1. DScovery

Leadership: Skill yang Gak Hanya Dimiliki Pemimpin

Orang yang memiliki kemampuan ini dapat menginspirasi, memotivasi, dan memberikan contoh bagi timnya, sehingga dapat menciptakan situasi kerja yang jelas

Seperti yang kamu ketahui, ada berbagai keterampilan yang dapat menunjukkan kualitas hidup, terutama di tempat kerja. Salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan adalah leadership atau kepemimpinan. Sederhananya, kepemimpinan adalah keterampilan yang menunjukkan tingkat kepemimpinan seseorang.

Kemampuan ini bisa mencakup banyak hal seperti perilaku, komunikasi, cara membangun hubungan dengan orang lain, dll. Tetapi apakah kepemimpinan hanya istilah kepemimpinan? Mari lihat penjelasan DailySocial.id berikut untuk pemahaman yang lebih baik.

Definisi Leadership

Leadership adalah kata populer dalam bahasa Inggris yang secara harfiah berarti kepemimpinan, tetapi ketika digunakan dalam penjelasan sering digunakan secara bergantian dengan manajemen, tetapi ada banyak definisi dari kata kepemimpinan.

Menurut situs online Forbes, leadership adalah proses mempengaruhi masyarakat dengan memaksimalkan upaya orang lain untuk mencapai tujuan.

Dalam praktiknya, pemimpin sering disalahpahami sebagai manajer atau yang memiliki karyawan di bawahnya. Nyatanya, kamu tidak harus menjadi supervisor, manajer, atau CEO untuk menjadi seorang pemimpin.

Pemimpin bisa saja memiliki posisi organisasi yang rendah, tetapi mereka dapat memberikan pengaruh sosial yang kuat.

Sebab, dalam dunia kerja leadership skill adalah kemampuan kepemimpinan yang sangat penting, terutama dalam mengelola anggota tim. Secara umum kemampuan ini juga terdiri dari beberapa skill seperti:

  • Komunikasi
  • Integritas
  • Relationship building
  • Problem-solving
  • Pengambilan keputusan
  • Manajemen konflik
  • Dan kemampuan kepemimpinan lainnya

Selain itu, orang yang memiliki kemampuan ini dapat menginspirasi, memotivasi, dan memberikan contoh bagi timnya, sehingga dapat menciptakan situasi kerja yang jelas. Oleh karena itu, adanya leadership bisa membuat rencana yang telah dibuat dapat dijalankan dengan baik.

Unsur-Unsur Leadership

Dalam membangun dan mempelajari leadership, kamu harus memahami dan memenuhi unsur-unsurnya. Letak unsur ini penting agar kemampuan leadership yang kamu miliki benar-benar berkembang dan berpengaruh. Unsur-unsur dalam leadership terdari dari 3 hal, berikut penjabarannya:

Kekuatan untuk Mempengaruhi

Unsur pertama adalah pengaruh, yang penting karena kepemimpinan adalah tentang seberapa besar kamu dapat mempengaruhi orang lain. Pengaruh ini bisa datang dari dalam, bisa juga datang dari luar. Misalnya, keterampilan berbicara yang baik mendukung kepemimpinan seseorang karena kemampuannya mempengaruhi dengan kata-kata.

Memiliki Pengikut

Setelah berhasil mempengaruhi orang lain, elemen selanjutnya yang harus dicapai adalah pengikut atau yang sekarang biasa disebut dengan followers. Memiliki followers bisa menjadi bukti bahwa kamu berpengaruh, sehingga banyak orang yang menyukai kamu hingga mengikuti.

Adanya Tujuan Hendak Dicapai

Kemudian, unsur ketiga adalah adanya tujuan bersama yang dapat dicapai. Salah satu strategi yang tampaknya membimbing banyak orang adalah dengan mampu menunjukkan bahwa kamu dan mereka memiliki tujuan yang sama dan kemudian meyakinkan mereka bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mencapainya.

Manfaat Kemampuan Leadership

Pada dasarnya, keterampilan leadership merupakan tuntutan yang harus, tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dalam dunia kerja. Ini sejalan dengan cara kamu memimpin diri sendiri dan orang lain dengan cara yang dapat dilakukan secara efisien.

Di tempat kerja, kemampuan ini memungkinkan para pemimpin untuk mendelegasikan tugas dengan tepat dan menghindari kekacauan yang tidak perlu. Selain itu, kepemimpinan memiliki berbagai manfaat, termasuk:

Menciptakan perubahan

Orang dengan keterampilan kepemimpinan yang baik tidak hanya dapat memimpin tim, tetapi juga menciptakan inovasi dan perubahan. Perubahan tidak terjadi begitu saja, jadi kamu membutuhkan seseorang yang dapat memimpin anggota tim untuk melakukan tindakan yang berdampak besar.

Berdasarkan pernyataan Steve Jobs yang dikutip Leader.com, inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut. Oleh karena itu, kepemimpinan dapat membuat kamu menjadi orang yang inovatif dan membawa perubahan.

Menyelesaikan Konflik

Keuntungan selanjutnya dari keterampilan kepemimpinan adalah kemampuan untuk menyelesaikan konflik. Pemimpin dengan keterampilan kepemimpinan yang baik mendengarkan kekhawatiran anggotanya dan menyelesaikannya dengan cepat.

Selain itu, terlibat dalam proses penyelesaian konflik ini memberi kamu wawasan tentang cara menangani orang lain yang memiliki masalah. Kepemimpinan memungkinkan pemimpin untuk mengarahkan anggota ke solusi yang efektif.

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas

Secara umum, kualitas kepemimpinan dapat menunjukkan seberapa baik seorang pemimpin memahami kemampuan anggotanya. Saat masalah muncul, pemimpin yang baik selalu menjadi yang pertama mendengarkan pendapat dan keluhan anggota.

Akibatnya, semua anggota merasa dihargai dan dapat secara langsung memperkuat kepercayaan mereka kepada pemimpin mereka.

Dikutip dari European Business Review, hal ini berdampak pada terciptanya target kerja yang realistis dan dapat dikelola bersama, sehingga mengakibatkan meningkatnya produktivitas dan pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

Mampu menentukan visi

Jika anggota membutuhkan bantuan untuk memahami mengapa mereka melakukan sesuatu, anggota dengan keterampilan kepemimpinan dapat menunjukkan visi organisasi kepada mereka. Ini termasuk menjelaskan dan meyakinkan anggota bahwa sesuatu perlu dilakukan untuk mencapai apa yang mereka inginkan.

Memotivasi dan memberi bimbingan

Manfaat keterampilan kepemimpinan berikutnya adalah kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan orang lain. Tingkat kepemimpinan seseorang dapat diukur dari kemampuannya untuk mengenali pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain. Ini termasuk kinerja anggota tim.

Penghargaan yang diberikan dapat meningkatkan motivasi dan semangat anggota. Dengan cara ini orang lain dapat melihat pentingnya kepemimpinan.

More Coverage:

Juga, bimbingan bukan hanya tentang memberi tahu orang apa yang harus dilakukan. Pemimpin yang baik tahu bagaimana menjelaskan sesuatu. Orang-orang mungkin memerlukan bantuan khusus, dan para pemimpin hendaknya bersedia mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkannya.

Contoh leadership skill

Seorang pemimpin yang baik dapat menggunakan leadership skill yang dia milik dalam mengelola timnya. Sebagai gambaran awal berikut adalah contoh leadership skill dalam dunia kerja.

Ketika kamu menjadi seorang leader atau pemimpin sebuah proyek. Kamu harus dapat mengelola tim agar tujuan dari proyek tersebut dapat dicapai dengan baik. Ada beberapa tindakan yang dapat menunjukkan sikap leadership

  • Bertanggung jawab atas aktivitas anggotamu
  • Mengarahkan dengan visi dan misi yang jelas
  • Dapat menyadari adanya masalah pada setiap anggota
  • Meminta pendapat serta umpan balik terkait rencana tim
  • Mendengarkan keluhan atau masalah yang mereka alami
  • Memberikan motivasi agar mereka dapat semangat kembali bekerja.

Poin-poin di atas merupakan salah satu tindakan leadership. Namun, setiap respon dari tindakan tersebut tentunya harus disesuaikan dengan situasi.

Menjadi pemimpin dengan skill leadership yang sesuai dengan penjabaran di atas akan membawa banyak kebaikan bagimu, selain menjadi sumber inspirasi bagi rekan-rekan kerja, kamu juga dapat dilirik oleh perusahaan untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dan gaji yang lebih tinggi. Selamat menjadi pemimpin.

Referensi:

https://www.europeanbusinessreview.com/leadership-skills-why-theyre-important-and-their-benefits/

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again