1. DScovery

Media: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya

Media berperan sebagai sarana untuk menyelesaikan keterbatasan indera, ruang dan waktu

Saat ini, mungkin setiap orang menggunakan media untuk melakukan aktivitas, terutama yang berhubungan dengan komunikasi antar manusia. Media memudahkan setiap orang untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Media adalah alat yang mendukung kebutuhan dan kegiatan, membuatnya lebih mudah bagi setiap orang yang menggunakannya. Lebih khusus lagi, konsep media dalam proses belajar  cenderung didefinisikan sebagai alat grafis, fotografi, atau elektronik untuk memperoleh, memproses, dan menata ulang informasi visual atau verbal.

Pengertian Media

Media merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin sekaligus memiliki bentuk jamak atau sering disebut dengan medium. Sementara itu, kata media secara harfiah memiliki arti perantara.

Dalam hal ini, perantara yang dimaksud adalah adanya perantara antara sumber informasi atau pesan (a source) dan adanya penerima pesan atau informasi (a receiver).

Maka dari itu, sering sekali kita melihat media yang ada di kehidupan sehari-hari, seperti koran, artikel online, film, televisi, dan masih banyak lagi.

Dengan media di dunia ini, lebih mudah untuk membantu seseorang, jadi apa pun yang kamu lakukan lebih mudah untuk diselesaikan. Padahal, media tersebut dapat mengurangi terjadinya kesalahpahaman antara pemberi informasi dan penerima informasi.

Apalagi media bisa digunakan untuk kita belajar. Semakin banyak kita belajar, semakin banyak pengetahuan dan wawasan yang diperoleh seseorang.

Dengan media di dunia ini, lebih mudah untuk membantu seseorang jadi apa pun yang kamu lakukan lebih mudah untuk diselesaikan. Padahal, media tersebut dapat mengurangi terjadinya kesalahpahaman antara pemberi informasi dan penerima informasi.

Apalagi media bisa digunakan untuk kita belajar. Semakin banyak kita belajar, semakin banyak pengetahuan dan wawasan yang diperoleh seseorang.

Seiring berjalannya waktu, media yang semula hanya tersedia dalam bentuk kertas menjadi dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti handphone, komputer, dan laptop, harus digunakan dengan hati-hati agar individu atau kelompok tidak ketinggalan informasi.

Fungsi Media

Media yang bisa digunakna pada berbagai bidang, mulai dari pendidikan, hingga politik, dan masih banyak lagi. Adapun beberapa fungsi media secara umum, yaitu:

Sebagai Sarana Informasi Bagi Masyarakat

Semua masyarakat pasti membutuhkan informasi. Karena dengan informasi tersebut, seseorang atau sekelompok orang dapat menambah wawasan. Fungsi media sebagai wahana informasi adalah untuk membuat informasi lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Kamu bisa mendapatkan banyak informasi hanya dengan satu ponsel. Kamu juga bisa mendapatkan informasi di TV. Semakin banyak informasi yang dimiliki orang, semakin banyak wawasan yang mereka peroleh.

Sebagai Sarana Untuk Menyalurkan Ide dan Gagasan

Fungsi kedua media adalah untuk mengkomunikasikan ide dan gagasan. Agar seseorang dapat berpikir kreatif, setiap orang pasti memiliki ide atau gagasan dalam benaknya. Ide dan gagasan yang hanya ada di kepala kamu tidak akan dipahami oleh orang lain kecuali kamu memuntahkannya.

Saat ini, ada banyak jenis media yang dapat digunakan untuk menyampaikan ide dan gagasan, seperti film, cerpen, dan novel.

Sebagai Sarana Pendidikan Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Fungsi media selanjutnya adalah sebagai sarana pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam dunia pendidikan, media sangat penting dalam memberikan informasi kepada siswa.

Guru mencari media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan membuat mereka tetap terlibat selama pembelajaran. Tanpa media pembelajaran, siswa kesulitan memperoleh dan menerima informasi ilmiah.

Sebagai Sarana untuk Mendapatkan Hiburan

Media bukan hanya berfungsi untuk mendapatkan informasi atau memberikan informasi saja, tetapi bisa juga berfungsi untuk mendapatkan hiburan. Fungsi ini bisa dibilang mampu menghilangkan rasa penat sedang dialami oleh seseorang. Pada umumnya, media yang bisa menghibur seseorang ini berupa film, musik, buku, dan lain-lain.

Sebagai Sarana Pengawas Sekaligus Pengontrol Kegiatan Sosial

Fungsi media selanjutnya adalah sebagai sarana pengawas sekaligus pengontrol kegiatan sosial. Dengan adanya media, setiap anggota masyarakat tidak mudah untuk melakukan kegiatan atau tindakan yang membahayakan.

Dengan berkurangnya tindakan-tindakan yang membahayakan, maka bisa membuat suatu lingkungan masyarakat menjadi lebih sejahtera.

Sebagai Sarana Untuk Menyelesaikan Keterbatasan pada Alat Indera, Ruang, dan Waktu

Media berperan sebagai sarana untuk menyelesaikan keterbatasan indera, ruang dan waktu. Oleh karena itu, keberadaan media membuat informasi mudah diakses oleh semua orang. Karena ada banyak media yang membantu kita untuk memberikan informasi dan menerima informasi.

Jenis-Jenis Media

Media visual

Media visual adalah media yang mengandalkan penglihatan. Alat proyeksi atau proyektor biasanya digunakan sebagai perantara. Ekspresikan secara visual pesan yang ingin kamu sampaikan. Ada dua jenis media visual, yaitu media visual statis dan media visual bergerak.

Kamu dapat menggunakan keduanya secara bersamaan atau keduanya. Selain itu, fungsi media visual juga membantu untuk menarik perhatian, memperjelas materi yang disajikan, dan menjelaskan fakta yang dapat dengan mudah dicerna dan diingat dalam bentuk visual.

Media Audio

Audio Media memungkinkan kamu mengirim pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio sangat erat kaitannya dengan pendengaran. Mengingat sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (kata-kata atau kata-kata yang diucapkan) dan pesan non-verbal (bunyi dan vokalisasi). Contoh media audio antara lain radio, tape recorder, telepon, dan laboratorium bahasa.

Media Audio Visual

Media audiovisual dapat menampilkan baik suara maupun gambar. Jenis media ini lebih menarik dari sekedar gambar dan suara. Kombinasi stimulasi pendengaran dan visual. Media audiovisual dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audiovisual statis dan media audiovisual bergerak.

Contoh media audiovisual diam adalah televisi diam, buku audio dan halaman audio. Contoh media audiovisual bergerak antara lain film televisi dan gambar suara.

Manfaat Media

Pada dasarnya media memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan secara langsung maupun di masa yang akan datang. Namun, keunggulan utama media adalah dapat meningkatkan komunikasi antar manusia. Berikut adalah beberapa manfaat media.

1. Orang mendapatkan informasi lebih cepat sehingga tidak ketinggalan. Informasi yang semakin diterima dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan internet.

2. Memberikan informasi kepada masyarakat umum dengan mudah karena dapat memberikan informasi dari handphone.

3. Memaksimalkan informasi yang diberikan untuk menghindari kesalahpahaman antara pengirim pesan dan penerima pesan.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again