Feature

Leap, Cara Telkom Wujudkan Akselerasi Digitalisasi Indonesia

Fokus kembangkan kritikal sektor seperti agrikultur, UMKM, big data, pendidikan, dan logistik.

Perusahaan BUMN yang bergerak di jasa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi, Telkom Indonesia, kini mulai bertransformasi menuju Digital Telco demi memenuhi perkembangan industri dan komitmennya mempercepat digitalisasi berbagai sektor di Indonesia.

Untuk mewujudkannya, Telkom Indonesia belum lama ini resmi mengenalkan Leap sebagai wajah baru sekaligus umbrella brand yang merepresentasikan Telkom Digital Business, pada Maret 2022 lalu. 

Mengenai misi Leap sendiri, Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid menyebutkan Leap mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia dan potensi Leap ke depannya sangat besar sebagai motor penggerak mendukung percepatan dan kedaulatan digital tanah air.

“Potensinya sangat besar dan luar biasa untuk itu. Leap Telkom mengakselerasi ekosistem digital, digitalisasi dilakukan dari hilir sampai hulu terutama dalam sektor-sektor kritikal di Indonesia,” terangnya.

Hadirkan inovasi produk digital

Leap siap membantu akselerasi digital dengan menyiapkan sebuah ekosistem inklusif yang membawahi beragam produk unggulan solusi inovatif di sektor kritikal seperti agrikultur, UMKM, big data, pendidikan, dan logistik. Cukup banyak produk digital yang meramaikan ekosistem digital Leap. Delapan produk yang menjadi unggulan yakni Agree, Antares IoT, BigBox, Logee, MyIndihomeX, MySooltan, PaDi UMKM, dan Pijar Mahir. 

Produk digital Pijar Mahir sendiri menjadi salah satu platform utama resmi yang dipercaya pemerintah RI dalam mendukung program Kartu Prakerja untuk untuk mengembangkan keahlian masyarakat. Sejauh ini platform digital tersebut memiliki lebih dari 9000 pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Hadirnya produk digital tersebut memang diharapkan menjadi agen untuk memperluas peran Telkom Indonesia dalam membantu mempermudah layanan ke masyarakat di seluruh kawasan Indonesia.  

Merealisasikan digitalisasi melalui berbagai inovasi dan akselerasi digital, Leap juga akan mengakselerasi ekosistem digital Indonesia melalui kolaborasi dengan pemerintah, local champion dan perusahaan raksasa teknologi global.

Dipimpin Eks Co-Founder dan Presiden Bukalapak

Visi Leap mendorong tercapainya kedaulatan digital Indonesia tidak terlepas dari tangan dingin Muhammad Fajrin Rasyid selaku Direktur Digital Business Telkom. Telah lama berkecimpung di dunia digital, Fajrin Rasyid banyak dikenal karena sepak terjangnya dalam delapan tahun lebih mendirikan dan membesarkan e-commerce Bukalapak bersama dengan Ahmad Zacky.  

Atas pengalamannya selama ini, nama Fajrin Rasyid bahkan masuk dalam Majalah Fortune Indonesia 2022 Fortune 40 Under 40, daftar tokoh Indonesia yang mampu menjadi agen perubahan. Ditambah tahun ini pun Ia memborong penghargaan sebagai Best Chief Digital Business Officer dari Digitech Awards, 2022.

Di bawah kepemimpinannya, Leap memiliki cita-cita optimis tak hanya untuk di dalam negeri tetapi juga mampu setingkat dengan negara maju.

“Leap adalah core engine untuk transformasi Telkom demi mewujudkan kedaulatan digital Indonesia. Melalui berbagai inovasi yang dimiliki Leap, ke depannya akan ada lebih banyak lagi solusi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Kehadiran Leap akan membawa dampak besar bagi Indonesia untuk bersaing dan melakukan leapfrog agar sejajar dengan negara-negara maju lain di dunia dalam waktu singkat,” jelas Fajrin

Langkah Leap ini patut untuk diapresiasi lebih lanjut karena bagaimanapun juga ekosistem digital membutuhkan dukungan dari berbagai pihak baik itu korporasi hingga pemerintah.   

Diharapkan melalui berbagai inovasi yang dimiliki Leap, kedepannya akan ada lebih banyak lagi solusi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan terwujudnya kedaulatan digital nasional serta menciptakan perekonomian digital yang kuat di kancah global, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter