1. DScovery

Kata Pengantar Makalah: Cara Membuat dan Contohnya, Pemula Harus Tahu!

Kita memang tidak bisa mengesampingkan kata pengantar sebuah makalah karena akan menyangkut minat baca pembaca terhadap karya tulismu.

Kata pengantar makalah dan berbagai karya lain adalah bagian penting dari sebuah tulisan. Bagi mahasiswa dan peneliti yang sering menulis makalah, contoh gambaran kata pengantar sangat penting untuk referensi.

Kata pengantar adalah salah satu bagian pengantar esai. Kata pengantar ini terdiri dari beberapa bagian penting seperti pendahuluan, tubuh dan kesimpulan.

Karena kata pengantar ada di awal karya, kata pengantar ini berfungsi untuk memandu pembaca pada deskripsi yang terkandung dalam karya tulis. Secara umum, kata pengantar memberikan gambaran tentang karya tulis dan berfungsi untuk membangkitkan minat pembaca dalam membaca karya tulis.

Untuk menulis kata pengantar yang baik dan benar, penulis perlu memahami struktur pendahuluan dan mengetahui cara menulis pendahuluan. Kamu juga perlu mengetahui contoh kata pengantar yang menarik.

Lalu apa itu kata pengantar? Kata pengantar merupakan ungkapan rasa terima kasih dari penulis. Kata pengantar ada di awal dan juga memuat isi lengkap dari laporan, proposal atau makalah yang sedang penulis susun.

Fungsi Kata Pengantar Makalah

Tentunya, kata pengantar tidak hanya berisi ucapan rasa syukur dan terima kasih saja. Namun, juga memberikan gambaran tentang karya untuk meningkatkan minat pembaca.

Dengan cara ini, kata pengantar dapat menarik perhatian pembaca dan membuat mereka semakin tertarik untuk melihat tentang apa yang dituliskan penulis. Semakin menarik tulisan penulis, semakin besar kemungkinan untuk membangkitkan rasa penasaran pembaca.

Cara Membuat Pengantar Makalah

Kalau begitu bagaimana caranya membuat kata pengantar? Untuk membuatnya pertama-tama kita perlu mengetahui strukturnya. Dengan begitu, kamu akan tahu apa yang harus ditulis saat mempresentasikan makalah, laporan, proposal, dan karya tulis lainnya.

  1. Pembukaan

Bagian pertama pendahuluan terdapat pada paragraf pertama dan kedua. Bagian pembuka berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dilanjutkan dengan ucapan syukur kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan karya tulis tersebut.

  1. Isi

Isi kata pengantar terdiri dari judul karya dan sinopsis singkat karya. Deskripsi singkat tentang karya tersebut harus mendorong pembaca untuk terus membaca. Apabila terlalu banyak detail dan terlalu panjang untuk isi karyamu nanti akan berisiko membuat pembaca enggan melanjutkan membaca.

  1. Penutup

Bagian terakhir dari kata pengantar adalah permintaan maaf dan kesediaan penulis untuk menerima saran dan kritik yang membangun di masa mendatang. Bagian ini juga memungkinkan penulis untuk mengungkapkan harapan mereka untuk pekerjaan yang sedang berjalan dan masa depan.

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik

Sekarang kita tahu apa itu kata pengantar, mari sekarang lanjut mempelajari lebih dalam tentang strukturnya menggunakan contoh istilah pengantar dari makalah berikut.

Lihat sekilas contoh kata pengantar yang baik dan benar di atas kertas dengan ejaan yang berbeda di bawah ini!

Tangkapan layar / AcademiaEdu

Begitulah ulasan mengenai kata pengantar makalah yang sudah dijabarkan pada artikel ini. Semoga tulisan ini dapat membantumu membuat kata pengantar makalah yang baik pada karya tulismu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again