1. DScovery

Apa Itu Kebutuhan Sekunder? Pengertian, Contoh serta Perbedaannya dengan Primer dan Sekunder

Kebutuhan sekunder bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer telah terpenuhi.

Kebutuhan sekunder merupakan salah satu jenis kebutuhan manusia, selain kebutuhan primer dan kebutuhan tersier. Berbeda dengan kebutuhan primer yang harus dipenuhi, kebutuhan sekunder bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer telah terpenuhi.

Lantas, apa itu kebutuhan sekunder dan apa saja faktor yang memengaruhi serta contohnya?

Apa Itu Kebutuhan Sekunder?

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan pendukung yang dapat dipenuhi jika kebutuhan primer telah terpenuhi. Sekunder sendiri berasal dari bahasa Latin “secundus” yang artinya kedua.

Kebutuhan sekunder bersifat subjektif. Maksudnya, setiap orang memiliki kebutuhan sekunder yang berbeda-beda. Kebutuhan sekunder juga tidak akan memengaruhi keberlangsungan hidup meskipun jika tidak terpenuhi.

Meski begitu, kebutuhan sekunder yang tidak terpenuhi akan sedikit menganggu jalannya kehidupan seseorang. Sebab, kebtuhan ini terkait hal-hal yang bersifat psikologis, seperti kemandirian, pencapaian, dan juga pengasuhan.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Sekunder

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebutuhan sekunder bersifat subjektif. Setiap orang memiliki kebutuhan sekunder yang berbeda tergantung oleh faktor-faktor yang memengaruhinya.

Adapun beberapa faktor yang memengaruhi kebutuhan sekunder seseorang, antara lain:

1. Faktor Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor pertama yang memengaruhi kebutuhan sekunder seseorang. Seseorang yang tinggal di suatu lingkungan akan memiliki kebutuhan sekunder yang berbeda dengan seseorang di lingkungan lain.

2. Faktor Perkembangan Zaman dan Teknologi

Selain lingkungn, perkembangan zaman dan teknologi juga turut memengaruhi kebutuhan sekunder seseorang. Salah satu dampak perkembangan teknologi yang turut memengaruhi kebutuhan sekunder adalah penggunaan smartphone.

Jika dahulu smartphone masih dianggap sebagai kebutuhan tersier, berkat segala kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone membuatnya menjadi kebutuhan sekunder yang tidak harus dimiliki, namun akan menggangu jika tidak dimiliki.

3. Faktor Agama

Agama juga dapat dijadikan sebagai salah satu faktor yang memengaruhi kebutuhan sekunder. Sebagai contohnya adalah agama Islam yang membutuhkan seperangkat alat sholat untuk beribadah, tentunya berbeda dengan agama Kristen atau Hindu yang membutuhkan sesajen untuk melakukan ritual dalam beribadah.

4. Faktor Budaya

Sebagai masyarakat multuktural yang memiliki beraneka ragam budaya, tentunya setiap suku dan daerah memiliki perbedaan budaya masing-masing. Budaya juga dapat memengaruhi pola konsumsi masyarakatnya.

Contoh Kebutuhan Sekunder

Umumnya, kebutuhan sekunder dibagi menjadi dua, yakni kebutuhan jasmani dan rohani. Berikut adalah contoh kebutuhan sekunder baik jasmani maupun rohani.

1. Kebutuhan Sekunder Jasmani

Kebutuhan sekunder jasmani merupakan kebutuhan yang bisa dipenuhi untuk tubuh, seperti:

  • Alat elektronik (televisi, laptop, mesin cuci, kulkas, dan lain sebagainya)
  • Alat komunikasi (handphone)
  • Perlengkapan rumah tangga (kompor gas, oven, panci)
  • Kendaraan pribadi

2. Kebutuhan Sekunder Rohani

Kebutuhan sekunder rohani merupakan kebutuhan yang bisa dipenui untuk kesehatan mental dan pikiran, seperti:

  • Hiburan (bermain game, mendengarkan musik, menonton film, dan lain sebagainya)
  • Olahraga (membeli sepatu futsal, mendaftar kelas yoga, mendaftar kelas fitness)
  • Rekreasi (jalan-jalan ke tempat wisata, berkunjung ke museum, dan lain sebagainya)
  • Gaya hidup (hangout ke kafe, belanja online, mencoba gaya berpakaian terkini)

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai kebutuhan sekunder. Meski saat ini kebutuhan sekunder hampir tidak bisa dibedakan dengan kebutuhan primer, namun keduanya tetap harus dibedakan untuk memudahkanmu dalam mengatur skala prioritas kebutuhan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again