1. Lifestyle

Memiliki 6,5 Juta Pemain Aktif Setiap Bulan, Valve Hilangkan Sistem Sign-up Dota 2

Menjadi salah satu game PC yang paling sering dimainkan saat ini, cukup banyak juga dari kita yang belum menjajal Dota 2 karena beberapa hal: Anda sama sekali tidak mahir bermain MOBA dan enggan melangkahkan kaki ke komunitasnya yang 'keras' (seperti saya) atau Anda merasa malas melakukan sign-up dengan menuliskan data-data diri. Untuk hal terakhir ini, Valve punya solusi. Kini Anda tidak perlu lagi sign-up untuk menikmati Dota 2.

Lebih dari setahun lalu saat Dota 2 diperkenalkan, ia adalah salah satu game panas yang ingin segera dicicipi oleh penduduk internet dan khalayak hiburan digital. Anda akan merasa sangat terhormat jika termasuk dari sedikit orang yang mendapatkan betakey dalam awal masa closed-beta itu. Kemudian beberapa bulan berjalan, closed-beta yang diusung berubah menjadi 'semi-closed-beta'. Tiap gamer Dota 2 yang berpengalaman diberi andil untuk bagi-bagi betakey (hingga 20 betakey) untuk orang-orang yang mereka anggap layak.

Hingga saat itu, Valve berhasil mengumpulkan banyak pemain dan mengadakan turnamen The International selama tiga tahun berturut-turut setelah lahirnya Dota 2 dengan hadiah jutaan dolar Amerika. Akhirnya tanggal 9 Juli 2013, Dota 2 diluncurkan secara resmi. Hilang sudah betakey, kini semua orang bisa menikmati game MOBA laris ini.

Dalam beberapa bulan kemarin, Valve mengusung sistem antri sebelum pemain dapat masuk ke komunitas. Mereka menggunakan metode ini untuk meningkatkan jumlah playerbase secara bertahap sembari memperkuat infrastruktur dan permainan itu sendiri. Beberapa saat lalu, Valve berhasil menyempurnakan seluruh sistem pengelolaan server bersama dengan berbagai peningkatan layanan baru untuk pemain. Dan akhirnya, Valve memutuskan untuk menghilangkan seluruh pembatasan untuk menikmati Dota 2.

Dalam update terakhirnya ini, pemain tidak lagi harus melakukan sign-up. Kini tidak ada alasan lagi bagi Anda (ataupun saya) untuk tidak segera bergabung ke komunitas Dota 2. Jika Anda merupakan salah seorang pemain kawakan, Anda bisa menggunakan fitur rekrutmen baru untuk para pemula yang dapat memberikan bonus pada kedua pihak.

Satu hal yang menarik adalah melihat peningkatan pemain setelah metode baru ini diperkenalkan. Itu artinya bermain Dota 2 akan semudah bermain League of Legends. Akankah akhirnya LoL mendapatkan lawan yang seimbang atas dominasinya di lini multiplayer online battle arena saat ini?

Di bulan Oktober tahun lalu, terhitung sebanyak 32 juta pemain aktif League of Legends. Kini 14 bulan telah berlalu dan Valve mengeluarkan data bahwa terdapat 6,5 juta gamer Dota 2 aktif tiap bulan - dengan 6.430.774 pemain di bulan Desember. Bersiaplah, kita akan menjadi saksi duel maut kedua game MOBA ini...

Anda tertarik? Silakan bergabung ke Steam dan langsung nikmati Dota 2 via Steam store secara cuma-cuma.

Via Blog Dota 2.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again