1. DScovery

5 Love Language, Pengertian, JEnis dan Contohnya, Bahasa Cinta Tidak Hanya Satu!

Faktanya apa yang membuat seseorang merasa dicintai belum tentu membuat orang lain merasa dicintai

Ada banyak cara untuk menunjukkan cinta, dan ini biasanya disebut bahasa cinta. Tentunya hal ini dilakukan dengan sangat baik agar rasa cinta tersebut dapat terus tumbuh dan menjaga hubungan tersebut.

Namun, tidak semua orang mengerti apa yang harus dilakukan untuk mengungkapkan rasa cintanya kepada pasangannya. Nah, ini dia bahasa cinta yang bisa kamu lakukan bersama pasangan!

The Five Love Languages

Dr. Gary Chapman, penulis "The Five Love Languages", menjelaskan bahwa bahasa cinta adalah perilaku yang membuat kamu merasa dicintai.

Chapman, yang telah bekerja sebagai konselor untuk pasangan bermasalah selama bertahun-tahun, mengungkapkan bahwa apa yang membuat seseorang merasa dicintai belum tentu membuat orang lain merasa dicintai.

Faktanya, setiap orang memahami dan menerima cinta dalam bahasa tertentu, salah satu dari setidaknya lima bahasa cinta. Empat bahasa lainnya sama pentingnya dan menawarkan cara yang berbeda untuk mengekspresikan cinta.

Menurut Chapman, meluangkan waktu untuk belajar dan benar-benar memahami bahasa cinta utama pasangan yang sering kali berbeda dengan bahasa cinta kamu sendiri, dapat meningkatkan komunikasi serta memperkuat ikatan di antara kamu dan pasangan.

Berikut DailySocial.id jelaskan lima bahasa cinta yang harus kamu ketahui!

Cinta melalui Kata-Kata Tegas (Word of Affirmation)

Menurut Chapman, ada orang yang bahasa cintanya adalah bahasa penegasan. Mereka perlu mendengar pasangannya berkata, "Aku mencintaimu."

Lebih baik lagi jika kata-kata cinta disertai dengan pesan suara, surat cinta, atau alasan yang diucapkan secara langsung. Kata-kata cinta dari pasangan dapat dikomunikasikan dengan tulus dengan kebaikan dan penegasan untuk membuat kamu merasa dicintai.

Memberikan Waktu Berkualitas (Quality Time)

Bahasa cinta ini adalah tentang memberi pasangan kamu perhatian terbaik yang kamu miliki. Kamu harus memberikan perhatian yang cukup kepada pasangan kamu.

Menghabiskan waktu bersama pasangan berarti bersama, saling peduli, berbagi hal yang berarti, mendengarkan dan berkomunikasi. Contoh lain waktu berkualitas bersama pasangan adalah menyiapkan makan malam bersama.

Dan saat kamu menyiapkan makan malam, kamu dan pasangan bisa berbincang sambil makan, kalian juga bisa berkreasi bersama di waktu khusus.

Rasakan Cinta lewat Hadiah (Receiving Gifts)

Orang dengan bahasa cinta ini merasa dicintai dan diperhatikan ketika mereka menerima hadiah. Dengan kata lain, orang ini membutuhkan tindakan dan bukti nyata, bukan hanya kata-kata.

Jadi, jika pasangan kamu adalah seseorang yang suka menerima hadiah, berusahalah untuk mengungkapkan cinta kamu kepadanya dengan memilih hadiah yang sesuai yang menunjukkan bahwa kamu memahaminya.

Pertimbangkan untuk memberikan hadiah yang disukai, diminta, atau dibutuhkan pasangan kamu. Kemudian rencanakan cara khusus untuk memberi hadiah kepada pasangan kamu, seperti kejutan.

Memberi hadiah membuat pasangan tahu bahwa kamu cukup peduli dan berusaha menyenangkan mereka.

Memberikan Tindakan Nyata (Acts of Service)

Bahasa ini mencakup apa saja yang kamu lakukan untuk meringankan beban tanggung jawab, seperti menyedot debu lantai, pergi berbelanja bahan makanan atau mengirimkan pesan terima kasih.

Bingung tentang apa yang  dibutuhkan dari pasanganmu? Chapman menyarankan untuk bertanya kepada pasangan kamu apa yang mereka sukai dan apa yang membuat mereka nyaman, lalu luangkan waktu untuk melakukannya.

Contoh hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk pasangan kamu seperti Membawa sarapan ke tempat tidur, mengajak anjing jalan-jalan, dan sebagainya.

Sentuhan Fisik (Physical Touch)

Orang yang berbagi bahasa cinta ini menikmati semua jenis kontak fisik, seperti berpegangan tangan, berpelukan, dan menepuk punggung. Temukan cara untuk mengekspresikan cinta kamu kepada pasangan kamu dengan menyentuhnya secara fisik. Peluk dia, sentuh lengan atau tangannya selama percakapan, tawarkan dia pijatan, dll.

Kita semua mengekspresikan dan menerima cinta secara berbeda. Mempelajari dan memahami perbedaan-perbedaan itu dapat memiliki dampak yang berarti pada hubungan kamu. Menurut Chapman, ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan hubungan kamu. 

Bahasa Cinta Menunjukkan Sikap Tidak Egois

Ketika kamu berkomitmen untuk mempelajari bahasa cinta orang lain, kamu berfokus pada kebutuhan mereka daripada kebutuhan kamu sendiri . Ini adalah premis sentral dari teori Chapman. 

Pasangan harus berusaha mempelajari bahasa cinta pasangannya daripada mencoba meyakinkan pasangannya untuk mempelajari bahasa cinta mereka. Idealnya, kedua orang ingin mengungkapkan cinta dengan cara yang berarti bagi satu sama lain.

Bahasa Cinta Ciptakan Empati

Saat kamu belajar lebih banyak tentang bagaimana pasangan kamu merasakan cinta, kamu belajar berempati dengan mereka. Ini membantu kamu melangkah keluar dari diri sendiri sejenak dan melihat apa yang membuat orang lain merasa berarti dan dicintai.

Ketika pasangan berkomitmen untuk mempelajari dan menggunakan bahasa cinta, hal ini meningkatkan kecerdasan emosional mereka dan belajar bagaimana menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri. 

Alih-alih berbicara bahasa cinta mereka sendiri kepada pasangannya, mereka belajar bagaimana berbicara dalam bahasa yang dipahami pasangannya.

Bahasa Cinta Membantu Pertumbuhan Kualitas Diri

Berfokus pada sesuatu atau seseorang di luar diri kamu dapat mengarah pada pertumbuhan pribadi. Mencintai pasanganmu dengan cara yang berada di luar zona nyaman memaksa kamu untuk tumbuh dan berubah, dan melihat kehidupan jauh lebih luas.

Referensi:

https://www.verywellmind.com/can-the-five-love-languages-help-your-relationship-4783538

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again