1. Entrepreneur

Kiat Sukses Affiliate Marketing untuk Content Creator dan Pemula oleh Accesstrade

Prayudho Rahardjo, CEO Interspace Indonesia yang menaungi Accesstrade, membagikan kiat sukses menjalani bisnis affiliate marketing untuk pemula dan influencer.

Affiliate marketing adalah salah satu bisnis yang kini banyak dipilih untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak hanya oleh para content creator atau influencer, mereka yang pemula pun bisa ikut menerapkan kiat-kiat untuk sukses mendapatkan penghasilan melalui affiliate marketing.

Prayudho Rahardjo selaku CEO Interspace Indonesia yang menaungi salah satu platform affiliate terbesar di Indonesia, yakni Accesstrade, membagikan kiat sukses untuk menjadi seorang affiliate marketer.

Namun, sebelum masuk ke tips sukses menjalankannya, mari simak dan pahami apa itu yang dimaksud dengan affiliate marketing menurut CEO Interspace Indonesia, Prayudho.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing merupakan salah satu kegiatan marketing dimana pemilik usaha menggunakan jasa para affiliate marketer untuk membantu memasarkan produk mereka.

Nantinya, Anda sebagai affiliatemarketer akan mendapatkan keuntungan berupa komisi apabila mereka berhasil mencapai goals dengan menuntun customer melakukan actions. Actions di sini bisa berupa transaksi, registrasi, dan lain-lain.

Tugas Affiliate Marketer

Untuk bisa mencapai goals yang disebutkan di atas dan mendapatkan keuntungan dari affiliate marketing, seorang affiliate marketer harus menjalankan tugasnya dengan baik. Berikut adalah tugas-tugas seorang affiliate marketer yang disampaikan oleh Prayudho:

  • Mempromosikan produk dari campaign yang Anda pilih di platform affiliate marketing melalui website, blog, atau media sosial.
  • Memahami dan mematuhi aturan yang berlaku pada campaign yang Anda pilih.

Persiapan untuk Menjadi Affiliate Marketer

Apapun pekerjaan yang Anda tekuni, persiapan selalu menjadi hal terpenting yang harus dilakukan. Dengan persiapan, Anda dapat menjalankan segala sesuatunya dengan lebih baik, meskipun itu adalah kali pertama Anda.

Hal yang sama juga berlaku untuk menjadi seorang affiliate marketer. Sebelum Anda terjun menekuni bisnis afiliasi, Prayudho berpesan untuk mempersiapkan beberapa hal seperti berikut ini.

Siapkan Media Promosi

Sumber: Pixabay

Mengingat tugas utama affiliate marketer adalah melakukan promosi, maka mempersiapkan media promosi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Saat ini terdapat banyak sekali media promosi yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk affiliate yang Anda pilih.

Website, YouTube,Instagram,Facebook,TikTok, bahkan platform untuk chatting. Platform apapun bisa digunakan untuk affiliate marketer mempromosikan produk,” ujar Prayudho.

Kenali Produk yang Akan Dipromosikan

Persiapan selanjutnya adalah dengan mengenali produk yang akan Anda promosikan. Pengetahuan Anda akan produk tersebut tentunya akan membantu Anda ketika mempromosikannya.

Tentukan Target Audiens

Selain mempersiapkan media promosi dan pengetahuan produk, Anda juga perlu menentukan target audiens sebelum mulai menjalankan tugas Anda sebagai affiliate marketer. Target audiens atau target market ini sangat penting karena akan menentukan bagaimana nantinya Anda akan melakukan promosi.

Memahami Kemampuan Dasar Promosi Produk

Melakukan promosi memang terdengar mudah untuk dilakukan. Namun, ternyata ada cara untuk bisa melakukan promosi produk secara efektif yang bisa diterapkan oleh affiliate marketer. Pengetahuan itulah yang harus dipahami dan diubah menjadi kemampuan.

Prayudho juga membagikan beberapa tips promosi produk efektif untuk para affiliate marketer yang akan dibahas di bawah ini.

Kiat Sukses Menjalani Affiliate Marketing

Mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi affiliate marketer tidaklah sulit. Terlebih lagi bagi Anda yang sebelumnya sudah sering membuat konten dan memiliki audiens sendiri.

Berikut ini terdapat beberapa tips yang dibagikan oleh Prayudho tentang bagaimana cara memilih produk/campaign afiliasi dan cara promosi efektif agar sukses sebagai affiliate marketer.

Tips Memilih Project atau Produk

Sebelum menentukan project atau produk yang akan Anda promosikan, pastikan Anda sebelumnya telah menganalisis target market atau audiens Anda.

"Pastikan Anda mengetahui niche market dan target audiens Anda, mau ke arah mana dan siapa orang-orang yang akan menjadi target promosi. Cari tahu apa ketertarikan mereka dan kebiasaan mereka. Setelah hal-hal tadi sudah jelas, baru pilih produk affiliate yang dirasa tepat untuk target audiens Anda," jelas Prayudho.

Dengan menyesuaikan produk affiliate dengan minat dan kebutuhan audiens, maka konten promosi yang Anda buat dapat lebih mudah diterima oleh audiens. Sehingga, kemungkinan audiens untuk melakukan action yang Anda inginkan juga semakin besar.

Tips Promosi yang Efektif dan Sukses

Sebelumnya telah disampaikan bahwa memahami cara promosi yang efektif merupakan sebuah persiapan penting agar promosi Anda berjalan dengan sukses. Tapi, apa yang menjadi tolak ukur sebuah promosi dikatakan sukses?

Prayudho menjelaskan bahwa sebuah promosi yang dilakukan affiliate marketer dikatakan sukses jika berhasil mendapatkan kepercayaan audiens dan audiens melakukan action yang diharapkan.

"(Promosi dikatakan sukses) ketika promosi yang dilakukan oleh affiliate marketer berhasil menarik perhatian target audiens dan terjadi action, misal transaksi. Hasil action tersebut juga valid dan organik, pembeli pun memiliki kepercayaan yang baik dengan si affiliate marketer," katanya.

Lalu, bagaimana agar bisa mendapatkan kepercayaan audiens sehingga memudahkan promosi? Berikut informasi dari Prayudho.

Konsisten Dalam Membuat Konten Promosi

Sumber: Pixabay

Konsisten merupakan hal terpenting untuk bisa mendapatkan kepercayaan audiens. Dengan konsisten membuat konten promosi, audiens dapat menilai bahwa Anda serius dalam memberikan informasi terkait produk-produk yang mereka minati.

Selain itu, rutin membagikan konten promosi juga dapat membuat audiens terbiasa menikmati konten Anda dan mudah menerima promosi di dalamnya.

Memberikan Review Produk yang Jujur dan Objektif

Tips kedua untuk membangun kepercayaan audiens adalah dengan memberikan review yang jujur serta objektif terhadap produk yang Anda promosikan.

"Membangun hubungan yang baik dengan target audiens serta membangun kepercayaan dengan calon pembeli (dapat dilakukan) dengan cara memberi review yang jujur dan objektif akan produk yang dipromosikan," kata Prayudho.

Selalu Perhatikan Aturan Tiap Campaign

Setiap campaign afiliasi memiliki peraturan dan goals yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda selalu memperhatikan aturan dan instruksi yang ada agar dapat dengan mudah menentukan bagaimana cara Anda melakukan promosi.

Bagaimana Cara Sukses Menjadi Affiliate Marketer untuk Pemula?

Prayudho mengatakan bahwa menjadi affiliate marketer bukan hanya peluang bagi mereka yang sebelumnya sudah aktif di media sosial, melainkan mereka yang baru membuat akun juga berkesempatan untuk sukses menjadi affiliate marketer.

Hanya saja untuk Anda yang memulai dari nol memerlukan effort lebih untuk membangun audiens Anda sendiri.

Jika bingung bagaimana memulainya, Anda bisa mengikuti beberapa tips dan trik di bawah ini untuk mengawali perjalanan Anda sebagai affiliate marketer.

Buat Konten yang Simple Tapi Bermanfaat

Tips pertama adalah dengan membuat konten yang simple namun dengan isi yang bermanfaat. Anda juga dapat memanfaatkan topik-topik yang tengah trending dan menggunakan visual yang menarik.

Bangun Personal Branding yang Menyenangkan

Untuk bisa menarik audiens, membangun personal branding pada media promosi yang Anda gunakan termasuk penting untuk dilakukan.

"Buat pribadi kita tampil menyenangkan di platform-platform online yang kita jadikan tempat promosi produk affiliate marketing. Dari sini, orang akan memilih sendiri mana sosok affiliate marketer atau influencer yang cocok atau relate dengan mereka."

Tak dapat dipungkiri, bisnis affiliate marketing memang memiliki potensi yang sangat besar ke depannya. Hal yang sama juga diakui oleh Prayudho. Melihat potensi tersebut, ia juga menyampaikan bahwa Accesstrade kini akan semakin fokus mengembangkan pasar bagi para advertiser (pemilik usaha) dan publisher (affiliate marketer).

Hal ini tentu merupakan kesempatan yang bagus untuk Anda yang ingin mulai menekuni bisnis affiliate marketing, terutama melalui platform Accesstrade, serta menerapkan kiat sukses menjadi affiliate marketer seperti yang telah dibagikan di atas.

Header by Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again