1. Startup

Mendalami Esensi Solusi Open Source-Based Data Management Bagi Pertumbuhan Skala Bisnis Secara Efisien Dari Aiven

Solusi yang ditawarkan Aiven telah terintegrasi dengan multi-cloud provider populer seperti AWS, Google Cloud, Digital Ocean, dan lain sebagainya.

Tahun 2022 dipandang sebagai tahun yang tak mudah bagi industri digital. Tak hanya berlaku di skala global, industri digital tanah air juga merasakan dampak yang signifikan, dengan kabar-kabar kurang sedap yang melanda ekosistem teknologi dan digital Indonesia mulai dari kabar ‘lay-off’ hingga penutupan bisnis belakangan ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, dengan sebagian besar permasalahan berada pada cost efficiency. Meski begitu, digitalisasi wajib terus berkembang di tengah perlambatan ini. Hal itu dirasa perlu dalam mewujudkan perekonomian digital bangsa yang kuat bagi masyarakat modern di masa mendatang. Dalam memuluskan upaya tersebut, banyak cara yang dapat ditempuh oleh entitas teknologi lokal di berbagai skala. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan solusi “open source-based data management”. Seperti apa?

Sesuai namanya, solusi ini berkaitan dengan pengelolaan database berbasis open source yang berjalan di atas teknologi cloud. Solusi ini diklaim dalam menjawab kebutuhan bagi perusahaan, untuk bisa memahami kebutuhan konsumen, sekaligus membuat perencanaan jangka panjang dengan memanfaatkan database sebagai aset perusahaan, seperti halnya yang ditawarkan oleh Aiven, penyedia solusi terkait yang layak Anda pertimbangkan. 

Aiven merupakan penyedia solusi open source data cloud, yang berfokus untuk mendukung pengembangan infrastruktur data. Solusi mutakhir yang ditawarkan diklaim sangat dibutuhkan oleh beragam jenis perusahaan yang datang dari berbagai industri dari berbagai skala, termasuk tentunya perusahaan teknologi. Perusahaan yang datang dari industri teknologi umumnya memiliki pertumbuhan yang pesat, mulai dari pertumbuhan pengguna hingga transaksi. Solusi yang ditawarkan Aiven berupa fleksibilitas dalam pengembangan basis data atau database, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, dalam memenuhi perkembangan teknologi modern yang berkembang pesat.

Sebagai entitas yang berbasis di global, Aiven telah menghadirkan solusinya di perusahaan teknologi tanah air. Salah satu yang patut menjadi perhatian adalah kemitraannya dengan GoTo, raksasa perusahaan teknologi Indonesia hasil merger antara Gojek dengan Tokopedia. Sebagai bisnis yang menangani pelanggan dan transaksi yang masif setiap harinya, salah satu tantangan GoTo adalah tentu bagaimana menjaga stabilitas akses terhadap produk-produk populer milik mereka seperti misalnya; aplikasi Tokopedia, Gojek, sampai platform GoTo Financial seperti Gopay dan juga Gopaylater yang memiliki volume transaksi besar setiap harinya. 

Kebutuhan manajemen data jelas menjadi hal yang krusial bagi GoTo Financial, demi menciptakan platform yang aman dan stabil. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, GoTo Financial membutuhkan sebuah solusi berbasis cloud Apache Kafka yang disesuaikan dengan area operasional. Untuk kebutuhan ini, Aiven hadir mendukung GoTo Financial dengan menghadirkan layanan solusi open source-based data management yang mudah diakses, dan dapat disesuaikan dengan area operasi, dan juga biaya operasional yang rendah.

Dalam keterangan Aiven, Kashyap Kopparam, Principal Engineer GoTo Financial mengatakan, GoTo Financial sangat puas dengan kinerja atas solusi Aiven. Dirinya menyebut, hingga kini belum ada kendala performa dan downtime yang terjadi. Kashyap menyebut solusi Apache Kafka juga memberikan keandalan dan kemudahan penggunaan aplikasi bagi para pelanggan dan pengguna jasa GoTo, beserta jasa yang sudah terintegrasi dalam satu sistem membuat para konsumen menjadi lebih mudah untuk memantau setiap transaksi.

Seperti yang tertera di laman resminya, Aiven menyediakan solusi pengelolaan cloud data platform dalam satu kanal. Secara umum, penyedia cloud layanan populer seperti AWS, Google Cloud, Microsoft Azure, Digital Ocean, serta UpCloud telah terintegrasi di dalam layanan Aiven. Begitu pula dengan layanan open source, Aiven telah tersedia di berbagai macam platform open source mulai dari Apache Kafka, Apache Flink, PostgreSQL, MySQL, InfluxDB, Grafana, dan banyak lainnya.

Solusi Aiven tentu sangat menarik untuk menjadi bahan pertimbangan, tatkala kebutuhan pengelolaan infrastruktur teknologi menjadi hal yang krusial. Terlebih bagi kalangan perusahaan rintisan, layanan semacam ini semestinya dapat membantu mereka untuk mengelola basis data, dalam menjangkau konsumen lebih luas di tengah pasar yang semakin dinamis dan kompetitif. Tentunya dengan tidak melupakan sisi efisien biaya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again