Laporan DailySocial: Penggunaan Layanan Podcast 2018

Laporan DailySocial: Penggunaan Layanan Podcast 2018

Spotify adalah platform podcast paling populer di Indonesia
Laporan pengguna podcast di Indonesia 2018
Laporan pengguna podcast di Indonesia 2018

Sejak iPod diperkenalkan Steve Jobs di tahun 2001, muncul sebuah tren baru untuk konten audio. Kala itu diberi nama “iPod Broadcasting”, diakronimkan menjadi Podcast. Berbeda dengan radio yang sebelumnya sudah akrab di masyarakat, podcast tidak menyiarkan konten secara linier, namun on-demand.

Seiring berjalannya waktu, konten podcast makin diminati. Selain kategori konten yang makin beragam, platform pengusungnya juga mulai banyak. Kendati demikian, jika melihat secara kasat mata, dibanding konten on-demand lainnya seperti musik atau video, popularitas podcast di Indonesi memang kalah jauh.

Untuk mendapatkan detail soal ketertarikan masyarakat dengan podcast, DailySocial bekerja sama dengan JakPat Mobile Survey Platform melakukan survei terhadap 2023 pengguna ponsel pintar, menanyakan tanggapan masyarakat Indonesia terhadap podcast.

Dari survei tersebut, ditemukan beberapa fakta menarik, di antaranya:

  • Konten (65,00%) dan fleksibilitas akses (62,69%) menjadi faktor yang dianggap menarik bagi responden, sehingga mereka memilih podcast.
  • Spotify (52,02%) adalah layanan paling populer yang digunakan untuk mendengarkan konten podcast oleh responden.

Selain itu, masih ada beberapa tren lain yang berhasil ditangkap dalam survei, termasuk tema yang digemari, narasumber yang dipilih, hingga durasi konten yang dianggap ideal. Selengkapnya silakan unduh gratis laporan “Podcast User Research in Indonesia 2018”.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Survei
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…