Categories

Interview

Kerja.io Jembatani Perusahaan Rekrut Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat untuk Kerja Magang

Telah memiliki sekitar 800 pelajar dari 150 lebih universitas

Yenny Yusra - 19 November 2020

Bertujuan untuk menjembatani kebutuhan startup dan perusahaan di Indonesia merekrut/memberikan kesempatan kerja magang kepada mahasiswa Indonesia yang studi di Amerika Serikat, Timothy Sam Wijaya kemudian mendirikan Kerja.io.

Platform resmi meluncur bulan November ini dan telah memiliki sekitar 800 pelajar dari 150 lebih universitas yang masuk dalam daftar tunggu, tersebar di Amerika Serikat. Kerja.io juga telah menjalin kerja sama strategis dengan 40 perusahaan di Indonesia mulai dari Ovo, Tokopedia, Bukalapak, sampai Payfazz.

Kepada DailySocial Timothy mengungkapkan, saat ini dirinya melihat kebanyakan di Indonesia kesempatan untuk kerja magang di perusahaan masih terbatas pada rekomendasi atau ruang lingkup kecil di antara rekanan dan orang dalam saja. Masih banyak pelajar yang kesulitan untuk mendapatkan kesempatan kerja magang di startup dan perusahaan ternama di Indonesia. Setelah melakukan beberapa uji coba, Timothy kemudian memvalidasi hipotesis tersebut dan mulai membangun Kerja.io.

“Dari semua perusahaan yang telah melakukan perbincangan dengan kami kebanyakan sangat antusias dengan peluang yang kami berikan untuk menjangkau lebih banyak talenta Indonesia yang studi di luar negeri. Dengan pendekatan yang kami lakukan yaitu memiliki eksistensi yang cukup baik di universitas terbaik yang memiliki komunitas Indonesia. Didukung dengan relasi kami dengan PERMIAS Nasional (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat), memungkinkan kami untuk memperluas jaringan dan menjangkau lebih dari 8 ribu pelajar,” kata Timothy.

Dalam waktu 24 jam sejak platform diluncurkan, pelajar Indonesia yang berasal dari Ivy League seperti UCLA, UC Berkeley, Stanford, MIT banyak yang langsung mendaftarkan diri bergabung dalam platform Kerja.io. Disinggung seperti apa model bisnis dan strategi monetisasi yang diterapkan, Timothy menegaskan saat ini platform bisa diakses secara gratis. Kerja.io belum melancarkan strategi monetisasi baik untuk pengguna maupun untuk perusahaan saat ini.

Memenuhi kebutuhan talenta digital

Kerja.io
Kerja.io hubungkan mahasiswa dengan perusahaan yang membuka lowongan magang

Makin bertambahnya jumlah startup di tanah air, tidak didukung dengan jumlah talenta digital dengan skill dan kemampuan yang dibutuhkan. Melihat peluang tersebut, diharapkan platform seperti Kerja.io bisa menjadi pilihan bagi perusahaan Indonesia untuk merekrut talenta digital segar, lulusan universitas ternama di Amerika Serikat.

Menurut Timothy, antusiasme dari para pelajar yang belajar di luar negeri saat ini untuk kerja magang di tanah air juga makin bertambah, seiring dengan makin besarnya pertumbuhan startup dan kehadiran perusahaan teknologi di Indonesia.

“Saya melihat saat ini merupakan waktu yang sangat tepat. Pandemi telah menyebabkan sebagian besar pelajar yang melanjutkan studi di Amerika Serikat untuk memikirkan kembali rencana mereka, dan kami melihat mulai banyak pelajar kembali ke tanah air setelah lulus. Namun tidak hanya karena pandemi, kebanyakan dari mereka sangat antusias dengan potensi yang ditawarkan di tanah air,” kata Timothy.

Secara khusus Kerja.io mengklaim kebanyakan pengguna di platform adalah talenta muda yang terbilang sangat tech-savvy yang kemudian banyak diincar oleh perusahaan dan startup di Indonesia.

Masih banyak target yang ingin dicapai oleh Kerja.io, selain fokus kepada pertumbuhan juga ingin menambah lebih banyak perusahaan dari berbagai industri. Kerja.io juga ingin memperkuat posisi mereka di Amerika Serikat dan memperkuat fondasi untuk bisa melakukan ekspansi ke pasar yang lainnya.

Yang kemudian ingin di garisbawahi oleh Kerja.io adalah, semua orang yang tergabung dalam tim adalah mereka mahasiswa sarjana yang masih berusia 19-21 tahun dengan pengecualian Alvin Salim yang merupakan merupakan mahasiswa Magister (Masters student).

“Kami memulai perjalanan kami dengan membantu perusahaan melakukan perekrutan talenta terbaik dan membantu pelajar mendapatkan kesempatan kerja magang impian mereka, dan kami akan terus membantu mereka. Kerja.io merupakan produk dari niat baik sekelompok mahasiswa yang ingin membantu rekan-rekan mereka,” kata Timothy.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter