1. DScovery

Kebutuhan Tersier: Pengertian, Contoh dan Perbeedaan dengan Primer Sekunder

Kebutuhan tersier bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi.

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan tambahan bagi manusia. Kebutuhan tersier sering dianggap sama dengan kebutuhan sekunder, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Kebutuhan sekunder sifatnya tidak wajib, tapi apabila tidak dipenuhi akan sedikit mengganggu kehidupan manusia. Sementara, kebutuhan tersier tidak bersifat wajib, namun juga tidak akan mengganggu jika tidak terpenuhi.

Lantas, apa yang dimaksud dengan kebutuhan tersier dan apa saja faktor yang memengaruhi beserta contohnya?

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan tambahan yang dibutuhkan oleh manusia. Biasanya, kebutuhan tersier terkait dengan barang-barang bernilai tinggi yang dapat digunakan untuk meningkatkan citra diri.

Kebutuhan tersier memiliki nilai prestise, yang artinya akan meningkatkan status seseorang jika dimiliki atau digunakan. Karena sifatnya yang prestise ini, kebutuhan tersier hanya dapat dipenuhi oleh orang yang memiliki kemampuan, baik dalam segi ekonomi maupun status sosial.

Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Tersier

Sama seperti kebutuhan sekunder, kebutuhan tersier juga bersifat subjektif karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut, antara lain:

1. Tingkat Pendapatan

Tingkat pendapatan merupakan faktor utama yang memengaruhi kebutuhan tersier seseorang. Semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang, maka semakin banyak pula kebutuhan tersier yang ingin dipenuhi.

2. Tingkat Pendidikan

Latar belakang pendidikan juga dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi. Karena tingkat pendidikan berbanding lurus dengan pola pikir seseorang, di mana semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka orang tersebut juga akan semakin memahami apa yang dibutuhkannya.

3. Status Sosial

Status sosial merupakan faktor yang paling sering ditemui dalam memengaruhi kebutuhan tersier seseorang. Seseorang yang memiliki status sosial yang tinggi cenderung akan membutuhkan banyak hal untuk membuktikannya.

4. Pergaulan

Tentunya, faktor pergaulan juga turut memengaruhi kebutuhan tersier seseorang. Seseorang yang berada dalam kelompok sosialita misalnya, cenderung membutuhkan segala hal yang mewah dan bermerk karena pengaruh dari kelompoknya.

5. Lingkungan Tempat Tinggal

Terakhir, faktor lingkungan tempat tinggal juga dapat menjadi faktor yang memengaruhi. Misalnya, seseorang yang tinggal di lingkungan perumahan elit tentunya akan cenderung membutuhkan banyak hal yang menjadi kebutuhan tersier baginya.

Contoh Kebutuhan Tersier

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebutuhan tersier berkaitan erat dengan prestise seseorang. Nah, berikut adalah beberapa contoh kebutuhan tersier.

1. Perhiasan

Perhiasan tidak hanya berfungsi sebagai penambah estetika semata. Perhiasan biasanya juga dijadikan sebagai suatu hal yang mencerminkan status sosial seseorang.

2. Kendaraan Mewah

Kendaraan memang bisa dikategorikan sebagai kebutuhan sekunder. Namun, kendaraan mewah merupakan salah satu contoh kebutuhan tersier, karena hanya dapat dibeli oleh seseorang yang memang mampu secara finansial.

3. Properti Mewah

Properti mewah dapat berupa rumah, apartemen, villa, dan lain sebagainya. Properti ini tidak hanya digunakan sebagai bangunan tinggal, tapi juga memiliki nilai tinggi untuk disewakan maupun dijual kembali.

4. Investasi

Investasi merupakan salah satu cara seseorang untuk menyimpan asetnya agar bisa menghasilkan keuntungan di masa depan. Investasi hanya dapat dilakukan apabila seseorang sudah berhasil memenuhi kebutuhan primer dan sekundernya.

Nah, itulah penjelasan mengenai kebutuhan sekunder. Perlu diingat, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda tergantung dengan tingkat kemampuannya. Jadi, jangan sampai terkecoh untuk memenuhi kebutuhan tersier dibandingkan kebutuhan primer dan sekunder terlebih dulu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again