1. DScovery

Kebutuhan Primer: Pengertian serta Perbedaannya dengan Sekunder dan Tersier

Kebutuhan primer wajib dipenuhi karena terkait dengan keberlangsungan hidup manusia.

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menunjang kehidupannya. Kebutuhan tersebut biasa disebut sebagai kebutuhan primer atau kebutuhan pokok.

Lantas, apa yang dimaksud dengan kebutuhan primer dan apa saja jenis-jenisnya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian Kebutuhan Primer

Kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga, yakni kebutuhan primer atau kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama atau pokok yang diperlukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Kebutuhan primer memiliki sifat mendasar karena digunakan untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia. Oleh sebab itu, kebutuhan primer wajib dipenuhi, agar keberlangsungan hidup manusia tidak terganggu.

Kebutuhan primer terdiri atas sandang, pangan, dan papan. Dalam pemenuhannya, ketiga hal tersebut selalu dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Maka dari itu, kebutuhan primer akan meningkat seiring dengan perkembangan zaman.

Jenis-Jenis Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer terdiri atas tiga jenis yang wajib dipenuhi, yakni:

1. Sandang

Jenis kebutuhan primer yang pertama adalah sandang atau pakaian. Sebagai makhluk yang berbudaya, tentunya manusia memerlukan pakaian untuk menutup tubuhnya.

Pakaian tidak hanya berfungsi untuk menutup tubuh secara moral dan agama. Namun, secara biologis, pakaian juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca panas dan dingin.

Kini, pakaian tidak hanya berfungsi sebagai penutup dan pelindung tubuh saja. Dalam perkembangan ilmu psikologi, pakaian juga dianggap dapat memperlihatkan berbagai informasi dan kebiasaan seseorang, seperti status sosial, kepribadian, eksistensi diri, tujuan, aspirasi, dan aspek psikologis lainnya.

2. Pangan

Pangan merupakan makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Makanan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi, tidak hanya bagi manusia saja, tetapi juga bagi semua makhluk hidup.

Makanan berfungsi sebagai sumber nutrisi untuk kemudian diolah menjadi energi. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Apabila sumber kalori dalam makanan tidak tercukupi, maka manusia akan mengalami kelaparan. Kelaparan dapat mengakibatkan berbagai penyakit, seperti busung lapar karena kekurangan protein, anemia karena kekurangan zat besi, gondok karena kekurangan mineral, dan lain sebagainya.

3. Papan

Jenis kebutuhan primer yang terakhir adalah papan. Istilah papan biasa digunakan untuk merujuk kepada rumah atau tempat tinggal.

Selain bangunan rumah, tempat tinggal juga dapat berwujud sebagai tempat berteduh atau struktur lainnya yang digunakan manusia untuk bertahan dan melindungi diri dari panas dan hujan. Selain berfungsi untuk melindungi diri, rumah juga memiliki fungsi sosial sebagai tempat beraktivitas dan berkumpulnya keluarga.

Demikian penjelasan mengenai kebutuhan primer yang telah DailySocial.id rangkumkan untukmu. Semoga artikel ini beremanfaat untuk menambah wawasanmu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again