1. DScovery

Management Trainee: Definisi, Tugas, Keuntungan, Serta Gajinya

Apa sih program management trainee, mengapa peminatnya begitu banyak? Yuk simak pernyataan selengkapnya! 

Management Trainee (MT) adalah salah satu pilihan karir yang dicita-citakan oleh banyak pencari kerja, terutama fresh graduate. Nama program ini tidak hanya Management Trainee, tetapi juga dapat disebut lain di beberapa perusahaan. Ada yang menyebutnya Graduate Trainee Program (GTP), Management Development Program (MDP), Graduate Management Program (GMAP), dan lain-lain.

Kandidat yang lulus program ini menjalani pelatihan atau pendidikan untuk menjadi manajer masa depan perusahaan. Apakah kamu tertarik dan ingin mempelajari lebih lanjut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Management Trainee?

Sebelum kita membahas lebih detail tentang tugas management trainee mari kita jelaskan dulu apa itu MT.

Tujuan dari management trainee adalah untuk melatih individu untuk bekerja dengan manajer dan manajer lainnya. Nantinya lulusan MT ini harus menjadi manajer dan mengurus semua urusan kantor.

Pelatih dalam program management trainee biasanya adalah supervisor atau manajer yang sudah memiliki banyak pengalaman dan terbiasa berbagi ilmu dengan staf junior.

Latihan kelompok ini nantinya akan disusun kembali menjadi kelompok-kelompok kecil. Oleh karena itu, meskipun kamu trainee, kamu tidak hanya mendapatkan training saja. Kamu juga akan diberikan tes tertulis, seperti tes psikologi atau tes penilaian lainnya.

Pelatihan yang kamu terima nantinya akan memberi kamu berbagai pengetahuan dan keterampilan baru. Keterampilan ini termasuk menangani komplain, skill customer service, penelitian dan pengujian, membuat dokumen dan bahkan memberikan saran dan solusi.

Umumnya perusahaan yang mengadakan MT dimiliki oleh perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan, pemasaran, distribusi dan retail.

Tugas Management Trainee

Berikut merupakan beberapa tugas Management Trainee:

• Memahami bagaimana cara kerja perusahaan.

• Membantu manajer dalam berbagai tugas (misalnya membuat kebijakan baru, menetapkan tujuan).

• Memahami proses kerja dan pencapaian tujuan masing-masing departemen dan divisi.

• Memberikan dukungan administratif, misalnya entri data.

• Berpartisipasi dalam proses perencanaan strategis perusahaan.

• Membantu manajer mengevaluasi pekerjaan (misalnya, membuat laporan atau menganalisis data).

• Membuat dan menyampaikan presentasi.

• Menemukan cara untuk meningkatkan keuntungan bisnis dan meminimalkan risiko.

Keuntungan Ikut Management Trainee

Apa keuntungan mengikuti program Management Trainee (MT)? Berikut penjelasannya!

1. Meningkatkan hard skill dan soft skill

Selama program management trainee kamu akan belajar banyak tentang perusahaan yang dapat mengasah hard skill dan soft skill. Misalnya, kamu akan belajar cara berkomunikasi dengan kolega, manajemen waktu, pemikiran kritis dan kreatif, negosiasi, presentasi, dan banyak lagi.

Tidak hanya hard skill kamu yang akan disempurnakan, karena kamu tidak hanya akan belajar teori, tetapi juga praktik. Kamu dapat mempelajari alat yang digunakan dalam bidang tertentu atau keterampilan teknis lainnya seperti Microsoft Office, copywriting, bahasa asing, keterampilan SEO/SEM, dan keterampilan lainnya.

2. Melatih keterampilan kepemimpinan

Management Trainee adalah program pelatihan untuk manajer masa depan di perusahaan. Ini akan mengajarkan kamu banyak hal tentang kepemimpinan atau bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. Misalnya keterampilan komunikasi, mendengarkan, delegasi, kerja tim, motivasi, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Kamu bisa belajar dari kegiatan pelatihan sehari-hari atau dengan mengamati senior atau manajer di perusahaan.

3. Bisa bekerja sesuai dengan minat dan keterampilan

Beberapa perusahaan, beberapa di antaranya biasanya menjalankan program management trainee. Dengan cara ini, para peserta tidak hanya belajar satu hal, tetapi juga banyak hal. Kamu dapat bekerja secara langsung dengan berbagai departemen dan tugas. Ini adalah kesempatan bagus untuk belajar sebanyak mungkin dan menemukan pekerjaan yang kamu sukai atau kuasai.

Umumnya, supervisor, mentor, atau manajer yang membimbing kamu juga bisa mengetahui apa bakat terbaik kamu dalam suatu pekerjaan atau posisi. Itu bagus, tidak bisakah kamu belajar banyak hal dan kemudian mengeksplorasi apa yang paling cocok untuk kamu?

4. Memperluas networking dengan secara profesional

Untuk melewati program management trainee, kamu harus melalui proses yang panjang dan bersaing dengan banyak peserta lainnya. Jika kamu pergi, itu berarti kamu adalah salah satu yang terbaik. Program ini memungkinkan kamu membangun hubungan dengan magang lain yang juga merupakan kandidat teratas.

Selain itu, kamu dapat bertemu dengan para pensiunan, manajer, supervisor, dan orang lain dari berbagai cabang kantor. Ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi kamu untuk belajar dari banyak orang dari latar belakang dan posisi yang berbeda.

Membangun hubungan yang baik dapat menguntungkan kamu di masa depan. Misalnya, kamu bisa mendapatkan bantuan atau dukungan pekerjaan, berkolaborasi dalam proyek, atau memulai bisnis bersama.

5. Jenjang karir yang pasti

Jenjang karir yang jelas adalah satu manfaat yang membuat program management trainee bagus untuk pencari kerja adalah jenjang karir yang jelas. Jika kamu berhasil menyelesaikan program ini, kamu mungkin dipromosikan untuk mengisi posisi penting di perusahaan.

Gaji Management Trainee

Berapa gaji seorang management trainee? Menurut survey Bacot HRD Salary 2021, gaji rata-rata seorang management trainee adalah Rp9.369.444, gaji minimal Rp6.300.000 dan gaji maksimal Rp11.625.000.

Angka ini bisa berbeda-beda menurut industri karena tergantung kebijakan masing-masing perusahaan dan UMP atau UMK masing-masing daerah. Untuk lulusan baru, angka tersebut cukup tinggi karena tanggung jawab yang harus dipenuhi juga cukup berat.

Jadi ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebagai seorang management trainee. Tertarik untuk memulai karir sebagai MT?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again