1. DScovery

LoA (Letter of Acceptance): Pengertian Hingga Penjelasan Tips Mendapatkannya

Kamu ingin mendaftar ke kampus tujuan tapi ada persyaratan membuat LoA? Apa sih itu? Cek artikel di bawah ini!

Letter of Acceptance atau LoA adalah dokumen penting bagi pemegang beasiswa. Beberapa beasiswa bergengsi seperti beasiswa LPDP dan Chevening bisa memuat LoA sebagai salah satu syaratnya. Tapi apa sebenarnya surat itu? Dan bagaimana caranya kamu bisa mendapatkannya? Di bawah ini kamu akan menemukan penjelasan dan tips untuk mendapatkan LoA universitas!

Apa Itu LoA

LoA adalah surat dari universitas kepada calon mahasiswa. Surat tersebut menyatakan bahwa calon mahasiswa telah diterima untuk belajar di universitas tersebut.

Biasanya, LoA diberikan oleh dekan fakultas atau rektor universitas yang bersangkutan. Surat itu juga berisi berbagai informasi tambahan tentang proses penerimaan siswa.

LoA sendiri terbagi atas dua tipe, yaitu LoA conditional dan unconditional.

Menurut situs LPDP, LoA Unconditional adalah surat yang menyatakan bahwa kamu telah diterima di suatu universitas tanpa syarat lebih lanjut. Artinya kamu sekarang telah memenuhi persyaratan dan hanya perlu membayar biaya kuliah dan berpartisipasi dalam proses perkuliahan sebagai mahasiswa tahun pertama.

LoA Conditional adalah pernyataan dari universitas bahwa kamu dapat diterima sebagai calon mahasiswa jika memenuhi persyaratan tertentu. Setelah memenuhi persyaratan yang tercantum dalam surat, kamu akan diterima dan diberikan LoA tanpa syarat.

Tips Mendapatkan LoA

• Menentukan universitas tujuan

Pertama, tentunya kamu harus menentukan universitas tempat kamu ingin mendaftar. Meski terkesan mudah, memilih universitas tujuan bukanlah perkara sederhana.

Agar universitas sesuai dengan tujuan studi dan kemampuan kamu, observasi menyeluruh terlebih dahulu diperlukan.

Sebagai tips, buatlah daftar yang mencantumkan detail universitas yang unggul di bidang yang ingin kamu tuju terlebih dahulu. Kemudian kamu dapat mengunjungi website resmi masing-masing kampus untuk informasi lebih lanjut mengenai kampus tersebut. Misalnya tentang kurikulum, daftar guru besar, penelitian, dll. Pastikan kamu menemukan alasan akademis yang kuat untuk mendaftar di sana.

• Cari tahu prosedur persyaratan

Setelah kamu mengetahui universitas mana yang cocok, langkah selanjutnya adalah mengklarifikasi proses persyaratan. Kamu dapat menemukan informasi ini di situs web resmi universitas masing-masing. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

a. Persyaratan yang dibutuhkan

b. Periode pendaftaran

c. Cara mendaftar

d. Tahap-tahap seleksi beserta tanggal-tanggal penting

• Lengkapi berkas pendaftaran

Untuk mendaftar ke universitas, kamu biasanya memerlukan kartu identitas/paspor, sertifikat, nilai, daftar riwayat hidup, surat motivasi, surat rekomendasi dan sertifikat bahasa seperti IELTS/TOEFL. File-file ini akan memakan waktu cukup lama untuk diselesaikan.

Apalagi jika kamu sedang menulis surat lamaran atau belajar bahasa asing. Selain itu, dokumen seperti ijazah dan sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga tertentu juga harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau bahasa negara tujuan.

Agar kamu memiliki waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, kamu sebaiknya mulai menentukan kampus tujuan terlebih dahulu dan mencari tahu tentang proses pendaftarannya.

• Lakukan pendaftaran sesuai prosedur

More Coverage:

Setelah semua persyaratan terpenuhi, lakukan pendaftaran sesuai prosedur universitas masing-masing. Selain pendaftaran online, beberapa universitas juga mensyaratkan dokumen tertentu untuk diserahkan secara offline ke kampus mereka.

Itu sebabnya kamu harus mengirim file dengan pengiriman luar negeri. Pastikan berkas sampai dengan selamat dan tidak melebihi batas waktu yang ditentukan.

Setelah melakukan pendaftaran, kamu tinggal menunggu kabar mengenai tahapan seleksi selanjutnya. Ikuti sepenuhnya setiap langkah seleksi untuk memenuhi syarat dan menerima LoA kamu.

Nah, demikian rangkuman mengenai LoA dan setelah kamu mendapatkan LoA, kamu bisa mengikuti proses seleksi beasiswa yang bisa membantu biaya kuliah bahkan biaya hidup selama kuliah.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagimu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again