1. DScovery

Kompetensi: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya di Dunia Kerja

Kompetensi biasanya merujuk pada keahlian yang dimiliki oleh setiap orang dalam bidang tertentu.

Kompetensi merupakan suatu hal yang dimiliki oleh setiap orang. Istilah kompetensi biasanya merujuk pada suatu keahlian, sikap fundamental, pengetahuan, serta nilai yang dimiliki oleh individu.

Selain itu, kompetensi juga bisa ditingkatkan dengan latihan. Tujuannya, agar karirmu dapat berkembang lebih cepat. Tak hanya itu, meningkatkan kompetensi juga penting untuk mendukung keberhasilan dari suatu perusahaan.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan kompetensi dan apa saja jenis dan manfaatnya?

Pengertian Kompetensi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kompetensi adalah kemampuan untuk menguasai gramatika bahasa secara abstrak atau batiniah. Meski lebih dikenal sebagai istilah yang terkait dengan keterampilan berbahasa, namun istilah kompetensi juga dapat digunakan dalam merujuk bidang lainnya.

Pengertian kompetensi menurut para ahli juga berbeda-beda, di antaranya:

Stephen Robbin

Menurut Stephen Robbin, kompetensi adalah suatu keahlian atau kapasitas setiap orang untuk mengerjakan tugas-tugas dalam suatu pekerjaan, yang mana kemampuan tersebut didasarkan pada faktor fisik dan faktor intelektual.

Van Looy, Van Dierdonck dan Gemmel

Sementara menurut Van Looy, Van Dierdonck dan Gemmel, kompetensi adalah suatu karakteristik yang dimiliki oleh manusia untuk bisa saling berhubungan dengan efektivitas suatu performa yang bisa dilihat dari bagaimana mereka bertindak, berpikir dan berperilaku.

Sedarmayanti

Sedarmayanti mengemukakan bahwa kompetensi merupakan suatu karakter yang membuat seseorang untuk bisa saling berhubungan dengan efektivitas performa individu dalam melakukan pekerjaannya.

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara

Terakhir, menurut Mangkunegara, kompetensi adalah sebuah faktor utama yang terdapat pada diri seseorang yang memang mempunyai kemampuan lebih dan membuatnya berbeda dengan orang lain dalam hal kemampuan.

Jenis-Jenis Kompetensi

Jenis kompetensi menurut setiap ahli berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis-jenis kompetensi menurut beberapa ahli.

Charles E. Jhonson

  • Personal Competency, adalah keahlian setiap orang dalam berbagai hal yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian seseorang.
  • Professional Competency, adalah keahlian seseorang dalam berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan serta penyelesaian berbagai tugas tertentu di dalamnya.
  • Social Competency, adalah keahlian seseorang dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan dan juga kepentingan sosial.

Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer

  • Kompetensi Dasar, adalah suatu ciri khas yang wajib dimiliki oleh seseorang agar mampu melakukan berbagai tugas pekerjaannya.
  • Kompetensi Pembeda, adalah berbagai faktor yang mampu membedakan performa kerja pada tiap individu.

Kunandar

  • Kompetensi Intelektual, yakni seperangkat pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaannya.
  • Kompetensi Spiritual, yakni kemampuan seseorang dalam memahami, menghayati, serta melakukan berbagai ajaran keagamaan.
  • Kompetensi Fisik, yakni kemampuan fisik seseorang untuk menyelesaikan berbagai tugasnya.
  • Kompetensi Pribadi, yakni seperangkat perilaku yang erat kaitannya dengan keahlian seseorang dalam memahami, mewujudkan, identitas dan transformasi diri.
  • Kompetensi Sosial, yakni seperangkat perilaku khusus yang menjadi acuan dasar pemahaman diri sebagai bagian dari kehidupan sosial.

Manfaat Kompetensi di Dunia Kerja

Kompetensi merupakan hal yang penting karena memiliki berbagai manfaat yang dapat mendukung keberhasilan suatu perusahaan. Adapun beberapa manfaat kompetensi, antara lain:

1. Meningkatkan Produktivitas

Kompetensi adalah hal yang penting dimiliki oleh setiap karyawan dan perusahaan. Sebab, kompetensi yang tinggi dan sesuai dengan bidangnya dapat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

2. Meningkatkan Efektivitas Kerja

Kompetensi juga sangat memengaruhi efektivitas kerja. Dalam hal ini, kamu akan menemui kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaanmu, jika kamu tidak memiliki kompetensi pada bidang tersebut.

3. Melancarkan Koordinasi dan Komunikasi

Koordinasi dan komunikasi merupakan salah satu aspek penting dalam kelancaran operasional perusahaan. Untuk melancarkan dua hal ini, tentunya kamu juga harus memiliki kompetensi yang baik.

4. Mengembangkan Skill dan Keterampilan

Ada banyak perusahaan yang telah menyadari pentingnya kompetensi. Salah satu bentuknya adalah dengan menyediakan program training bagi karyawan yang dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan skill yang mereka miliki.

Nah, demikian penjelasan mengenai kompetensi yang telah dirangkum oleh DailySocialid. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasanmu dalam memahami istilah ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again