah kalimat pertama dan sebelum kalimat terakhir dalam penggalan paragraf.

Jika ternyata ada penjelasan setelah kalimat pertama, kemungkinan itu adalah kalimat utama. Sebaliknya, jika ada penjelasan tentang hal-hal tertentu di awal paragraf, kalimat utama ada di akhir.

Perhatikan Rujukan pada kalimat Penjelasan

Kata rujukan menjadi cara lain untuk menemukan mana inti sebuah cerita dalam suatu paragraf. Apabila terdapat rujukan, perhatikan asal rujukan yang dimaksud yang mungkin menunjukkan keberadaan atau letak dari kalimat utama.

Rujukan sebagaimana yang dimaksud biasanya ada pada bagian awal atau bagian akhir kalimat.

Perbedaan Kalimat Utama

Dilihat dari perbedaannya, kalimat utama terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran.

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di posisi awal atau di depan. Karena bersifat induktif, maka pola informasi yang disampaikan yaitu dari hal-hal yang bersifat umum menuju hal-hal yang bersifat khusus.

Pada awal paragraf, kalimat utama berperan sebagai unsur yang umum sedangkan unsur khusus ada di bagian kalimat penjelasnya. Kalimat penjelas disini biasanya berisi informasi seputar contoh, bukti, fakta, atau rincian-rincian.

Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah kebalikan dari paragraf deduktif, yaitu kalimat utama justru berada di bagian akhir atau di bagian belakang paragraf. Pola informasi yang disampaikan pun juga terbalik, yaitu dari hal-hal yang bersifat khusus menuju hal-hal yang bersifat umum.

Awal paragraf bukan berperan sebagai kalimat utama, namun sebagai kalimat penjelas karena memuat sifat khusus. Di akhir paragraf, kalimat utamanya memuat sifat umum yang sebelumnya telah disampaikan di awal-awal.

Karena berada di akhir, kalimat utama di paragraf induktif biasanya merupakan sebuah simpulan dari suatu pembahasan pada awal kalimat.

Perkembangan paragraf induktif menjadi bervariasi karena dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu pola kausal, pola generalisasi, dan pola analogis. Model sebab-akibat berarti kalimat tersebut mengandung informasi tentang sebab dan akibat mengapa sesuatu dapat terjadi.

Model generalisasi berarti gambaran umum yang dijelaskan dalam pengolahan paragraf yang mengandung informasi tertentu. Meskipun model analogis adalah salah satu paragraf berisi informasi yang mewakili perbandingan sesuatu.

Paragraf Campuran

Selain bersifat deduktif dan induktif, sebuah paragraf bisa bersifat campuran. Adapun bersifat campuran yaitu perpaduan antara paragraf deduktif dan paragraf induktif.

Karena campuran, maka kalimat utama ada dua, yang pertama berada di awal paragraf dan kedua berada di akhir. Pola yang dibentuk juga merupakan perpaduan keduanya, yaitu dari umum menjadi khusus dan menjadi umum lagi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again