Categories

Berita

Masuk ke Wellness, Prudential Resmikan Aplikasi Bertenaga AI “Pulse”

Menarik lebih dari 4,3 juta pengguna Indonesia sejak pertama kali diperkenalkan pada Februari 2020

Marsya Nabila - 13 November 2020

Perusahaan asuransi jiwa Prudential meresmikan aplikasi wellness Pulse by Prudential (Pulse) untuk bantu pengguna mengelola kesehatan secara lebih menyeluruh. Pulse dibekali segudang fitur wellness yang didukung teknologi AI sehingga pengguna dapat mengelola kesehatan mereka secara proaktif.

Presiden Direktur Prudential Indonesia Jens Reisch menjelaskan, sejak Pulse diperkenalkan di Indonesia pada Februari 2020, tercatat sudah digunakan oleh lebih dari 4,3 juta masyarakat Indonesia. Torehan ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kesehatan kian meningkat, khususnya di tengah pandemi.

Angka tersebut bahkan melebihi jumlah nasabah Prudential Indonesia. Per tahun lalu, angka nasabah Prudential Indonesia mencapai dua juta nasabah sejak beroperasi pada 1995.

“Di tengah situasi pandemi saat ini, masyarakat Indonesia melihat kesehatan mereka semakin penting. Belum satu tahun Pulse sudah diakses oleh 4,3 juta pengguna,” katanya dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, kemarin (12/11).

Mengutip dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes, menunjukkan gaya hidup orang Indonesia mendorong pada peningkatan prevalensi penyakit tidak menular (PTM), seperti kanker, stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi.

Penyebabnya, lebih dari 90% orang Indonesia mengonsumsi makanan yang kurang sehat, termasuk kurang mengonsumsi sayur dan buah, dan lebih dari 33% orang Indonesia kurang melakukan aktivitas fisik. Dari data tersebut, menjadi efek domino karena dipengaruhi oleh pandemi yang terjadi saat ini.

“Pulse bertugas untuk mencegah, menunda sakit, serta melindungi dengan terus mendampingi setiap perjalanan kehidupan dari pengguna,” tambah Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia Dian Budiani.

Pulse pertama kali dirilis di Malaysia pada Agustus 2019. Kini tersedia di 11 negara di Asia, seperti Kamboja, Hong Kong, Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Diklaim, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 12 juta kali per 11 November 2020.

Segudang fitur baru

Dalam peresmian ini, Prudential menambahkan segudang fitur baru dan melakukan monetisasi lewat paket berlangganan karena Pulse tidak eksklusif untuk nasabah Prudential saja. Untuk paket berlangganan, pengguna dapat mengakses fitur komunitas eksklusif, pelari, dan pesepeda di Komunitas Saya; Perencanaan Makan untuk mengelola menu makanan yang disesuaikan dengan tujuan kesehatan pengguna.

Selanjutnya, fitur Jurnal Makanan yang dibantu AI, pengguna dapat mengetahui kalori yang dikonsumsi hanya dengan memfoto makanan dan mencatatnya ke dalam jurnal; My Healthy Eating Goal untuk memberi tantangan pengguna untuk memulai kebiasaan baru dalam mengonsumsi makanan; My Eye Dispensary & My Pulmonary Clinic untuk mengetahui kesehatan mata dan tingkat saturasi oksigen dalam darah hanya dengan merekam video swafoto dan dianalisis dengan AI.

Terakhir, voucher perlindungan asuransi jiwa yang nilainya setara dengan satu bulan premi. Paket berlangganan ini dibanderol seharga Rp39.900 per bulannya.

Fitur tanpa biaya pun juga tersedia. Di antaranya alat ukur BMI dan Cermin Kerutan Wajah, hanya dengan swafoto dan dibantu AI, pengguna dapat mengetahui kondisi massa tubuh dan tingkat kerutan di wajah. Lalu, Monitor Kegiatan Olahraga untuk memantau indikator kesehatan yang terhubung dengan perangkat wearable Garmin, Fitbit, Google Health, dan Apple Health.

Seluruh fitur teranyar ini membantu pengguna untuk memahami kondisi tubuh dengan lebih baik karena mereka bisa mendapatkan gambaran umum kondisi mereka, serta pemahaman yang lebih baik tentang gejala penyakit yang dikhawatirkan.

Aplikasi juga dapat mengarahkan pengguna untuk mendapat penanganan yang sesuai, berkat dukungan dari AI yang didukung oleh Babylon, startup healthtech AI dari Inggris.

Dalam mencakup fungsi Pulse lainnya sebagai perlindungan, telah dilengkapi dengan fitur PRUShoppe untuk membeli produk asuransi jiwa dari Prudential langsung melalui aplikasi. Lebih lanjut lagi, mereka dapat berkonsultasi dengan dokter dan membeli obat, berkat dukungan dari Halodoc yang telah terhubung dengan Pulse.

Selain kesehatan, Pulse menyediakan fitur informasi dan pengingat waktu sholat dan penunjuk arah kiblat.

“Kami berkolaborasi dengan banyak pihak dalam menciptakan seluruh fitur tersebut. Tentunya kami akan terus perkenalkan fitur baru ke depannya,” tutup Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia Luskito Hambali.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter